Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Nggak Disangka, Ini 7 Kebisaan yang Membuat Kesehatan Mata Menurun!  

Mana yang sering kamu lakukan?

Shavira Annisa Putri

Terkadang, kita mengabaikan kesehatan mata. Padahal, mata merupakan salah satu indera yang sangat penting. Jika mengalami gangguan mata, maka kemampuan penglihatan juga akan berkurang. 

Tentu saja hal ini akan menganggu aktivitas dan kenyamanan kamu. Namun, tanpa kita sadari tujuh kebiasaan ini menganggu kesehatan mata kamu. Apa saja? Let’s check this out, Bela! 

1. Tidak melakukan pemeriksaan mata secara rutin

freepik.com

Memeriksakan diri ke dokter mata secara rutin tiap tahunnya perlu dilakukan untuk mengetahui kondisi kesehatan mata kamu. Hal ini dilakukan untuk mendeteksi secara dini penyakit mata serius seperti glaucoma. Apalagi jika kamu memiliki gangguan pengeliatan seperti rabun jauh atau rabun dekat. Jadi, jangan lupa untuk selalu cek kesehatan mata kamu ya! 

2. Menggunakan lensa kontak dengan tidak hati-hati

freepik.com

Sudah seharusnya, Ketika menggunakan lensa kontak para pengguna harus ekstra untuk menjaga kebersihan mata. Jika tidak, kebutaan dapat mengintai kamu. Jaga selalu kebersihan lensa kontak, jangan gunakan lensa kotak ketika mandi atau tidur, dan selalu cek kadaluarsa lensa kotak tersebut. Jika terjadi iritasi, segera kunjungi dokter mata terdekat! 

3. Menghabiskan banyak waktu di depan layar

freepik.com

Terus-terusan berinteraksi di depan layar, dapat menyebabkan mata lelah hingga sakit kepala. Hal ini dapat terjadi karena Ketika melihat layar, otot mata akan bekerja lebih keras. Selain itu, dapat mengurangi frekuensi mata berkedip, padahal berkedip berperan penting dalam pembersihan mata. Sebaiknya kurangi intensitas bermain gadget karena ketegangan mata yang parah bisa menyebabkan gangguan penglihatan secara permanen.

4. Sering menggosok mata

freepik.com

Siapa yang sering lakukan hal ini? Sebaiknya kurangi kebiasaan ini. Karena, menggosok mata dapat merusak pembuluh darah yang berada di bawah kelopak mata kamu. Selain itu, terlalu sering menggosok mata juga dapat menimbulkan risiko keratoconus atau penipisan kembali kornea dari bentuk bulat ke kerucut, yang nantinya dapat menyebabkan kehilangan penglihatan secara bertahap. Duh, jangan sampai terjadi ya!

5. Tidak membersihkan eye makeup sebelum tidur

freepik.com

Walau terlihat sepele, namun tidur dalam keadaan penuh riasan sangat berbahaya dan memengaruhi kesehatan mata. Perlu diketahui bahwa maskara, eyeliner, atau eye shadow yang jatuh ke dalam mata dapat menyebabkan iritasi atau infeksi. Karena itulah, penting untuk membersihkan riasan mata secara menyeluruh.

6. Bermain gadget, membaca dan menonton ketika lampu redup

freepik.com

Tingkat cahaya di tempat yang gelap dapat berubah lebih cepat daripada di tempat yang terang sehingga membuat mata harus bekerja dengan lebih keras agar bisa memproses perubahan tersebut. 

Nah, ini bisa membuat mata menjadi cepat lelah dan berpengaruh terhadap pembiasan cahaya yang masuk ke mata. Jika tidak dihentikan, maka dapat menyebabkan mata minus hingga gangguan kesehatan lainnya seperti sakit kepala dan insomnia. 

7. Membaca ketika berada di dalam kendaraan

freepik.com

Kebiasaan satu ini harus kamu kurangi mulai hari ini. Pasalnya membaca Ketika berada di dalam kendaraan dapat membuat mata kamu menjadi sulit untuk fokus. Kebiasaan seperti ini justru dapat menyebabkan sakit kepala, pusing, mual dan muntah.

IDN Media Channels

Latest from Health