Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

25 Potongan Buzz Cut Laki-Laki yang Simpel dan Maskulin

Mirip gaya rambut anggota militer

Nafi' Khoiriyah

Gaya rambut buzz cut yang klasik sampai sekarang masih banyak digemari. Potongan ini memiliki ciri khas menonjolkan rambut yang dipotong sangat pendek. 

Model potongan rambut buzz cut laki-laki ini membuatmu mudah dalam merawatnya tanpa perlu penataan yang rumit. Selain itu, gaya tersebut juga akan cocok bagi orang yang ingin memanjangkan janggutnya. 

Namun, kamu perlu memperhatikan bentuk wajah dan jenis potongan buzz cut yang akan kamu pilih. Sebab, potongan ini lebih cocok bagi kamu yang memiliki wajah oval, persegi, atau lonjong.

Selengkapnya, lihat berbagai model yang dirangkum Popbela.com berikut ini!

1. Nol Buzz Cut

menshairstylestoday.com

Model potongan rambut buzz cut laki-laki pertama adalah nol buzz cut. Potongan ini dibuat sangat pendek dan memotong rambut sampai ke dekat kulit. 

Dengan nol buzz cut yang dicukur menyeluruh, penampilanmu akan terkesan edgy sekaligus rapi. Namun, sebelum memilih potongan ini, pastikan kamu memperhatikan bentuk kepala dan fitur wajahmu, ya!

2. High And Tight Buzz Cut

menshealth.com

Membuat wajah terlihat lebih panjang bisa menggunakan model rambut high and tight buzz cut. Pertama, kamu bisa mencukur sisi kanan, kiri, dan belakang kepala terlebih dahulu. 

Kemudian, sisakan rambut di bagian atas kepala yang tinggi sesuai dengan panjang yang kamu inginkan. Gaya ini akan bagus diterapkan untuk kamu yang memiliki wajah bulat atau oval. 

3. Buzz Cut Fade

menshairstylestoday.com

Jika kamu ingin memakai potongan buzz cut yang lebih modern, maka buzz cut fade menjadi pilihan yang tepat. Potongan ini memiliki sisi samping kanan dan kiri yang memudar.

Sementara itu, bagian atas rambut dibuat sedikit pendek. Namun sebelumnya, kamu perlu memilih potongan fade yang tinggi, sedang, atau rendah supaya bisa disesuaikan dengan keinginanmu. 

4. Induction Buzz Cut

menshealth.com

Selanjutnya, model potongan rambut buzz cut laki-laki ini merupakan potongan tradisional yang populer sebagai potongan militer. Induction buzz cut bisa kamu buat dengan cara mencukur habis rambut.

Namun, sisakan sedikit rambut di seluruh kepala dengan panjang yang sama. Saat memakai gaya induction buzz cut, kamu akan terlihat lebih maskulin jika memiliki janggut dengan panjang yang sama. 

5. Long Buzz Cut

menshairstylestoday.com

Model nol buzz cut yang memangkas habis rambut mungkin terkesan terlalu ekstrem bagi banyak orang. Nah, jika kamu berpikir demikian, gaya long buzz cut ini bisa menjadi solusinya. 

Long buzz cut memadukan antara potongan crew cut dengan buzz cut di bagian sampingnya. Gaya ini memiliki potongan yang lebih panjang di bagian atas yang bisa kamu tata dengan pomade untuk menambah volume rambut. 

6. Brush Cut

menshealth.com

Pilihan model buzz cut lain yang masih menyisakan rambut cukup panjang adalah brush cut. Gaya ini hampir mirip dengan potongan crew cut. Namun, jika bagian atas kepala dibuat rata pada potongan crew cut, potongan brush cut ini dibuat lebih bulat dan pendek. 

Gaya tersebut disebut dengan brush cut karena kamu masih bisa menyisir rambut ke depan. Jadi, kamu tidak perlu khawatir akan memotong rambut terlalu tipis. 

7. Undercut Buzz Cut

menshairstylestoday.com

Undercut buzz cut merupakan model potongan rambut buzz cut laki-laki yang memotong sisi belakang dan samping kepala sampai tipis. Sementara itu, bagian atas dipotong sangat pendek. 

Perbedaan potongan bagian atas dan bawah rambut tersebut menjadi ciri khas potongan undercut. Kamu bisa menyesuaikan panjang atau pendek potongan sesuai dengan keinginanmu. 

Namun, jika ingin kesan penampilan yang edgy, maka cukurlah bagian samping ke bawah rambut. Penampilanmu akan terlihat klasik dan berkelas. 

