Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

5 Alasan Kenapa Pagi Hari Bisa Meningkatkan Mood Seseorang

Definisi bahagia itu sederhana

Anastasia Desire

Coba jujur dengan dirimu sendiri, seberapa sering kamu bangun pagi dalam kurun waktu sebulan terakhir? Ya, meski sekarang situasinya bikin kamu gak bersemangat untuk melakukan ini-itu, bukan berarti kamu jadi ikut terlena ya. Lawan rasa mager (malas gerak) kamu sekarang juga!

Kalau bingung bagaimana memulainya, coba deh dengan pasang alarm untuk bangun pagi. Percaya atau nggak, kebiasaan bangun pagi ini bisa jadi awal kebahagiaan setiap harinya lho! Jangan di-skip, kamu harus baca lima penjelasan berikut ini dulu supaya kamu semakin dekat dengan kebahagiaanmu!

1. Waktu yang tersisa terasa lebih banyak untuk lakukan banyak kegiatan

Shutterstock/Naluenai Pirnu

Hargailah setiap waktu yang kamu punya, sesingkat apapun itu. Tapi jangan berharap lebih ketika kamu hanya memiliki waktu yang sedikit, karena ulahmu sendiri. Semua akan percuma, karena ujung-ujungnya kamu akan melakukan kegiatan dengan serba buru-buru.

Beda halnya ketika kamu bangun pagi. Meski sedikit terasa aneh (karena kamu terbiasa bangun siang), tapi ingat, kamu sekarang punya banyak waktu yang bisa kamu lakukan dengan lebih santai dong tentunya. Mungkin yang biasanya kamu hanya mengerjakan 5 kegiatan dalam sehari, sekarang bisa jadi 7-8 kegiatan dalam sehari. Pasti puas dan bangga deh sebelum tidur nanti.

See? You can do it, girl!

2. Udara pagi bisa ikut segarkan pikiran seseorang

Shutterstock/CandyRetriever

Coba sekarang kamu pejamkan mata deh, dan bayangkan tentang suasana pagi hari di sebuah pedesaan. Hanya dengan membayangkannya saja, tarikan nafasmu sudah terasa sedikit lebih segar ‘kan? Nah, itulah yang akan kamu dapatkan ketika menghirup udara pagi.

Rasanya tenang, damai sekaligus bikin segar. Belum ada banyak aktivitas yang dilakukan orang-orang, jadi kualitas udara pun lebih bagus dibandingkan siang ataupun sore hari. Kalau kamu punya banyak pepohonan atau tanaman hijau di rumah, ini jadi nilai plus. Pasti sejuk!

3. Memulai hari baru dengan mood baru

Shutterstock/Farknot Architect

Suasana hati dan pikiran lagi kacau hari ini? Terkadang, beristirahat sejenak bisa menurunkan emosi negatif. Durasi yang sebentar saja bisa sedikit mengurangi beban pikiran, apalagi kalau tidur semalaman? Sudah dipastikan, pagi harinya kamu jadi lebih happy bak beban itu sudah hilang ‘dimakan’ oleh mimpi. Kali ini, tidur malam yang berkualitas bisa jadi mood booster-mu!

Saat bangun pagi, berjanjilah pada dirimu sendiri kalau kamu akan happy hari ini. Mindset itu perlu kamu ucapkan dalam hati sebagai ‘jimat’ keberuntunganmu hari ini. Nah, biar makin happy lagi, kamu boleh kok untuk kasih sedikit sentuhan makeup favoritmu. Serius lho, ini bisa menaikkan mood jadi makin happy lagi.

Pilihlah produk makeup favoritmu yang tahan lama, biar mood juga tetap on! Misalnya, Maybelline Fit Me 24HR Oil Control Powder Foundation. Percaya nggak, kalau sebenarnya kamu hanya membutuhkan ini? Bedak dengan full coverage seperti foundation ini, wajah kamu jadi terbebas dari minyak hingga 24 jam dan tetap on seharian!

Popbela.com/Anastasia Desire

Nggak hanya itu, Maybelline Fit Me 24HR Oil Control Powder Foundation juga terasa ringan dan mulus di wajah, pokoknya bikin kamu nyaman seharian. Bahkan, produk ini juga sudah mengandung SPF 44/PA++++ untuk perlindungan dari sinar UV. Hadir dengan 6 shades, dan tenang, ini sudah disesuaikan dengan kulit wanita Indonesia kok. Tinggal pilih sesuai dengan skin tone-mu deh!

New day, new me!

4. Badan jadi lebih berenergi setelah istirahat yang cukup

Shutterstock/chomplearn

Coba deh, sekali-sekali kamu bandingkan efek antara bangun pagi dan bangun siang. Saat kamu bangun pagi hari, rasanya pasti jauh lebih bersemangat dibandingkan siang hari. Makanya, nggak heran deh kalau ada istilah “semangat pagi” yang sering diucapkan banyak orang.

Kalau bangun siang tuh, rasanya ‘godaan’ untuk lanjut bermalas-malasan pasti lebih tinggi. Niatnya sih 5 menit lagi baru bangun, eh ternyata jadi berjam-jam. Gimana mau happy, kalau kamu sendiri sering kesiangan begitu. Itu sih malah bikin deg-degan, soalnya jadi serba buru-buru!

5. Punya waktu untuk olahraga pagi

Shutterstock/Sorapop Udomsri

Ini dia yang lagi booming di TikTok! Bahkan, selebriti seperti Pevita Pearce lagi rutin banget nih untuk bikin challenge sekaligus melakukan olahraga meski di dalam rumah. Selain bikin sehat tubuh, hitung-hitung olahraga pagi ini juga bisa mendukung program dietmu lho! Nggak perlu yang berat-berat kok olahraganya, bisa dengan stretching, jogging, bersepeda keliling komplek ataupun sekadar yoga virtual dari YouTube.

Hayo, introspeksi dulu. Kamu sudah terbiasa bangun pagi belum selama ini? Kalau belum, janji besok bangun lebih pagi dari biasanya ya! Jangan lupa untuk lakukan salah satu dari kelima hal di atas. Dijamin happy! (WEB)

IDN Media Channels

Latest from Health