Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Kesalahan Saat Menata Rambut yang Wajib Kamu Hindari

Perhatikan no. 5!

Vidya Nathania

Sebagai mahkota perempuan, rambut merupakan sesuatu yang wajib untuk diperhatikan. Dari mulai perawatan hingga penataan pun dilakukan untuk menyempurnakan tampilan rambut. Dalam hal menata rambut, tentulah banyak hal penting untuk diperhatikan. 

Selain inspirasi gaya rambut dan alat yang digunakan untuk menata, tentunya kamu pun wajib menghindari beberapa kesalahan yang dapat terjadi saat menata rambut baik sadar maupun tidak sadar. Hmm kira-kira apa saja ya? Yuk ikuti terus artikelnya ya Bela!

1. Menata rambut saat masih basah

the-file.com

Sebelum kamu hendak menata rambut, sebaiknya perhatikan keadaan rambutmu apakah masih basah atau benar-benar sudah kering. Jika rambutmu masih setengah basah, sebaiknya keringkan dahulu sampai benar-benar kering. Karena rambut yang basah cenderung mudah patah sehingga saat sedang ditata yang ada rambutmu malah rusak.

2. Tidak menggunakan produk pelindung rambut

Boldsky.com

Untuk mencegah kerusakan pada rambut yang diakibatkan suhu panas dari alat penataan, sebaiknya jangan lupa untuk menggunakan produk pelindung rambut seperti vitamin, serum, atau spray khusus digunakan sebelum rambutmu tersentuh oleh alat penata rambut.

3. Menggunakan suhu paling tinggi

matrix.com

Siapa nih yang sering mengatur suhu paling tinggi saat sedang menata rambut? Alih-alih menghemat waktu, rambutmu pun menjadi rusak dan patah. Sebaiknya, cukup gunakan suhu yang rendah saja agar rambutmu pun tidak rusak.

4. Menggunakan hair spray terlalu banyak

puretips.site

Setelah usai menata rambut, tentunya penggunaan hair spray sangat dibutuhkan agar tatanan rambut lebih tahan lama. Namun, gunakan hair spray seperlunya saja. Karena penggunaan hair spray yang terlalu banyak hanya akan merusak setiap tekstur rambut menjadi lebih kering dan mudah rontok.

5. Mengikat rambut terlalu kencang

hairstylecamp.com

Tak selalu menggunakan alat, proses menata rambut juga bisa hanya menggunakan karet rambut. Biasanya hal tersebut berlaku untuk gaya rambut kepang, hair bun, ponytail, dan berbagai gaya rambut lainnya. Agar rambut tidak rusak, hindari mengikat rambut yang terlalu kencang karena hanya akan membuat helaian rambut menjadi lebih rapuh. Untuk menghindarinya, jangan terlalu kencang saat mengikat rambut dan hindari mengikat rambut dalam jangka waktu yang lama.

6. Menggunakan sisir yang salah

blog.viviscal.com

Saat sedang menggunakan sisir, sebaiknya perhatikan bahan sisir yang kamu gunakan. Hindari menggunakan sisir dengan bahan logam karena dapat merusak rambut dan sebaiknya pilih sisir dengan bahan nilon yang lebih bersahabat dengan rambut maupun kulit kepala.

7. Lupa membersihkan rambut

hairbylindamarbella.com

Menata rambut tanpa membersihkan rambut terlebih dahulu hanya akan membuat tatanan rambutmu kurang maksimal. Karena proses penataan rambut dapat merangsang produksi kelenjar minyak dan jika rambutmu sedang dalam keadaan kotor, yang ada kulit kepalamu malah terasa gatal dan muncul ketombe.

Jadi, untuk menjaga kesehatan rambut, sebaiknya hindari beberapa kesalahan di atas yang dapat menyebabkan kerusakan pada rambut dan jangan lupa juga untuk merawat rambutmu ya Bela!

IDN Media Channels

Latest from Hair