Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Manfaat Makan Bawang Putih Mentah Bagi Kesehatan Tubuh

Bagus untuk kecantikan juga, lho

Nafi' Khoiriyah

Bawang putih dikenal sebagai salah satu bumbu dapur yang hampir selalu ada di setiap masakan. Namun, tak hanya digunakan sebagai bumbu saja, bawang putih juga bisa dimakan mentah untuk memberikan manfaat tertentu bagi tubuh. 

Manfaat makan bawang putih mentah bisa bermacam-macam mengingat kandungan serat, protein, kalsium, dan antioksidan di dalamnya. Tak heran jika bumbu dapur ini menjadi salah satu pengobatan medis di peradaban kuno. 

Berikut adalah beberapa manfaat mengonsumsi bawang putih mentah yang bisa kamu rasakan. 

1. Meningkatkan kesehatan kulit

pexels.com/Ron Lach

Manfaat makan bawang putih mentah yang pertama bagus untuk kesehatan kulit. Bawang putih bisa mencegah jerawat dan mencerahkan bekas jerawat pada wajah.

Bukan hanya itu saja, luka seperti psoriasis, ruam, dan kulit yang melepuh bisa diatasi dengan mengonsumsi bawang putih. Kandungan di dalamnya juga bisa melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet dan bisa mencegah penuaan. 

2. Menangkal batuk dan pilek

pexels.com/Andrea Piacquadio

Bawang putih bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk membantu mencegah batuk, pilek, atau flu. Kamu bisa mengonsumsi dua siung bawang putih setiap hari untuk mendapatkan manfaatnya. Pada beberapa kebudayaan, menggantung beberapa siung bawang putih dengan tali di leher anak-anak bisa membantu mengatasi penyumbatan akibat flu.

3. Baik untuk kesehatan jantung

unsplash.com/Robina Weermeijer

Senyawa allicin yang terkandung di dalam bawang putih bermanfaat untuk menurunkan LDL atau kolesterol jahat. Jadi, manfaat makan bawang putih mentah untuk meningkatkan kesehatan jantung bisa kamu dapatkan dengan mengonsumsinya secara teratur.

Bawang putih pun bisa mengurangi pembekuan darah dan mencegah tromboemboli atau penggumpalan darah di tungkai, pangkal paha, atau lengan.

4. Meningkatkan fungsi otak

unsplash.com/Robina Weermeijer

Sifat antioksidan dan anti-inflamasi di dalam bawang putih bisa meningkatkan kesehatan otak. Bawang putih juga bisa melawan penyakit neurodegeneraif seperti Alzheimer dan Demensia.

Di dalamnya, bawang putih memiliki kombinasi vitamin dan mineral yang bagus untuk fungsi kognitif otak. Bumbu dapur ini juga bisa meningkatkan suasana hati, lho. 

5. Meningkatkan imunitas

pexels.com/cottonbro studio

Kandungan zat di dalam bawang putih bisa menjaga kekebalan tubuh. Manfaat makan bawang putih mentah bagi imunitas itu juga bisa melindungi dari radikal bebas dan mencegah kerusakan DNA. Vitamin C di dalamnya juga membantu melawan infeksi karena sifatnya yang memiliki sifat antimikroba. 

6. Menyeimbangkan gula darah

freepik.com/xb100

Kadar gula darah penderita diabetes harus dijaga supaya seimbang. Nah, bawang putih bisa menurunkan kadar gula darah. Bahkan, bawang putih juga bisa mengeluarkan racun dengan efisien sehingga membuat tubuh menjadi lebih sehat. 

7. Menurunkan tekanan darah

freepik.com

Tekanan darah tinggi akan berisiko menjadi penyakit yang serius lainnya seperti jantung dan stroke. Maka dari itu, kamu bisa menggunakan bawang putih untuk mencegah penyakit tersebut.

Sebab, manfaat makan bawang putih mentah bisa menurunkan darah tinggi. Jika kamu tidak bisa memakan bawang putih langsung, suplemen bawang putih pun bisa menjadi alternatifnya. 

8. Menurunkan kadar kolesterol

freepik.com/jcomp

Kolesterol merupakan komponen lemak dalam darah. Terdapat dua jenis kolesterol, yaitu LDL yang jahat dan HDL yang baik. Jika tubuh memiliki kadar LDL yang terlalu tinggi dan tidak cukup kadar HDL, maka bisa menyebabkan masalah yang serius.

Bawang putih tersebut bisa terbukti menurunkan kadar kolesterol total dan LDL sebesar 10 sampai 15 persen. Namun, bawang putih tersebut tidak memengaruhi kadar HDL sehingga aman bagi tubuh. 

9. Mencegah Alzheimer dan Demensia

freepik.com/Lifestylememory

Bawang putih yang memiliki antioksidan tinggi sehingga bisa membantu mencegah terjadinya kerusakan oksidatif di tubuh. Hal itulah yang membantu mencegah penyakit kognitif tertentu seperti Demensia dan Alzheimer.

Namun, bukan berarti mengonsumsi bawang putih yang banyak bisa kebal terhadap penyakit. Sebab, khasiat bawang putih hanya bisa meningkatkan kesehatan sampai titik tertentu. 

10. Mencegah kanker

pixabay.com/ckstockphoto

Manfaat makan bawang putih mentah yang terakhir adalah bisa mencegah risiko kanker, terutama kanker usus besar. Menurut the Iowa Women's Health Study, perempuan yang memakan bawang putih secara teratur dengan sayuran dan buah-buahan lainnya bisa memiliki kemungkinan 35% lebih rendah terkena kanker usus besar. 

Itulah 10 manfaat makan bawang putih mentah yang bisa kamu rasakan setelah mengonsumsinya. Setelah melihat berbagai manfaat tersebut, apakah kamu tertarik untuk mengonsumsi bawang putih mentah, Bela? 

IDN Media Channels

Latest from Health