Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Olahraga Pound Fit: Pengertian, Manfaat, dan Cara Melakukannya

Gerakannya memakai stik

Nafi' Khoiriyah

Olahraga pound fit akhir-akhir ini sedang banyak diminati di berbagai kelas olahraga. Jenis olahraga ini menggabungkan antara kardio, yoga, dan gerakan yang terinspirasi dari pilates. 

Salah satu ciri pound fit adalah ripstix, stik drum berbobot ringan yang dirancang khusus untuk olahraga ini. Kamu bisa mendapatkan energi, mengencangkan tubuh, sekaligus bergoyang dengan iringan musik. 

Kalau kamu ingin tahu lebih lengkap tentang olahraga pound fit, simak ulasan di bawah ini, ya!

Apa itu pound fit?

lafayettefamilyymca.org

Bagi kamu yang belum tahu, olahraga pound fit pada dasarnya merupakan sesi kardio yang digabungkan dengan yoga, gerakan pilates menggunakan stik drum berbobot ringan yang disebut dengan ripstix. 

Jenis olahraga ini dirancang untuk memberikan kebugaran di seluruh tubuh. Karena terinspirasi dari permainan alat musik drum, maka olahraga ini juga dilakukan sambil mendengarkan musik. 

Manfaat pound fit

stuytown.com

Semua jenis olahraga tentunya akan membuat tubuh lebih sehat dan kekebalan tubuh lebih kuat. Namun olahraga ini bukan hanya bermanfaat untuk itu saja, tetapi juga membuat konsentrasi lebih baik. Berikut adalah beberapa manfaat pound fit yang bisa kamu rasakan. 

1. Menurunkan berat badan

Gerakan olahraga pound fit yang cepat akan membantumu untuk menurunkan berat badan. Gerakan yang diulang akan membantu membakar lemak dalam tubuh bahkan setelah olahraga. Bahkan, penelitian menunjukkan pound fit selama satu jam bisa membakar lebih dari 900 kalori. 

2. Meningkatkan suasana hati

Sejumlah penelitian juga sudah membuktikan bahwa terdapat efek menghilangkan stres dari permainan drum yang dilakukan. Sebab, gerakan aerobik yang dilakukan dalam pound fit bisa menjernihkan pikiran dan membuat suasana hati menjadi baik. 

3. Meningkatkan fokus

Ritme musik saat melakukan olahraga pound fit juga akan meresap ke otak dan bisa meningkatkan fokus. Hal itu juga bisa berpengaruh untuk meningkatkan daya pikir juga keterampilan membuat keputusan. 

4. Membangun sistem kekebalan tubuh yang baik

Sistem kekebalan tubuh pun akan lebih terjaga jika seseorang rutin melakukan olahraga ini. Bahkan, pound fit dapat menurunkan tekanan darah, mengurangi rasa sakit yang kronis, kecemasan, juga kelelahan. Dalam kondisi terapi fisik, gerakan pound fit yang telah disesuaikan bisa mempercepat pemulihan kesehatan. 

5. Melatih otot inti

Gerakan dalam olahraga pound fit juga dirancang untuk melatih seluruh tubuh, mulai dari perut, bagian otot perut, sampai belakang pinggang. Namun daripada bagian lainnya, bagian otot inti lebih sering diputar yakni di area perut. Hal itu akan membuat tubuh jadi lebih ramping dan kencang. 

Cara melakukan pound fit

dangerouslyfit.com.au

Cara melakukan pound fit adalah dengan menggunakan 4 posisi dasar, yakni set, lunge, kit, dan T&A. 

  • Set merupakan posisi berdiri dasar yang menampilkan beberapa variasi squat. 
  • Lunge merupakan gerakan kaki kiri ditekuk ke depan, sementara kaki kanan ditekuk ke belakang. Dalam posisi ini, punggung dibiarkan tegak dengan kedua tangan yang diangkat ke atas. 
  • Kit adalah posisi duduk yang berfokus untuk menekan otot perut dengan cara punggung ditegakkan dan dua kaki ditekuk ke atas. 
  • T&A atau tight and asset merupakan posisi tidur telentang dengan kaki ditekuk dan punggung bawah yang diangkat. 

Alat ripstix untuk pound fit

freepik.com/pvproductions

Alat yang dibutuhkan untuk melakukan olahraga ini disebut dengan ripstix. Ripstix merupakan stik drum olahraga ringan yang dirancang secara khusus.

Alat ini menambahkan bobot dalam gerakan yang bisa menciptakan kontraksi otot dan gerakan yang stabil. Biasanya, ripstix dibuat dari bahan plastik yang tahan lama dan mudah dibawa. 

Itulah beberapa ulasan tentang olahraga pound fit yang sedang banyak digemari akhir-akhir ini. Setelah mengetahui manfaat dan caranya, apakah kamu tertarik untuk ikut kelas pound fit, Bela? 

IDN Media Channels

Latest from Health