Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Hindari Konsumsi Makanan dan Minuman Ini Ketika Berbuka Puasa 

Agar perut kamu nggak kaget

Shavira Annisa Putri

Setelah 12 jam lebih tidak makan dan minum cenderung membuat kamu ingin memakan segalanya ketika jam berbuka puasa tiba. Padahal, ada baiknya kamu memilih makanan atau minuman yang dikonsumsi selama bulan puasa. 

Hal ini agar tubuh tetap fit dan sehat walau perut terasa kosong. Nah, untuk itu kamu bisa menghindari makanan dan minuman ini ketika berbuka puasa. Apa saja? intip yuk! 

1. Sayuran mentah

freepik.com

Sayur memang memiliki serat dan vitamin yang membuat tubuh menjadi sehat. Tetapi, mengonsumsinya ketika berbuka puasa justru membuat perut kaget karena harus bekerja kerasa untuk mencerna sayur yang padat.

2. Makanan yang terlalu asam

freepik.com

Dengan keadaan perut kosong, sebaiknya kamu hindari konsumsi makanan yang terlalu asam. Karena, makanan asam akan memicu asam lambung naik sehingga penyakit maag akan kambuh setelah berbuka puasa. Jadi, hindari ya Bela! 

3. Makanan cepat saji

freepik.com

Makanan cepat saji memiliki kalori dan lemak berlebih. Bisa-bisa kalori yang masuk dalam tubuhmu bisa sangat banyak dan menyebabkan kenaikan berat badan. Selain itu, kandungan gizi di dalam makanan cepat saji tidak dapat memenuhi kebutuhan tubuh kamu.

4. Mie instan

doc.internet

Rasa gurih dan praktis, membuat mie instan menjadi pilhan utama ketika berbuka puasa. Namun, yang harus kamu ketahui adalah mie instan tidak memiliki kandungan gizi seperti serat dan protein yang cukup setelah berpuasa seharian. So, lebih baik kamu mencari alternatif makanan lain untuk mengisi perut kamu yang kosong. 

5. Minuman mengandung kafein

freepik.com

Kopi merupakan salah satu minuman yang mengandung cafein. Walau memiliki berbagai manfaat baik seperti kaya akan anti-oksidan, sebaiknya hindari berbuka puasa dengan minum kopi. Hal ini karena, saat kafein yang terkandung pada kopi masuk ke dalam perut yang kosong, maka akan meningkatkan produksi asam lambung.

6. Makanan pedas

freepik.com

Menambahkan rasa pedas dalam makanan memang menambah rasa sedap. Namun, ada baiknya kamu hindari makanan pedas ketika berbuka puasa.Makanan pedas dapat menganggu pencernaan dan beresiko menderita diare. Jika diare menyerang, maka tubuh akan dehidrasi dan kekurangan gizi selama puasa. Jadi, hati-hati dengan apa yang kamu konsumsi ya. 

7. Minuman bersoda

freepik.com

kesegaran minuman bersoda memang nikmat sekali jika dikonsumsi setelah menahan dahaga selama 12 jam. Namun, minuman bersoda mengandung gula tinggi, pewarna, dan pengawet. Sehingga kamu harus berhati-hati ketika mengonsumsi minuman ini. Apalagi ketika bulan puasa, tubuh menjadi lebih sensitif. jadi, lebih baik hindari ya, Bela! 

Baca Juga: Kumpulan Artikel Seputar Ibadah Selama Ramadan

IDN Media Channels

Latest from Health