Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Hindari Dehidrasi Saat Puasa dengan 6 Tips di Bawah Ini

Terlalu lama tidur juga berpengaruh lho

Dinda Ramadhanty

Meskipun berpuasa satu bulan lamanya, itu bukanlah penghalang bagi kita untuk membatasi aktifitas. Puasa memang membuat energi semakin menurun, begitu juga dengan cairan dalam tubuh. 

Maka dari itu, kita harus melakukan pencegahan dan upaya agar tubuh tetap terhidrasi selama puasa. Apa saja sih cara agar tidak dehidrasi saat puasa? Yuk, intip beberapa tips mudah di bawah ini.

1. Kurangi minum kopi dan teh saat berbuka

Meminum kopi dan teh memang akan menambah cairan dalam tubuh, namun meminum yang mengandung kafein bersifat diuretik, yaitu meningkatkan pengeluaran kencing. Sehingga cairan yang terserap pada tubuh bisa jadi kurang cukup dalam menjaga kadar cairan tubuh dari sahur hingga berbuka.

2. Makan buah yang mengandung banyak air

Mengonsumsi buah-buahan yang mengandung banyak air seperti semangka, jeruk, dan melon dapat ikut membantu menambah kadar cairan yang dibutuhkan tubuh selama puasa. 

thesprucepets.com

3. Minum air minimal 8 gelas

Kalau tips yang satu ini pasti sudah nggak asing ya, Bela. Nggak hanya saat berpuasa, setiap haripun cairan yang dibutuhkan dalam tubuh memang ideal pada 8-12 gelas perhari. Berikut tips pembagian gelas minum saat berpuasa :

  • Satu gelas saat bangun tidur
  • Satu gelas saat sahur
  • Satu gelas saat berbuka puasa
  • Satu gelas saat makan malam
  • Satu gelas setelah sholat maghrib
  • Satu gelas setelah sholat isya
  • Satu gelas setelah tarawih
  • Satu gelas sebelum tidur

4. Kurangi makanan asin saat sahur

Garam yang berlebihan dalam tubuh dapat membuat pengaturan cairan tubuh nggak stabil. Maka nggak heran jika baru beberapa jam puasa saja sudah membuat kamu terasa haus. Sebaiknya konsumsi buah-buahan dan sayuran sebagai penyeimbangnya ya, Bela.

ozeweg.org

5. Atur jam tidur

Jam tidur yang nggak teratur atau terlalu banyak tidur juga bisa membuat kamu dehidrasi. Selama kita tidur proses keluarnya cairan tubuh tetap terjadi. Jadi pastikan untuk tetap mengatur jam tidur kamu ya!

Itulah beberapa cara agar tidak dehidrasi saat puasa yang bisa kamu coba. Selamat berpuasa, Bela!

Baca Juga: Kumpulan Artikel Seputar Ibadah Selama Ramadan

IDN Media Channels

Latest from Health