Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Warna Behel yang Bagus dan Tips Memilihnya

Gigi tampak lebih cerah dan bersih

Nafi' Khoiriyah

Banyak orang memilih untuk memakai behel untuk mengatasi gigi yang kurang rapi. Harapannya, behel tersebut akan membuat giginya menjadi lebih tertata dan tentunya bisa meningkatkan kepercayaan diri. 

Namun saat memakai behel, setiap orang perlu memperhatikan kebersihan dan pemilihan warna behel gigi. Sebab, jika pemilihan warna kurang tepat, gigi justru bisa tampak kotor dan tidak cocok dengan penampilan.

Supaya kamu tidak menyesal, Popbela.com akan memberikan tips dan rekomendasi warna behel yang bagus. Selain warnanya yang bagus, behel berikut ini tentu akan membuatmu makin percaya diri.

Yuk, lihat warna apa saja yang cocok untuk kamu pilih!

Tips memilih warna karet behel

lqdent.com

Memilih behel memang perlu banyak pertimbangan. Sebab, bukan hanya sebagai alat untuk merapikan gigi, warna karet behel juga menjadi aksesori yang dipakai sehari-hari bagi mereka yang berbehel.

Maka dari itu, sebelum memilih warna karet behel, alangkah baiknya kamu memperhatikan tips berikut ini. 

1. Sesuaikan dengan warna kulit dan rambut

Warna kulit dan rambut bisa menjadi salah satu pertimbangan untuk memilih warna behel gigi. Caranya, pilih warna yang tidak bertabrakan dengan warna kulit atau rambutmu.

Jika warna kulitmu sawo matang cenderung gelap, pilih warna-warna seperti biru navy, magenta, atau ungu. Sementara itu, jika kamu memiliki kulit yang lebih cerah, maka pilih warna yang terang pula, seperti biru muda, hijau, merah, dan semacamnya. 

2. Pertimbangkan untuk memilih warna gelap 

Alih-alih memilih warna yang cerah, akan lebih aman untuk memilih karet behel yang gelap. Sebab, warna yang gelap tersebut akan memberi kesan gigi lebih cerah. Bukan hanya itu saja, warna behel yang gelap akan mengimbangi warna gigi yang natural. 

3. Lihat roda warna behel gigi

Saat akan memasang karet behel pada gigi, dokter biasanya akan menyediakan roda warna untuk menunjukkan aneka warna yang tersedia. Kalaupun tidak tersedia, kamu bisa mencarinya di internet dan menyandingkannya dengan warna gigimu. 

4. Minta saran dari dokter gigi

Kalau setelah melihat aneka warna karet behel kamu belum juga menemukan yang cocok, maka tanyakan pada dokter gigimu. Sebab, mereka sudah berpengalaman untuk memasang behel pada banyak pasiennya. Dengan begitu, mereka akan dengan mudah memilih warna yang paling cocok untukmu. 

5. Lakukan perawatan rutin 

Terakhir, jangan lupa untuk melakukan perawatan rutin supaya warna karet behel yang kamu pilih tetap terjaga. Jangan lupa menjaga kebersihan mulut usai makan atau setidaknya 2 kali sehari sikat gigi.

Setelah memahami tips memilih warna karet behel, simak beberapa warna behel yang bagus berikut ini.

1. Warna silver

damessa.id

Warna behel yang bagus pertama ini bisa menjadi andalan kalau kamu sedang kebingungan mencari warna yang cocok. Ya, sebab warna silver atau abu-abu memiliki kesan yang netral dan tidak mencolok.

Dengan warna yang sesuai warna behelnya, silver akan membuat gigi terlihat lebih bersih dan netral. Selain itu, warna ini juga cenderung tidak cepat pudar dan cocok dipakai untuk berbagai suasana. 

2. Warna biru navy

klinikjoydental.com

Selain silver, biru navy juga menjadi opsi warna behel selanjutnya. Warna ini memiliki kesan yang netral, lebih berwarna, tetapi tetap tampak dewasa. Warna ini juga akan cocok dipakai bagi kamu yang laki-laki maupun perempuan. 

Saat memakainya, kamu akan tampak lebih ceria dan percaya diri. Sama seperti sebelumnya, warna biru navy yang cenderung gelap akan membuat gigi tampak lebih putih dan jernih. 

3. Warna maroon

pinterest.com

Maroon menjadi warna behel yang bagus selanjutnya. Sebab, warna ini juga tergolong salah satu warna gelap yang netral dan elegan. Saat memakainya, gigi juga akan terlihat lebih cerah meskipun dipakai dalam jangka waktu lama. 

Warna tersebut juga bisa dipakai oleh laki-laki maupun perempuan dari segala usia. Sebab, tidak ada kesan kekanak-kanakan saat memakai warna ini. 

4. Warna magenta

australinddental.com

Masih serumpun dengan warna maroon, kali ini kamu bisa memilih warna yang lebih cerah, yakni magenta. Warna ini menjadi alternatif jika kamu bosan dengan warna-warna yang gelap sebelumnya. 

Meskipun tergolong dalam warna yang cerah, tetapi magenta tidak akan membuat gigi menjadi tampak kuning. Sebaliknya, warna ini akan memberikan kesan ceria dan indah saat kamu tersenyum. 

5. Warna hijau neon atau tosca

audydental.com

Warna behel yang bagus selanjutnya adalah warna hijau neon atau tosca. Warna ini akan cocok bagi para remaja karena memberi kesan manis dan ceria. Mereka akan lebih percaya diri jika memakai warna-warna seperti ini. 

Namun, jangan lupa untuk melakukan perawatan dan penggantian karet behel rutin ke dokter gigi supaya kebersihannya tetap terjaga. Bukan hanya itu saja, pastikan kamu membersihkan gigi setelah makan atau setidaknya 2 kali sehari. 

7. Warna hijau dan merah

diamondbraces.com

Menyambut hari Natal yang datang sebentar lagi, pilihan warna hijau dan merah tampak cukup menarik. Warna ini akan membuat behel tampak lebih bersih dan gigi menjadi lebih terang. 

Perpaduan warna merah dan hijau yang terang itu juga bisa menunjukkan kepribadianmu yang percaya diri, lho!

8. Warna soft pink

skarinortho.com

Sementara warna behel yang bagus selanjutnya cocok untuk memberikan kesan kalem dan feminin. Warnanya cocok untuk mengekspresikan kepribadianmu dengan lebih jelas. 

Namun tetap saja, jangan lupa untuk tetap rajin membersihkan behel dan kurangi mengonsumsi makanan-makanan yang dilarang. Hal itu supaya warna behelmu tidak pudar dan mengurangi estetikanya. 

9. Warna hitam

vcosmiles.com

Terakhir, karet warna hitam yang gelap juga tak ada salahnya untuk dicoba. Warna ini akan membuat behelmu lebih terlihat daripada biasanya. 

Meskipun bisa berpotensi membuat gigi tampak bernoda, tetapi tetap bisa diatasi. Kamu hanya perlu menjaganya tetap bersih setiap hari dengan menyikat gigi. Lalu, kurangi konsumsi minuman yang bisa memudarkan warnanya. 

Itulah sembilan rekomendasi warna behel yang bagus. Pastikan kamu memperhatikan tips di atas sebelum memilih warna behel.

Di antara warna-warna tersebut, mana yang akan kamu pilih, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Health