8. Grown-Out Buzz Cut

menshealth.com

Fakta menarik dari potongan buzz cut adalah ketika rambut mulai tumbuh, maka rambut akan terlihat memakai gaya yang baru.

Seperti grown-out buzz cut ini, kamu bisa membiarkan potongan rambut memanjang sehingga akan tumbuh lebih runcing. Meskipun sudah tumbuh memanjang, penampilanmu masih terlihat rapi. 

9. Buzz Cut Taper

menshairstylestoday.com

Berikutnya, model buzz cut taper yang lancip merupakan potongan rambut pendek tanpa memperlihatkan kulit kepala. Gaya ini memadukan antara rambut sisi kepala yang tipis dengan potongan atas kepala yang lancip 

Buzz cut taper akan cocok dipakai laki-laki yang ingin memotong rambut pendek untuk situasi profesional. Kamu akan terlihat rapi dan maskulin dengan potongan ini. 

10. Caesar Buzz Cut

thetrendspotter.net

Tampil dengan potongan rambut panjang sering kali kesulitan untuk menatanya. Kalau kamu ingin model rambut yang simpel dan tetap keren, pertimbangkan untuk memakai gaya caesar buzz cut.

Caesar cut memiliki ciri khas poni pendek dengan sisi-sisi rambut yang tipis. Seperti di atas, bagian samping kanan dan kiri kepala dipotong buzz cut yang tipis, menyisakan poni kecil di atas kepala yang dipotong horizontal. 

11. Burr Buzz Cut

menshealth.com

Model potongan rambut buzz cut laki-laki berikut ini bisa membuat penampilan terlihat maskulin, tetapi lebih lembut. Rambutmu hanya perlu dipotong dengan panjang merata di seluruh kepala. 

Namun, sisakan rambut sedikit sehingga terlihat lebih bertekstur. Untuk mempertahankan model rambut burr buzz cut, kamu perlu mencukurnya secara rutin. Nah, untuk penampilan yang lebih maskulin, kamu bisa menambahkan janggut yang tipis di dagu. 

12. Overgrown Buzz Cut

menhairstylist.com

Potongan buzz cut yang berikutnya ini dilengkapi dengan janggut yang ditumbuhi rambut. Kamu cukup memotong rambut buzz cut dengan model klasik terlebih dahulu, kemudian membiarkannya tumbuh selama satu sampai dua bulan. 

Setelah itu, kamu bisa melihat hasilnya. Potongan ini akan membuatmu tampak begitu maskulin dan tegas, apalagi dengan kumis tipis seperti di atas.

13. Buzz Cut With Line Up

thetrendspotter.net

Jika kamu ingin tampil edgy, maka model potongan rambut buzz cut laki-laki with line up adalah pilihan yang bagus. Model rambut ini bisa kamu sesuaikan dengan preferensimu untuk menemukan garis dan sudut terbaik.

Kamu bisa menempatkan garis pada pelipis, hairline, atau lainnya. Namun, potongan buzz cut with line up biasanya akan dipilih bagi mereka yang sangat percaya diri dan memiliki fitur wajah yang kuat.

14. Off-Duty Buzz Cut

menhairstylist.com

Off-duty buzz cut merupakan jenis potongan tradisional yang santai dan alami. Gaya ini cocok dipakai saat musim panas supaya rambut lebih mudah ditata, dipertahankan dan bisa segera memanjang. 

Bagi kamu yang ingin mencoba potongan buzz cut yang tidak terlalu ekstrem, maka off-duty buzz cut menjadi permulaan yang aman. 

15. Buzz Cut Afro with Temple Fade

thetrendspotter.net

Bagi laki-laki yang memiliki rambut bertekstur afro, memotong rambut bergaya buzz cut with temple fade merupakan jawabannya. Gaya ini akan memudahkan kamu untuk menjaga rambut supaya tidak berantakan. 

Dibandingkan dengan gaya lurus alami, potongan di atas juga akan membuat penampilanmu lebih lembut. Jangan lupa tambahkan fade di sampingnya dan jaga agar tetap pendek supaya rapi. 

16. Clean Buzz Cut

menhairstylist.com

Model potongan rambut buzz cut laki-laki yang satu ini merupakan ide potongan yang diberi garis tepi dan dicukur secara menyeluruh. Akibatnya, potongan clean buzz cut tidak menyisakan ujung yang panjang dan rambut liar yang membuatnya lebih sempurna.

Gaya rambut ini akan cocok dengan wajah yang bersih tanpa janggut maupun kumis. Namun, pastikan wajahmu cocok dengan model ini terlebih dahulu sebelum menerapkannya. 

