Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Rendah Gula Kaya Serat, Ini 6 Manfaat Sorgum untuk Kesehatan

Efektif menurunkan berat badan!

Shavira Annisa Putri

Ada yang pernah mendengar sorgum nggak, Bela? Yups, tanaman yang memiliki bentuk seperti biji-bijian ini memang terdengar asing. Padahal tanaman dari keluarga rumput-rumputan ini memiliki harga yang cukup terjangkau karena tidak memerlukan perawatan yang sulit. 

Selain itu, sorgum juga rendah akan gula yang cocok banget dikonsumsi oleh penderita diabetes atau kamu yang ingin mengurangi berat badan. Nggak berhenti di situ saja, ternyata sorgum juga menyimpan banyak nutrisi, lho. Jadi penasaran, kira-kira apa aja ya manfaat sorgum untuk kesehatan? Simak baik-baik, yuk!

1. Menjaga kesehatan jantung

freepik.com

Kaya akan anti-oksidan, zat besi, vitamin B dan E, sorgum dipercaya mampu menurunkan kadar kolestrol jahat yang ada di dalam tubuh. Sehingga, berfungi menjaga kesehatan jantung. Nutrisi tersebut juga membantu tubuh terhindari dari berbagai penyakit berbahaya lainnya, lho. 

2. Memperbaiki pencernaan

freepik.com

Selalu bermasalah dengan pencernaan? Mungkin ini saat yang tepat untuk mencicipi sorgum. Sama seperti jenis tanaman serelia lainnya, sorgum menyimpan banyak serat yang berfungsi menjaga dan melancarkan pencernaan. Jadi, perut akan terhindari dari sembelit, deh!

3. Menambah energi

freepik.com

Manfaat sorgum untuk kesehatan selanjutnya adalah mampu meningkatkan energi tubuhmu. Karena, sorgum mengandung senyawa vitamin B6 (niacin) yang membantu mengubah makanan menjadi energi. Kalau aktivitasmu cukup padat, sarapan dengan menyantap sorgum merupakan pilihan yang paling tepat! 

4. Meningkatkan sirkulasi darah

freepik.com

Kaya akan zat besi dan tembaga, sorgum juga bermanfaat meningkatkan sirkulasi darah. Karena, keduanya merupakan mineral yang dibutuhkan tubuh. Zat besi berfungsi meningkatkan perkembangan sel darah merah, sedangkan tembaga membantu penyerapan zat besi. Oleh karena itu, sorgum cocok dikonsumsi pengidap anemia.

5. Membantu menurunkan berat badan

freepik.com

Jika sedang menjalankan program diet, sorgum merupakan salah satu makanan yang cocok untuk kamu konsumsi. Kandungan serat yang tinggi di dalam sorgum dapat membuat perut terasa kenyang lebih lama dan memperlancar pencernaan. Sehingga, dapat mengurangi keinginanmu untuk mengemil. Dengan begitu, sorgum bisa membantu kamu mendapatkan berat badan ideal. Tentu saja, untuk hasil maksimal harus diimbangi dengan olahraga, ya!

6. Baik untuk kesehatan tulang

freepik.com

Tak hanya itu saja, sorgum juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang. Kadar magnesium yang tinggi membantu meningkatkan penyerapan kalsium yang dibutuhkan oleh tulang. Selain itu, magnesium juga membantu pertumbuhan jaringan tulang serta mempecepat penyembuhan tulang. Untuk pencegahan, kamu bisa konsumsi sorgum sejak sedini mungkin.

So, itu dia enam manfaat sorgum untuk kesehatan! Wah, ternyata nggak hanya rendah gula, sorgum juga menyimpan kebaikan untuk tubuh. Selamat mencoba, Bela!

IDN Media Channels

Latest from Health