Saat bicara tentang kecantikan, secara nggak langsung hal yang muncul di pikiran kita adalah figur wanita yang seperti model. Tinggi, langsing, kulit mulus dan rambut panjang. Tapi apa jadinya kalau orang yang berprofesi sebagai model justru bersikap sebaliknya? Ya, Cara Delevingne memang sudah memutuskan untuk keluar dari dunia modelling sejak tahun 2015 lalu. Bukan karena kesibukan, Cara jenuh dengan bidang yang membuat dia nggak bisa menjadi diri sendiri. Baru-baru ini, Cara sempat menyita perhatian dunia karena tampilan barunya yang mencolok. Seperti yang ditulis People, dia baru saja mencukur habis rambut panjangnya menjadi botak demi sebuah peran dalam film terbarunya, Life in a Year.

Secara terang-terangan, adik dari Poppy Delevingne ini menentang definisi cantik yang masih dipercaya oleh sebagian besar orang. “Sangat melelahkan jika diberitahu bagaimana rupa kecantikan itu. Aku lelah dengan bagaimana masyarakat mengartikan kecantikan untuk kita. Lepaskan baju, hapus makeup, potong rambut. Hilangkan semua yang menjadi milikmu. Siapa kita? Bagaimana kita mengartikan kecantikan? Apa yang menurut kita cantik?”, tulisnya di Instagram.

Pesan dari Cara yang harus didengar oleh banyak wanita adalah bagaimana kita mencintai diri sendiri seutuhnya. “Semakin kita mencintai siapa diri kita sebagai manusia dan nggak mengandalkan atribut, maka kita semakin berdaya. Kecantikan seharusnya nggak diartikan semudah itu. Kecantikan itu nggak ada batasnya,” sambil menunjukkan foto dirinya saat menghadiri Met Gala 2017 beberapa waktu lalu.

Lihat kan, Bela? Wanita yang berbicara seperti itu adalah mantan model yang dulunya sangat dipuji-puji karena kecantikannya. Sebagai wanita tentu sangat senang ketika dipuji cantik. Sepintas kita akan berpikir mengapa Cara memilih berhenti menjadi model, apakah dia sudah nggak ingin disebut cantik? Faktanya, ‘kebahagiaan fana’ yaitu dibilang cantik tapi mengorbankan diri bahkan harus menjadi orang lain telah membuatnya muak. 

Cara Delevingne Menolak 'Tampil Cantik', Kalau Kamu?www.latestupdatenews.com

Kalau menurut kamu sendiri gimana, Bela? Apakah menjadi orang lain adalah harga yang setimpal untuk menerima label ‘cantik’?

BACA JUGA: Belajar dari Pengalaman, Ternyata Cantik Itu Bukan tentang Ukuran Tubuh