17. Buzz Cut for Receding Hairline

thetrendspotter.net

Bagi kamu yang memiliki garis rambut surut, potongan rambut buzz cut menjadi pilihan yang bagus. Potongan ini mengurangi kontras antara kepala dan rambut sehingga garis rambut yang surut tidak begitu terlihat. 

Jadi, jika kamu ingin menyembunyikan bagian kepala yang botak, maka pilihlah potongan ini. Bukan hanya bisa mengalihkan perhatian, gaya ini juga akan menampakkan fitur wajah terbaikmu. 

18. Widow’s Peak Buzz Cut

thetrendspotter.net

Widow's peak merupakan garis rambut dengan potongan berbentuk V di tengah dahi. Beberapa orang memilih untuk mencukurnya, tetapi buzz cut bisa menjadi alternatif potongan yang membuatmu lebih mudah menata rambut. 

Model ini bisa mengalihkan perhatian dari garis rambut yang kamu punya menjadi ke bagian depan dan tengah. Kalau kamu memilih potongan buzz cut tradisional, potongan pendek tersebut akan menyatu dengan sisa rambutmu.

19. Military Buzz Cut

fashionbeans.com

Banyak orang yang berpikiran bahwa military buzz cut merupakan cara mencukur rambut kepala dengan rata. Potongan ini merupakan pilihan yang tepat jika kamu ingin mencukur rambut sangat pendek. 

Mintalah penata rambut untuk mencukurnya dengan pisau cukur sehingga kamu bisa memamerkan mahkota aslimu. Dengan potongan khas militer, kamu tidak perlu repot untuk menatanya.

20. Buzz Cut with Beard

fashionbeans.com

Berikutnya, model potongan rambut buzz cut laki-laki ini merupakan cara terbaik untuk tampil seimbang. Potongan tersebut menyisakan rambut pendek di bagian atas sehingga tampak sederhana dan rapi. 

Lalu, tumbuhkan pula janggut dan kumis setebal rambut bagian atas. Dengan buzz cut with beard, kamu bisa tampil seimbang tanpa perlu kesulitan untuk menata rambut lagi. 

21. Fresh Skin Faded Buzz Cut

latest-hairstyles.com

Kalau ingin memiliki rambut yang perawatannya rendah, potongan fresh skin faded buzz cut jadi pilihan yang tepat. Potongan ini membuat gaya fade menjadi high dan tight di bagian atasnya. 

Selain perawatan yang rendah, fresh skin faded buzz juga membuat tampilan lebih clean. Kamu bisa menambahkan pomade untuk bagian atas rambut supaya makin menawan. 

22. Textured Crop Buzz Cut

manofmany.com

Pemilik bentuk wajah oval dan diamond tidak boleh melewatkan gaya buzz cut  yang satu ini. Gaya tersebut memadukan antara textured crop dengan bagian samping dan belakang yang sangat pendek.

Sementara itu, sisi atasnya disisakan rambut untuk membuat gaya spike up. Textured crop buzz cut akan makin sempurna dengan mid skin fade di bagian samping dan belakang.

23. Classic Ivy League Buzz Cut

latest-hairstyles.com

Classic ivy league buzz cut cocok untuk kamu yang ingin penampilan yang rapi, tapi tidak ingin memangkas rambut berlebihan. 

Caranya, cukur bagian samping kepala, lalu tata rambut di bagian atas untuk mendapatkan kombinasi yang tepat. Gaya ini juga bisa ditambah dengan kumis atau janggut untuk penampilan yang lebih proporsional. 

24. Classy Shiny Buzz Cut

haircutinspiration.com

Tampil tangguh tapi tetap berkelas bisa kamu tunjukkan dengan potongan classy shiny buzz cut. Cukup dengan sharp line up dan clean subtle taper fade, penampilanmu akan sangat maskulin. 

Bagian atas model rambut ini memang lebih tebal daripada buzz cut biasanya, tetapi bisa kamu atur dengan menggunakan pomade atau semacamnya. 

25. Low Faded Buzz Cut

haircutinspiration.com

Potongan buzz cut yang terakhir tampak bagus karena volume rambutnya cukup tebal. Gaya ini pun cukup rapi untuk dipakai berbagai situasi.

Kamu bisa memakai gaya ini untuk menyempurnakan tampilan bagian atas kepala dan membuat wajah terlihat lebih muda. 

Itulah 25 model potongan buzz cut laki-laki yang bisa kamu jadikan referensi. Kira-kira, model mana yang akan cocok dengan wajahmu?

IDN Media Channels

Latest from Hair