Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

5 Cara Menghilangkan Kapalan di Tangan

Tangan jadi lebih mulus deh!

Vidya Nathania

Siapa di antara kamu yang pernah mengalami masalah kapalan pada tangan? Selain keberadaannya sangat mengganggu, kapalan dapat membuat tampilan tangan menjadi kurang indah. Kapalan diakibatkan oleh terlalu besar tekanan yang dihasilkan saat beraktivitas menggunakan tangan. 

Walau mungkin kelihatannya kapalan sangat sulit untuk dihilangkan, namun hal tersebut tetap dapat dilakukan dengan beberapa cara menghilangkan kapalan di tangan yang akan Popbela bahas di artikel yang satu ini. Mau tahu apa saja? Yuk ikuti terus artikelnya ya!

1. Merendam tangan dengan air hangat

firstforwomen.com

Hal termudah yang dapat kamu lakukan adalah dengan merendam tanganmu dengan menggunakan air hangat. Suhu air hangat dapat membuat tekstur kapalan melunak secara perlahan dan saat itulah kamu dapat menggosok bagian kapalan dengan batu apung yang bersih. Gosok secara perlahan hingga kapalan pada tanganmu menjadi sedikit berkurang. 

2. Lakukan eksfoliasi

BecomeGorgeous.com

Eksfoliasi menggunakan scrub juga dapat menjadi cara menghilangkan kapalan di tangan. Kamu bisa memilih jenis scrub dalam kemasan maupun scrub alami yang dapat kamu buat sendiri menggunakan garam atau baking soda. 

Cara menggunakannya, cukup gosokkan scrub secara perlahan dan lakukan secara rutin agar kulit tanganmu menjadi lembut.

3. Gunakan hand cream

naturalon.com

Salah satu cara menghilangkan kapalan di tangan ialah dengan menggunakan produk hand cream. Nggak hanya dapat membuat tangan menjadi lebih harum, tetapi hand cream juga memiliki kandungan moisturizer yang cukup tinggi sehingga dapat melembutkan tekstur kulit tangan.

4. Menggunakan tea tree oil

Ootymade.com

Selain kamu dapat merendam hanya menggunakan air hangat saja, tentunya kamu juga dapat menambahkan sedikit kreasi pada air hangat untuk merendam tanganmu. Masukkan tea tree oil beberapa tetes, kemudian rendam selama 10 menit dan rasakan manfaatnya setelah beberapa minggu penggunaan. 

Tea tree oil yang dikenal memiliki kandungan antijamur, antibakteri, dan antiseptik yang dapat menjadi cara menghilangkan kapalan di tangan.

5. Oleskan obat kapalan

100percentpure.com

Jika beberapa cara di atas kurang mampu menghilangkan kapalan pada tanganmu, sebaiknya gunakan obat oles untuk menghilangkan kapalan pada tanganmu. Kamu bisa mendapatkannya langsung pada apotek atau bisa mencari resepnya langsung pada dokter. Krim kapalan memang diciptakan untuk mempercepat proses penyembuhan kapalan pada tangan.

Nah, setelah membaca kelima cara menghilangkan kapalan pada tangan, tentunya kamu sudah nggak khawatir lagi kan? Lakukan setiap cara dengan rutin, percayalah kulit tanganmu akan kembali dengan sempurna. Selamat mencoba!

IDN Media Channels

Latest from Health