Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Wajib Tahu! Inilah Bahaya Sinar Ultraviolet Bagi Kesehatan

Nggak cuman bisa merusak kulit lho!

Vidya Nathania

Buat kamu yang masih ingat dengan pelajaran sains saat sekolah dulu, pastinya nggak asing dengan sinar ultraviolet kan? Setiap orang tahu bahwa matahari merupakan sumbernya walau dapat dihasilkan oleh sumber lainnya. Sinar ultraviolet biasa disebut juga sinar ultaraungu yang tidak dapat dilihat oleh mata manusia. 

Memang benar bahwa sinar ultraviolet memiliki banyak manfaat bagi banyak mahluk hidup, serta dikenal kaya akan vitamin D yang baik untuk kesehatan tulang. Namun, di samping manfaatnnya, terdapat juga beberapa bahaya sinar ultraviolet bagi kesehatan yang wajib untuk kamu tahu. Apa saja ya? Keep scrolling!

1. Menimbulkan merah pada kulit

Umum dialami oleh semua orang, bahaya sinar ultraviolet yang pertama ialah dapat menimbulkan kemerahan pada kulit terlebih seseorang dengan kulit yang sensitif atau kulit yang tipis karena dapat merusak lapisan perlindungan pada kulit. Biasanya kemerahan disertai rasa gatal dan perih pada kulit.

2. Dapat membakar kulit

Jika kamu beraktivitas di luar ruangan tanpa menggunakan produk yang mengandung SPF, bahaya sinar ultraviolet yang terjadi padamu tak hanya membuat kulit menjadi kemerahan, tetapi juga dapat membuat kulit terbakar. Rasa perih akan muncul disertai warna kulit yang menggelap, maka itu pentingnya untuk menggunakan produk perlindungan kulit atau yang biasa disebut sunscreen.

michellemoniquephoto.com

3. Menyebabkan pusing pada kepala

Bahaya sinar ultraviolet yang didukung dengan suhu panasnya dapat menyebabkan kepala terasa sangat pusing bahkan dapat menyebabkan mimisan. Maka daripada itu, penting sekali untuk selalu menggunakan penutup kepala saat hendak melakukan aktivitas di bawah terik matahari.

4. Tubuh menjadi dehidrasi

Pentingnya selalu menjaga asupan cairan pada tubuh dikarenakan salah satu dari bahaya sinar ultraviolet adalah mengurangi jumlah cairan pada tubuh yang keluar melalui keringat karena panas yang berlebihan sehingga tubuh pun menjadi dehidrasi. Tentu saja hal tersebut tak boleh disepelekan, dehidrasi pada tubuh dapat menyebabkan seseorang pingsan atau bahkan kematian.

Pinterest.com

5. Berkembangnya sel kanker pada kulit

Selain bahaya sinar ultraviolet dikenal dapat menyebabkan kulit terbakar dan kemerahan, ternyata sinar ultraviolet juga sering disebut sebagai pemicu sel kanker pada kulit seseorang. Agar terhindar dari jenis bahaya yang satu ini, tak cukup untuk menggunakan sunscreen saja, tetapi perbanyaklah juga untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan antioksidan.

6. Merusak bagian mata

Beberapa penelitian mengatakan bahwa salah satu bahaya sinar ultraviolet yang cukup berbahaya ialah dapat merusak lapisan pada mata sehingga membentuk katarak atau selaput yang dapat menutupi mata sehingga penglihatan menjadi kurang jelas. Beberapa kasus juga menyatakan bahwa sinar ultraviolet juga dapat menyebabkan kebutaan total.

troppodonna.com

7. Menyebabkan bengkak pada beberapa bagian tubuh

Efek dari rasa bakar yang merupakan bahaya sinar ultraviolet juga dapat berlanjut dengan menyebabkan beberapa bagian tubuh menjadi bengkak. Beberapa bagian tubuh tersebut biasanya bagian tubuh yang tidak tertutup seperti tangan, betis, dan leher. Jadi, jangan lupa juga untuk menggunakan baju pelindung.

Nah, beberapa bahaya sinar ultraviolet yang sudah kamu baca barusan memang dialami oleh beberapa orang dan dapat dilakukan beberapa cara pencegahan untuk setiap poinnya.

IDN Media Channels

Latest from Health