Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Hukum Sikat Gigi saat Puasa di Pagi Hari Setelah Subuh

Apakah membatalkan puasa?

Raga Putra Wiwaha

Ketika umat muslim berpuasa, maka dilarang untuk makan dan minum. Namun, hukum sikat gigi saat puasa di pagi hari setelah subuh menjadi pertanyaan yang paling sering diajukan oleh orang-orang.

Mereka khawatir air yang digunakan tertelan hingga akhirnya menjadikan puasa batal. Sebenarnya, bagaimana hukum sikat gigi saat puasa?

Hukum sikat gigi saat puasa menurut penjelasan MUI

freepik.com/Racool_studio

Sebelum membahas mengenai hukum sikat gigi saat puasa di pagi hari setelah subuh, perlu diketahui terlebih dahulu hukum sikat gigi saat puasa secara umum. 

MUI atau Majelis Ulama Indonesia menyampaikan bahwa umat Islam yang sedang berpuasa masih diperbolehkan menggosok gigi dan bukan termasuk perbuatan yang membatalkan puasa. Bahkan jika dilakukan sebelum zuhur, maka hukumnya dianjurkan terutama bagi yang ingin melakukannya dengan tujuan membersihkan mulut.

Namun, jika aktivitas menggosok gigi dikerjakan setelah waktu salat zuhur, maka hukumnya menjadi makruh. Itu artinya hukum perbuatan tersebut tidak disukai Allah SWT, namun tidak mendapat ancaman dosa maupun siksaan neraka. 

Meskipun diperbolehkan menggosok gigi pada saat berpuasa, tetap ada catatan khusus yang harus diperhatikan. Jika air untuk berkumur ternyata tertelan hingga masuk ke tenggorokan, maka hal tersebut dapat membatalkan puasa. Oleh karena itu, disarankan untuk berhati-hati saat menggosok gigi agar airnya tidak sampai tertelan.

Hukum sikat gigi saat puasa menurut hadis

Freepik.com/Free Picture

Rasulullah SAW pernah bersabda dalam sebuah Hadis Riwayat Bukhari dari Abu Hurairah yang berbunyi:

لَوْلاَ أَنْ أَشُقَّ عَلَى أُمَّتِى لأَمَرْتُهُمْ بِالسِّوَاكِ عِنْدَ كُلِّ وُضُوءٍ

“Seandainya tidak memberatkan umatku niscaya akan kuperintahkan mereka untuk bersiwak setiap kali berwudhu.” (Hadits ini dikeluarkan oleh Bukhari dalam kitab Shahihnya secara mu’allaq (tanpa sanad). Dikeluarkan pula oleh Ibnu Khuzaimah 1: 73 dengan sanad lebih lengkap. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa sanad hadits ini shahih)

Berdasarkan tulisan Tuhfatul Ahwadzi rahimahullah disebutkan bahwa hadis yang membicarakan tentang keutamaan bersiwak merupakan hadis mutlak. Itu artinya siwak diperbolehkan setiap saat tanpa ada batasan waktu.

Namun, sebagian ulama lainnya seperti Asy-Sya’bi dan Malikiyah memakruhkan siwak basah karena terdapat rasa sehingga dikhawatirkan membatalkan puasa. Berbeda lagi dengan pendapat Ibnu Sirin dalam kitab shahih Imam Bukhari bahwa tidak ada masalah menggunakan siwak basah karena air juga memiliki rasa dan masih diperbolehkan untuk berkumur-kumur.

Selain itu, dari Ibnu ‘Umar menurut riwayat Ibnu Syaibah disebutkan bahwa menggunakan siwak baik yang basah maupun kering diperbolehkan. Pada dasarnya siwak basah masih diperbolehkan karena sama halnya seperti berkumur-kumur. Jika ada yang basah di mulut kemudian dimuntahkan, maka tidak merusak puasa.

Hukum sikat gigi saat puasa di pagi hari setelah subuh

freepik.com

Dari penjelasan di atas, hukum sikat gigi saat puasa di pagi hari setelah subuh bisa dilakukan karena belum memasuki waktu zuhur. Namun, hal itu dilakukan dengan catatan harus berhati-hati dalam berkumur dan memakai pasta gigi supaya tidak tertelan dan membatalkan puasa.  

Melansir NU Online, orang yang menggosok gigi dengan pasta gigi dan air kemudian terdapat air yang masuk, jika tidak tertelan maka puasanya tidak batal. 

Imam Nawawi, dalam al-Majmu’, syarah al-Muhadzdzab menjelaskan sebagai berikut. 

 لو استاك بسواك رطب فانفصل من رطوبته أو خشبه المتشعب شئ وابتلعه افطر بلا خلاف صرح به الفورانى وغيره  

Artinya: Jika ada orang yang memakai siwak basah. Kemudian airnya pisah dari siwak yang ia gunakan, atau cabang-cabang (bulu-bulu) kayunya itu lepas kemudian tertelan, maka puasanya batal tanpa ada perbedaan pendapat ulama. Demikian dijelaskan oleh al-Faurani dan lainnya. (Abi Zakriya Muhyiddin bin Syaraf an-Nawawi, al-Majmu’, Maktabah al-Irsyad, Jeddah, juz 6, halaman 343)

Untuk menjaga kehati-hatian, akan lebih aman jika menggosok gigi dengan pasta gigi sebelum waktu imsak tiba. Jika sudah siang, akan lebih aman untuk menggunakan sikat gigi dengan kayu siwak atau dengan sikat gigi tanpa pasta. 

