Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

9 Cara Ikat Rambut Simple tapi Bagus, Nggak Ribet!

Bikin penampilan enggak membosankan

Nafi' Khoiriyah

Penampilan dengan pakaian yang bagus tidak lengkap rasanya jika rambut dibiarkan berantakan begitu saja. Dalam acara yang formal sampai kasual sekalipun, rambut harus tetap ditata rapi sehingga tampak stylish dan keren. 

Kalau kamu berpikir cara ikat rambut yang bagus selalu rumit, maka anggapan itu tidak selalu benar. Sebab, ada banyak cara ikat rambut simple tapi bagus yang bisa kamu coba. 

Berikut ini Popbela.com rangkum deretan model ikat rambut yang bisa kamu pakai untuk berbagai acara. Simak ulasannya ya, Bela!

1. Knotted Ponytail

realsimple.com

Cara ikat rambut simple tapi bagus pertama menggunakan model ponytail yang menjadi andalan banyak perempuan. Rambut kuncir kuda ini bisa kamu terapkan pada rambut yang panjang dengan mudah dan praktis.

Caranya adalah dengan mengikat rambut menjadi kuncir kuda di bagian belakang sekali, lalu tata rambut seperti saat akan membuat sanggul. Kemudian, ikat bagian gulungan kecil supaya membentuk knotted ponytail. Kalau sudah, tarik ujung-ujung gulungan rambut, kemudian ikat dengan pita supaya makin menawan. 

2. Accent braid

womensweekly.com

Model ikat rambut selanjutnya adalah accent braid yang akan membuat penampilanmu makin anggun. Pertama, kamu bisa membuat setengah rambut menjadi kuncir kuda di bagian atas terlebih dahulu, tetapi biarkan sisi kiri atau kanannya tidak terikat. 

Nah, bagian yang tidak terikat itu bisa kamu kepang kecil, lalu lilitkan di sekitar ikatan ponytail supaya tampak lebih menawan. Jangan lupa amankan dengan ikat rambut atau jepit rambut supaya jatuh ke samping. 

3. Pulled Back With a Ribbon

byrdie.com

Pulled back with a ribbon merupakan cara ikat rambut simple tapi bagus yang begitu minimalis. Namun, saat memakainya, penampilanmu akan tampak lebih feminin karena rambut yang dibiarkan tergerai sebagian. 

Untuk membuat model rambut ini, pertama pastikan rambutmu sudah tertata rapi terlebih dahulu. Kemudian, ambil sedikit rambut di bagian kanan dan kiri kepala, kemudian ikat pada bagian belakang kepala menggunakan ikat rambut pita. 

4. The hun

womensweekly.com

Ikat rambut the hun tak jauh beda dengan knotted ponytail, tetapi kamu perlu menyisakan rambut terurai di bawahnya supaya lebih unik. Mula-mula, ambil bagian atas rambut sebagian terlebih dahulu. 

Setelah itu, ikat menjadi model setengah sanggul dan hiasi dengan jepit lingkaran atau ikat rambut pada bagian ikatannya. Setelah itu, jangan lupa rapikan rambut supaya penampilan tetap rapi dan menawan. 

5. Simple twisted

womensweekly.com

Pemilik rambut bergelombang dengan panjang sedang sampai bahu akan cocok dengan model ikat rambut simple twisted. Pemilik rambut lurus pun bisa memakai model rambut ini dengan menggunakan hair spray supaya lebih bertekstur. 

Kalau sudah, kamu tinggal mengambil satu bagian rambut di bagian pelipis kanan dan kirimu. Setelah itu, putar rambut berlawanan ke bawah sampai ke ujungnya. Terakhir, kencangkan putaran tersebut dengan penjepit atau ikat rambut yang kokoh. 

6. Knotted half-updo

womensweekly.com

Model rambut selanjutnya ini memiliki kesan santai dan simpel. Cara menatanya pun mudah, tetapi akan cocok pada rambut yang panjang daripada rambut pendek.

Mulanya, kamu perlu mengambil sebagian rambut ke belakang, kemudian pisahkan menjadi dua. Setelah itu, ikat rambut dengan simpul dasar, kemudian biarkan ujungnya longgar. Setelah itu, kencangkan ujung rambut lainnya dengan jepit rambut supaya tidak mudah lepas. 

7. Topknot

byrdie.com

Topknot merupakan gaya ikat rambut klasik yang cepat dan tampak elegan. Caranya cukup dengan menarik rambut menjadi ekor kuda yang tinggi, lalu ikat ujungnya dengan longgar. Pada sekitar pangkal rambut, kamu bisa mengencangkannya dengan jepitan rambut. 

Model topknot akan membuat ilusi rambut yang lebih penuh dan memberi kesan glamour pada penampilanmu. Terakhir, jangan lupa tambahkan scrunchie untuk mengalihkan perhatian.

8. Elegant Twist

womensweekly.com

Tampil mewah dan sempurna, kamu bisa membuat ikat rambut elegant twist dengan menggunakan ibu jari tangan. Caranya dengan mengambil sebagian rambut paling luar, kemudian membawanya ke belakang. 

Kemudian, lilitkan rambut yang telah disatukan pada ibu jari, kemudian putar ibu jari sampai membentuk lengkungan. Kalau sudah, kaitkan bagian lengkungan dalam dengan hair pins supaya tertata rapi dan cantik. 

9. Braided Topknot

byrdie.com

Nah, cara ikat rambut simple tapi bagus yang terakhir memberikan kesan yang funky dan awet muda. Kamu bisa mudah menirukannya dengan cara mengikat rambut menjadi ekor kuda di atas kepala terlebih dahulu. 

Setelah itu, lanjutkan kepang rambut tersebut, lalu kencangkan ujungnya dengan ikat rambut yang kecil. Kalau sudah, lilitkan di sekitar pangkal rambut yang dibentuk ekor kuda dan tambahkan jepit rambut bila perlu. 

Itulah 9 cara ikat rambut simple tapi bagus yang bisa mendongkrak penampilanmu jadi makin keren. Jadi, model ikat rambut mana yang akan kamu terapkan hari ini? 

IDN Media Channels

Latest from Hair