Nama Sam Smith mungkin sudah nggak asing di telingamu, Bela. Selain dikenal dengan lagu-lagunya yang menyentuh, kisah asmaranya dengan Brandon Flynn juga menarik untuk dibahas. Penyanyi asal Inggris ini memang diketahui telah berpacaran dengan kekasihnya sejak 2017 lalu. Sayangnya, hubungan yang telah terjalin selama 9 bulan ini harus putus lantaran kesibukan masing-masing sebagai artis, seperti dilansir dari The Sun. 

Beralih dari kabar putusnya dari Brandon Flynn, Sam Smith memang dikenal sebagai penyanyi yang lagu-lagunya sukses bikin baper, apalagi jika diputar saat baru putus cinta. Kali ini, Popbela sudah merangkum lagu-lagu Sam Smith yang menunjukkan fase saat seseorang putus cinta. Keep scrolling, Bela!

1. Fase pertama – sakit hati (Stay With Me dan Life Support)

Ketika kamu baru saja putus cinta, rasanya sangat menyakitkan dan membuatmu nggak berhenti menangis. Dua lagu Sam Smith ini dirasa sempurna untuk menggambarkan perasaanmu saat ini. Lagu berjudul Stay With Me bercerita tentang perasaan rindu pada seseorang yang nggak bisa kamu miliki kembali. Sedangkan lagu Life Support ini menggambarkan perasaan kalau kamu hanya bisa bahagia bersama si dia. Namun, kamu tahu kalau dia sudah hilang dan cinta kalian sudah berakhir. Menangislah jika itu membuatmu merasa lebih baik, Bela.

2. Fase kedua – penyesalan (Burning dan Lay Me Down)

Ketika kamu masuk dalam fase penyesalan dan merasa kamu malah ingin balikan lagi sama si dia, maka dengarkan dua lagu ini, Bela. Lagu bertajuk Burning ini bercerita kalau Sam Smith akan balikan lagi jika mantan kekasihnya ini menghubunginya kembali. Sedangkan lagu Lay Me Down ini membuatmu jadi teringat pada kenanganmu pada si dia dan membuatmu ingin kembali menjalin kasih dengan sang mantan. 

3. Fase ketiga – marah (Restart dan Nothing Left For You)

Fase ketiga ini adalah titik di mana perasaanmu berubah menjadi marah dan nggak mau lagi berurusan dengan si dia. Lagu Sam Smith yang berjudul Restart ini bercerita tentang mantan yang mencoba menghubungimu dan berharap bisa menjalin kasih kembali, tapi kamu tahu kalau hubungan kalian sudah selesai untuk selamanya. Sedangkan lagu Nothing Left For You ini adalah titik di mana kamu menyadari kalau dirimu jatuh cinta pada orang yang salah. Bukan kamu yang menyesal putus darinya, tapi dialah yang rugi karena kehilanganmu.

4. Fase keempat – balas dendam (One Last Song)

Kemarahan yang kamu rasakan mungkin akan berujung rasa ingin membalas perbuatannya yang telah menyakitimu. Tapi, haruskah kamu benar-benar balas dendam padanya? Tentunya bukan itu, Bela. Melalui lagu One Last Song ini, Sam Smith mengatakan kalau balas dendam terbaik pada mantan yang telah menyakitimu ialah dengan melupakannya dan nggak mau berurusan lagi dengannya. Untuk apa membalas dendam, padahal mantanmu kini saja sudah nggak lagi menghargai kesedihan yang kamu rasakan.

5. Fase kelima – menerima kenyataan (Too Good At Goodbyes dan I’m Not The Only One)

Tahapan terakhir ialah saat kamu akhirnya bisa menerima kenyataan kalau hubunganmu dengan si dia sudah berakhir. Kamu sudah mengikhlaskannya dan memilih untuk membuat hidupmu lebih baik tanpanya. Jika kamu putus karena mantanmu ini berselingkuh, maka dua lagu ini pas banget untukmu. Yeay! Akhirnya kamu berhasil melewati fase putus cinta ini dengan baik, Bela.

Di antara deretan lagu Sam Smith ini, mana yang jadi favoritmu, Bela?

BACA JUGA: Sam Smith Umumkan Tanggal Rilis Album Terbaru dan Jadwal Konsernya