Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Makanan yang Dapat Meningkatkan Konsentrasi dalam Bekerja

Apa kamu kembali akan melewatkan anjuran ini?

Andina Rahayu

Rata-rata manusia bekerja selama 8-10 jam sehari dan 5 hari dalam seminggu atau bahkan lebih. Karena pekerjaan-pekerjaan tersebutlah, manusia dituntut untuk selalu fokus dan konsentrasi agar cepat dalam menyelesaikan pekerjaannya.

Nah, ternyata, makanan yang kamu konsumsi juga berpengaruh terhadap kinerja otak, Bela. Jangan sampai karena kesibukan, kamu hanya ingin memakan makanan yang cepat diolah dan dikonsumsi. Karena pasalnya, makanan siap saji justru tak baik bagi kesehatan. Coba perbanyak konsumsi 7 bahan makanan di bawah ini ya!

1. Brokoli

harvardhealth.com

Brokoli memiliki sumber vitamin K paling besar dibanding jenis sayuran lainnya. Nah, vitamin K ini berfungsi meningkatkan kemampuan kognitif dan kekuatan otak. Mengonsumsi semangkuk brokoli tiga kali seminggu merupakan salah satu cara efektif untuk meningkatkan kekuatan otak.

2. Ikan salmon

tannerfish.com

Otak manusia terbuat dari 60 persen lemak. Karena itulah, maka dibutuhkan asupan lemak asam agar otak bisa berfungsi dengan baik. Ikan salmon sendiri kaya akan omega 3 yang bisa meningkatkan kekuatan otak dan mengandung DHA yang bisa mencegah penyakit alzheimer. Studi terbaru juga menyebutkan bahwa ikan salmon mampu mengatur mood tetap positif.

3. Tomat

befreshcrop.com

Buah yang sering dikira sayuran ini juga bagus untuk meningkatkan kinerja otakmu. Tomat mengandung senyawa lycopene yang mampu menjaga dan melindungi tubuh dari radikal bebas. Mengonsumsi tomat setiap hari ternyata bisa mendorong memori otak menjadi lebih tajam.

4. Teh hijau

medicalnewstoday.com

Kamu lebih sering mengonsumsi kafein untuk membantu meningkatkan konsentrasi saat bekerja? Mulai sekarang coba ganti kebiasaanmu itu, ya. Karena ternyata teh hijau lebih dianjurkan untuk meningkatkan kinerja otak, dibanding kopi. Kandungan kafeinnya lebih sedikit, selain itu teh hijau juga mengandung asam amino theanine yang bisa meningkatkan fokus.

5. Bayam

organicempire.com

Bayam kaya kalium yang bisa merawat konektivitas otak, meningkatkan daya pikir dan daya ingat. Selain itu, bayam juga kaya antioksidan yang bisa melindungi sel-sel otak dari kerusakan. Selain sangat berguna untuk otak, bayam juga akan membantu detoksifikasi liver kamu lho.

6. Air putih

watchfit.com

70 persen dari tubuh manusia terdiri dari air. Sudah sering sekali dianjurkan untuk minum minimal 2 liter air sehari, tapi nyatanya tidak semua orang melakukannya. Kalau kamu tidak mengonsumsi air yang cukup untuk mengisi cairan yang hilang, maka otakmu akan menanggung konsekuensinya. Kurang minum saat bekerja bisa menyebabkan kelelahan dan sakit kepala.

7. Alpukat

foxnews.com

Alpukat adalah salah satu makanan untuk otak yang kaya akan asam oleat. Buah berwarna hijau ini bisa membantu kinerja otak dengan menciptakan sebuah selubung di sekitar otak yang bernama mielin. Mielin dapat membantu proses informasi pada kecepatan hingga sekitar 300 km/ jam.

Jadi, apa kamu sudah siap untuk meningkatkan kinerja otakmu dengan mengonsumsi makanan-makanan di atas, Bela? Tak perlu langsung memakan semuanya, kamu bisa memilih beberapa di antaranya. Selamat mencoba!

IDN Media Channels

Latest from Health