Mengenal Discord, Viral karena Dipakai untuk Selingkuh

Apa saja fitur unggulan aplikasi Discord?

Mengenal Discord, Viral karena Dipakai untuk Selingkuh

Follow Popbela untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow Whatsapp Channel & Google News

Kabar perselingkuhan lagi-lagi membuat netizen heboh. Kali ini, kreator konten Ibok Kavi atau Ira Nandha jadi korban. Suaminya, Elmer Syaherman, yang berprofesi sebagai pilot kedapatan memiliki hubungan gelap dengan seorang pramugari bernama Bella Damaika. Keduanya selama ini diam-diam berkomunikasi lewat aplikasi Discord.

Kejadian ini menambah daftar panjang aplikasi yang tak disangka akan dipakai untuk berselingkuh. Kira-kira apa saja fitur Discord yang membedakannya dengan aplikasi lain, ya? Simak rangkuman informasi berikut.

1. Discord diluncurkan pada 2015

Mengenal Discord, Viral karena Dipakai untuk Selingkuh

Discord merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh Jason Citron dan baru diluncurkan pada 2015. Tujuan awal aplikasi ini adalah menjadi sarana komunikasi pemain game komputer yang tidak mengganggu jalannya permainan. Ide ini berangkat dari keinginannya untuk membuat layanan voice over internet protocol (VoIP) yang ramah pengguna.

Seiring berjalannya waktu, Discord terbukti menjadi platform yang menunjang komunikasi para gamers. Per Juni 2020, aplikasi ini tercatat punya 100 juta pengguna aktif per bulan karena juga dapat dibuka melalui ponsel. Penggunanya kini berasal dari berbagai kalangan karena aplikasi dapat terhubung langsung dengan Twitch, Reddit, Steam, Spotify, Facebook, hingga XBOX Live. Topik obrolan komunitasnya pun kini kian beragam, tak cuma terpaku kepada game.

2. Fitur perpesanan Discord

Tak seperti Instagram, TikTok, atau Twitter (X) yang berinteraksi dengan pengguna lain berbasis timeline, Discord membuatnya menjadi grup tersendiri berdasarkan minat. Grup tersebut lebih dikenal dengan sebutan Server. Untuk bergabung, kamu bisa meminta tautan undangan atau membuat server sendiri.

Di dalam Server, ruang obrolan masih terbagi ke dalam beberapa bagian yang dinamakan Channel. Hal ini biasanya dimanfaatkan untuk mengelompokkan jenis obrolan yang relevan, misalnya khusus tanya jawab, berbagi tips, wadah berkenalan dengan anggota lain, dan masih banyak lagi.

Di ruang ini, pengguna bisa berkomunikasi dengan media teks, suara, gambar, gif, dokumen, hingga share screen seperti panggilan Zoom. Ini dia ikon-ikon penting yang wajib diketahui pengelola Channel di dalam suatu Server.

  • Tanda "+" adalah untuk membuat Channel baru berbentuk teks atau suara.
  • Tulisan "Text Channel" dan "Voice Channel" adalah "Kategori".
  • Ikon "#" dan "Loudspeaker" menjadi penanda jenis Channel. "#" untuk teks, dan "Loudspeaker" untuk suara.
  • Ikon "orang dengan tanda +" digunakan untuk mengundang orang ke Channel, sedangkan tanda "roda gear" untuk mengatur Channel.

Namun, ada pula fitur pesan pribadi yang memungkinkan dua pengguna berbalas pesan. Fitur inilah yang dipakai oleh Elmer Syaherman dan Bella Damaika untuk berkomunikasi. Sebagaimana fitur pesan pada umumnya, di sini pengguna bisa mengirim pesan teks, foto, video, emoji, pesan suara, dan gift khusus pelanggan Discord Nitro.

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here