Lalu jika ingin menyelesaikannya dengan air, maka berkumurlah sebelum waktu wudu selama tiga kali.

Tips menjaga dan merawat kebersihan gigi saat puasa

Pinterest.com/Expergholia

Sebagian umat muslim mungkin ada yang merasa takut menggosok gigi saat sedang berpuasa karena dikhawatirkan dapat membatalkan puasa. Namun, gosok gigi juga diperlukan untuk tetap menjaga kesehatan dan kebersihan gigi.

Karena jika tidak menggosok gigi secara rutin, maka kotoran dan bakteri sisa makanan saat berbuka dan sahur dapat mengakibatkan rongga kecil tak terlihat karena enamel gigi terpecah. Sisa makanan yang masih menempel lama-kelamaan akan menjadi plak dan karang gigi hingga sulit dibersihkan.

Berikut ini beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kebersihan gigi selama berpuasa, di antaranya:

1. Tidak langsung berkumur

Pinterest.com/goodhousekeeping

Salah satu kebiasaan yang masih sering dilakukan oleh orang-orang adalah langsung berkumur setelah menggosok gigi padahal sebaiknya jangan dilakukan seperti itu. Karena, berkumur akan mengurangi dan membersihkan efek zat fluoride pada sisa pasta gigi.

Alhasil penggunaan pasta gigi pun menjadi tidak maksimal. Sangat disarankan untuk menunggu setidaknya beberapa menit setelah menggosok gigi baru kemudian berkumur.

2. Bersihkan hingga semua bagian gigi menggunakan sikat

Pinterest.com/reseauoils

Gosok gigi kamu secara merata ke seluruh bagian gigi. Karena pada dasarnya menggosok gigi bisa dibagi ke dalam tiga bagian, yakni permukaan bagian luar, permukaan bagian dalam, dan bagian gigi yang digunakan untuk mengunyah.

3. Menggunakan obat kumur

Pinterest.com/lorenteortodoncia

Jika kamu sudah selesai menggosok gigi, maka bisa dilanjutkan dengan berkumur menggunakan obat kumur khusus. Tujuannya untuk membantu mencegah kerusakan gigi.

Sebaiknya pilih cairan obat kumur yang tidak terdapat kandungan alkohol. Obat kumur ini bisa digunakan pada waktu sahur agar aroma dan bau mulut lebih segar dan wangi.

4. Menggunakan dental floss atau benang gigi

Pinterest.com/Ceopsade

Kamu dapat membersihkan gigi dengan benang khusus untuk membersihkan sisa makanan di sela-sela gigi yang masih tersisa. Membersihkan gigi dengan cara seperti ini bisa dilakukan sambil menunggu efek kerja fluoride pasta gigi sehingga hasilnya lebih maksimal.

Fungsi benang gigi atau flossing sebenarnya tidak hanya untuk membersihkan sisa makanan terselip di sela gigi saja. Benda ini juga bermanfaat untuk mengurangi risiko bau mulut, gigi infeksi, hingga menghilangkan plak pada bagian garis gusi.

Berikut cara pemakaian benang gigi yang tepat, yaitu:

  • Pegang benang gigi sepanjang 20-30 cm pada bagian kedua ujungnya hingga kamu bisa menggunakan sisa benang untuk membersihkan gigi 
  • Letakkan benang ke antara gusi dan gigi serta di antara sela gigi
  • Angkat benang tersebut naik dan turun untuk mengeluarkan plak dan sisa makanan.

Jika membandingkan perkataan ulama di atas, pada dasarnya tidak ada hukum sikat gigi saat puasa di pagi hari setelah subuh yang mengharamkannya. Namun, dengan syarat tidak ada pasta maupun air yang masuk ke perut.

Imam Nawawi pernah berkata bahwa jika bersiwak menggunakan siwak basah lalu cairan siwak tersebut terpisah dan tertelan beserta serpihannya, maka puasanya batal. Mengenai hal ini, tidak ada perbedaan pendapat di kalangan para ulama.

Syaikh ‘Abdul ‘Aziz bin Baz rahimahullah juga berpendapat bahwa membersihkan gigi selama menjaga diri dari sesuatu yang masuk ke perut, maka diperbolehkan. Bahkan jika ada sesuatu yang masuk secara tidak sengaja di dalam, hukum puasanya pun tidak batal.

Sebaiknya untuk meminimalisir keraguan ketika menggosok gigi apakah akan ada yang tertelan atau tidak, maka sebaiknya sikat gigi saat sebelum azan Subuh dan setelah berbuka puasa agar aman. Sehingga, tidak ada rasa was-was terkait batal tidaknya puasa.

Dengan mengetahui hukum sikat gigi saat puasa di pagi hari setelah subuh di atas, maka bisa menjadi dasar bagi kamu saat menjalankan puasa nantinya.

IDN Media Channels

Latest from Health