Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Hati-hati, 6 Hal yang Biasa Kamu Konsumsi Ini Menyebabkan Kanker Usus

Batasi konsumsinya ya!

Jennifer Alexis

Belum lama ini dunia hiburan dikejutkan dengan kabar meninggalnya salah satu aktor Hollywood, Chadwick Boseman. Chadwick menghembuskan napas terakhir di usia 43 tahun karena penyakit kanker usus yang dideritanya selama empat tahun terakhir.

Kanker usus yang memengaruhi saluran pencernaan pun bisa disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari gaya hidup yang tidak sehat, kelebihan berat badan, hingga makanan dan minuman yang dikonsumsi.

1. Daging olahan

jamienelsonphoto.com

Daging olahan adalah protein hewani yang telah melalui proses penambahan zat kimia agar menjadi lebih awet. Ketika melalui proses pemasakan seperti digoreng atau dibakar, maka zat kimianya akan keluar dan masuk ke dalam tubuh ketika dikonsumsi. Selain itu, makanan olahan cenderung mengandung banyak MSG. Jika dikonsumsi secara terus menerus, akan terjadi penumpukkan zat aditif dalam tubuh yang bisa menyebabkan kanker.

2. Gula

blossomfamilychiropractic.com

Tidak hanya bisa memicu diabetes, konsumsi gula secara berlebihan ternyata juga bisa menyebabkan kanker. Ini karena konsumsi gula dalam batas tidak wajar bisa menyebabkan peradangan kronis serta membuat kadar gula darah melonjak. Inilah yang dapat meningkatkan risiko penyakit kanker, termasuk kanker usus.

3. Alkohol

unsplash.com

Alkohol juga menjadi salah satu penyebab kanker yang sebisa mungkin kamu hindari atau batasi konsumsinya. Menurut penelitian, meminum alkohol sebanyak 2-3 kali seminggu dapat meningkatkan risiko terkena kanker hingga 20 persen.

4. Daging merah

moota.com

Tidak hanya menjadi sumber kolestrol dan darah tinggi, mengonsumsi daging merah, apalagi  jika berlebihan, juga dapat menyebabkan kanker usus. Memanggangnya dalam suhu tinggi akan melepaskan zat kimia yaitu heterocylic amine (HCA) dan polycylic aromatic hydrocarbon (PAH). Zat kimia ini diketahui dapat mengakibatkan perubahan DNA dalam tubuh yang menyebabkan kanker.

Tidak hanya dengan proses memanggang, daging merah yang dimasak dengan metode apapun wajib dibatasi asupannya. Sebagai pengganti sumber protein, kamu bisa mengonsumsi daging ayam, ikan, hingga protein yang berasal dari nabati.

5. Biji-bijian olahan

pexels.com

Buat kamu pecinta nasi putih, sereal, mi, roti putih, hingga pasta, ada baiknya berhati-hati. Pasalnya, makanan dari biji-bijian olahan tersebut juga bisa memicu penyakit kanker usus karena makanan tersebut bisa meningkatkan kadar gula darah dan memicu resistensi insulin. Untuk mencegahnya, kamu bisa mengganti asupan karbohidratmu dengan beras merah atau roti gandum.

6. Makanan kalengan

goodhousekeeping.com

Selain mengandung bahan pengawet yang tinggi, kaleng yang digunakan sebagai kemasan biasanya dilapisi dengan bisphenol-A (BPA) yang diketahui berdampak buruk bagi tubuh, salah satunya dapat memicu penyakit kanker usus. Jadi, hindari makanan yang satu ini ya!

IDN Media Channels

Latest from Health