Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Ini 7 Tips Mudah untuk Merawat Rambut Rusak

Kembalikan keindahan mahkotamu, Bela

Jennifer Alexis

Rambut adalah mahkota perempuan. Setuju kan? Oleh karena itu, segala cara pasti dilakukan untuk membuat rambut tetap terlihat indah. Namun, seringnya menggunakan alat penata rambut yang panas, paparan sinar matahari, hingga produk pewarnaan rambut membuat rambut menjadi rusak. Lalu, bagaimana cara merawat rambut rusak bisa kembali sehat? Simak di bawah ini yuk!

1. Memilih sampo yang cocok

Popbela/HEAD & SHOULDERS

Ini nih yang utama Bela, memilih sampo yang cocok. Sampo yang berguna membersihkan rambut memiliki peran penting dalam mengembalikan kesehatan rambut. Diperlukan sampo yang dapat membantu merawat serta melembabkan kulit kepala dan rambut. Agar rambut sehat, tidak mudah rontok, serta terkunci kelembapannya dan tidak kusam. Sehingga rambut tampak berkilau dan terasa lebih lembut.

Popbela sarankan kamu untuk mencoba sampo yang satu ini, HEAD & SHOULDERS Suprême Anti-Hair Fall Shampoo yang mengandung Argan Crème⁺, ekstrak madu, minyak argan, ZPT, dan kondisioner. Argan, diambil dari tree of life di Moroko, dikenal sebagai bahan alami untuk melembabkan kulit dan rambut. Formula tersebut jugamembantu mengunci kelembaban kulit kepala dan rambut, juga memperbaiki rambut kusam sehingga sehingga rambut tampak berkilau dan terasalebihlembut.

2. Rajin menggunakan masker rambut

pinterest.com

Penggunaan masker juga bisa membuat rambut rusak jadi lebih sehat lho. Kamu bisa menggunakan masker alami yang terbuat dari lidah buaya, alpukat, atau madu. Lakukanlah minimal dua kali seminggu agar rambutmu kembali halus.

3. Selalu memakai kondisioner

pinterest.com

Untuk kamu yang memiliki rambut rusak, penggunaan kondisioner wajib hukumnya. Selalu gunakan setiap sehabis keramas. Cukup aplikasikan dari bagian tengah rambut hingga ke ujung, lalu diamkan selama beberapa menit agar kondisioner dapat meresap.

4. Jangan lewatkan penggunaan vitamin rambut

pinterest.com

Cara merawat rambut rusak yang selanjutnya adalah vitamin. Vitamin rambut juga nggak kalah penting lho. Produk yang biasanya berbentuk minyak ini mengandung banyak vitamin dan kandungan lain yang dapat mengembalikan kesehatan rambutmu. Gunakanlah dalam keadaan rambut masih setengah kering atau sebelum tidur.

5. Rutin melakukan trimming rambut

pinterest.com

Salah satu cara yang paling mudah dalam memperbaiki rambut yang rusak adalah dengan melakukan trimming. Trimming sendiri merupakan pemotongan pada ujung rambut, biasanya satu hingga dua senti. Hal ini berguna untuk membuang ujung rambut yang pecah dan bercabang tanpa mengubah bentuk rambut.

6. Menghindari alat penata rambut yang panas

pinterest.com

Rambut yang rusak biasanya rentan terhadap panasnya alat penata rambut. Jadi, ada baiknya kamu mengurangi penggunaan alat-alat tersebut. Namun, jika memang harus menggunakannya, agar tidak semakin rusak, pastikan kamu menggunakan serum atau heat protector sebelum menata rambutmu.

7. Jangan terlalu sering keramas

pinterest.com

Keramas terlalu sering ternyata bukan berarti membuat rambutmu jadi semakin bersih lho. Justru, hal ini akan membuat akar rambutmu jadi lebih mudah lepek, namun akan terasa kering dan kasar di bagian batang rambut. Cukup keramas dua hari sekali agar rambutmu tidak semakin rusak.

Itulah tujuh cara merawat rambut rusak, semoga artikelnya bermanfaat!

IDN Media Channels

Latest from Hair