Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Manfaat Meditasi Bagi Kesehatan Mental dan Fisik yang Wajib Diketahui

Meredakan stres hingga meningkatkan kualitas tidur

Aulia Fitria

Meditasi adalah latihan pernapasan yang bertujuan menjernihkan pikiran sehingga seseorang merasa lebih tenang. Umumnya, meditasi dilakukan dengan cara duduk dengan tegak dan posisi kaki bersilang, lalu telapak tangan diletakkan di area lutut. Setelah menemukan posisi yang nyaman, kamu bisa langsung mulai melakukan latihan pernapasan. 

Lebih dari sekedar menenangkan pikiran, meditasi nyatanya punya banyak manfaat baik bagi kesehatan mental maupun kesehatan fisik. Lantas, apa saja manfaat meditasi bagi kesehatan mental dan fisik? Temukan jawabannya di bawah ini!

1. Meredakan stres

pexels.com/Karolina Grabowska

Stres merupakan kondisi yang sulit untuk dihindari, pasalnya kondisi tersebut disebabkan oleh pemicu yang berbeda-beda. Namun, tahukah kamu bahwa stres ini bisa dikendalikan dengan melakukan meditasi. 

Ya, meditasi diketahui bisa membantu menurunkan kadar hormon stres pada tubuh, yakni hormon kortisol. Seperti yang kamu ketahui hormon kortisol ini berfungsi menyediakan energi bagi tubuh ketika tubuh tengah berada di bawah ancaman. Di samping itu, meditasi juga dipercaya mampu membantu menghadirkan rasa positif.

2. Mengurangi gejala cemas

enervon.co.id

Cemas merupakan perasaan yang timbul akibat rasa panik dan juga takut. Cemas merupakan perasaan yang normal, namun apabila sudah sulit untuk dikendalikan kamu butuh langkah yang tepat untuk mengatasinya. Kamu bisa mulai dengan melakukan meditasi.

Perlu kamu ketahui bahwa meditasi sudah dipercaya membantu mengurangi gejala cemas. Sebab, meditasi diketahui bisa menenangkan pikiran sehingga pikiran menjadi jauh lebih tenang. 

3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

freepik.com/freepik

Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mulai dari menjaga pola makan dengan mengonsumsi makanan yang sehat, rutin berolahraga, istirahat yang cukup, hingga belajar mengelola stres. 

Lebih dari itu, kamu bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan rutin melakukan meditasi. Dengan melakukan meditasi, respon kekebalan tubuh seseorang terhadap infeksi semakin baik, pasalnya meditasi turut meningkatkan kehadiran zat antibodi di dalam tubuh.

4. Menurunkan tekanan darah

freepik.com

Naiknya tekanan darah seseorang bisa disebabkan oleh banyak faktor, mulai dari kelebihan berat badan, jarang beraktivitas, mengadaptasi pola hidup yang tidak sehat seperti merokok, mengonsumsi alkohol hingga mengonsumsi makanan yang tidak sehat. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk menerapkan pola hidup yang sehat.

Hal tersebut juga bisa dibarengi dengan rutin melakukan meditasi. Meditasi diketahui bisa menurunkan tekanan darah apabila dilakukan dengan konsisten. Pasalnya, meditasi dapat membantu merilekskan saraf yang mengatur fungsi jantung.

5. Meningkatkan kualitas tidur

freepik.com/freepik

Meditasi juga diketahui bisa meningkatkan kualitas tidur seseorang. Perlu kamu ketahui bahwa ada beberapa faktor yang membuat seseorang kesulitan tidur, seperti stres dan tidak mengadaptasi pola hidup yang sehat. Namun, apabila kamu rutin meditasi maka kamu bisa tidur dengan nyenyak. 

Pasalnya, saat kamu rutin meditasi stres dan cemas jadi berkurang, kemudian tubuh dan pikiranmu menjadi lebih rileks.

IDN Media Channels

Latest from Health