Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Agar Tetap Sehat, Ini 7 Tips Merawat Rambut Ikal

Menjaga rambut ikal tetap sehat dan bervolume

Popbela.com

Merawat rambut ikal caranya memang cukup tricky. Caranya sederhana namun harus dilakukan rutin dan hati-hati. Hal ini dilakukan agar rambut tak mudah rontok dan juga tetap memiliki volume agar terlihat indah.

Bagi kamu yang memiliki rambut ikal, langsung saja ikuti cara mudah merawat rambut ikal ini. Bisa jadi kamu sudah melakukannya selama ini, namun bisa juga ada hal yang luput kamu lakukan.

1. Gunakan sampo yang melembapkan

Shutterstock/TORWAISTUDIO

Kamu harus mencari sampo yang akan melembapkan rambut dan kulit kepala. Hal ini diperlukan untuk menutrisi kepala dan menjaga rambut dari ketombe ataupun kerontokan. Bagi para pemilik rambut ikal, kelembapan adalah hal yang paling penting. 

Untuk menjaga kelembapan alami rambut juga tak disarankan mencuci rambut terlalu sering. Keramas terlalu sering bisa menghilangkan minyak alami pada rambut.

2. Selalu gunakan conditioner

hollywoodhairdesignii.com

Jangan pernah meremehkan penggunaan conditioner. Selain sampo yang melembapkan, conditioner juga memiliki peran penting untuk menjaga kelembapan rambut. Selain itu, conditioner akan mempermudah kamu untuk menata rambut setelah rambut kering.

3. Keramas menggunakan air dingin

allthingshair.com

Mencuci rambut dengan air dingin akan membantu menjaga kelembapan rambut. Pada saat menggunakan air dingin, pori-pori di kepala akan cenderung menjadi lebih kecil dan hal itu membantu mengunci kelembapan rambut.

4. Sisir menggunakan jari

kristenwicce.com

Setelah selesai keramas atau mencuci rambut sebaiknya kamu tak menggunakan sisir terlebih dahulu. Kamu cukup menggunakan tangan saja untuk menata rambut. Menggunakan sisir setelah keramas bisa membuat rambut lebih mudah rontok.

5. Gunakan sisir yang bergigi jarang

Freepik.com

Apabila kamu ingin menyisir rambut sebaiknya menggunakan sisir yang memiliki gigi yang berjarak. Penggunaan sisir ini akan menjaga bentuk dan volume rambut kamu sekaligus membuat rambut tidak mudah rontok.

6. Gunakan handuk yang lembut

Reddit.com/Jackinmybox

Gunakan handuk yang lembut ketika mengeringkan rambut kamu. Ini juga dilakukan untuk mencegah kerontokan. Saat mengeringkan rambut juga lakukan dengan perlahan dan jangan menggesek atau menarik rambut terlalu keras.

7. Kurangi penggunaan hair dryer

Freepik.com

Menggunakan hair dryer yang memiliki suhu panas bisa membuat rambut menjadi kering. Hal ini akan berdampak buruk bagi  rambut ikal. Kamu bisa menggunakan hair dryer sesekali. Jika ingin hasil yang olebih maksimal dan menjaga volume rambut kamu coba gunakan pengering dengan diffuser.

IDN Media Channels

Latest from Hair