Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Cara Cepat dan Mudah Memperbaiki Rambut Rusak

Coba praktekkan yuk!

Jennifer Alexis

Rambut adalah mahkota perempuan. Setuju kan? Oleh karena itu, segala cara pasti dilakukan untuk membuat rambut tetap terlihat indah. Namun, seringnya menggunakan alat penata rambut yang panas, paparan sinar matahari, hingga produk pewarnaan rambut membuat rambut menjadi rusak. Lalu, bagaimana cara memperbaiki rambut rusak agar kembali sehat? Simak di bawah ini yuk!

1. Memilih sampo yang cocok

marinobambinos.com

Sampo yang berguna membersihkan rambut memiliki peran penting dalam mengembalikan kesehatan rambut. Pilihlah rambut yang ditujukan untuk rambut rusak. Kamu bisa mencoba menggunakan sampo dengan label moisturizing agar rambutmu terjaga kelembapannya.

2. Rajin menggunakan masker rambut

amormagazine.com

Penggunaan masker juga bisa membuat rambut rusak jadi lebih sehat lho. Kamu bisa menggunakan masker alami yang terbuat dari lidah buaya, alpukat, atau madu. Lakukanlah minimal dua kali seminggu agar rambutmu kembali halus.

3. Selalu memakai kondisioner

womenitems.com

Untuk kamu yang memiliki rambut rusak, penggunaan kondisioner wajib hukumnya. Selalu gunakan setiap sehabis keramas. Cukup aplikasikan dari bagian tengah rambut hingga ke ujung, lalu diamkan selama beberapa menit agar kondisioner dapat meresap.

4. Jangan lewatkan penggunaan vitamin rambut

livinginmakeup.com

Vitamin rambut juga nggak kalah penting lho. Produk yang biasanya berbentuk minyak ini mengandung banyak vitamin dan kandungan lain yang dapat mengembalikan kesehatan rambutmu. Gunakanlah dalam keadaan rambut masih setengah kering atau sebelum tidur.

5. Rutin melakukan trimming rambut

fashioinbox.com

Salah satu cara yang paling mudah dalam memperbaiki rambut yang rusak adalah dengan melakukan trimming. Trimming sendiri merupakan pemotongan pada ujung rambut, biasanya satu hingga dua senti. Hal ini berguna untuk membuang ujung rambut yang pecah dan bercabang tanpa mengubah bentuk rambut.

6. Menghindari alat penata rambut yang panas

samvilla.org

Rambut yang rusak biasanya rentan terhadap panasnya alat penata rambut. Jadi, ada baiknya kamu mengurangi penggunaan alat-alat tersebut. Namun, jika memang harus menggunakannya, agar tidak semakin rusak, pastikan kamu menggunakan serum atau heat protector sebelum menata rambutmu.

7. Jangan terlalu sering keramas

pinterest.com

Keramas terlalu sering ternyata bukan berarti membuat rambutmu jadi semakin bersih lho. Justru, hal ini akan membuat akar rambutmu jadi lebih mudah lepek, namun akan terasa kering dan kasar di bagian batang  rambut. Cukup keramas dua hari sekali agar rambutmu tidak semakin rusak.

Itulah beberapa cara memperbaiki rambut rusak yang mudah. Semoga artikelnya bermanfaat!

IDN Media Channels

Latest from Hair