Perkenalkan "Whoosh", Nama Resmi Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Nama yang bisa diterima secara lokal dan internasional

Perkenalkan "Whoosh", Nama Resmi Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Follow Popbela untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow Whatsapp Channel & Google News

Beberapa tahun belakangan ini, transportasi umum di pulau Jawa tengah mengalami transformasi yang signifikan. Dimulai dengan adanya MRT, LRT, hingga kereta cepat Jakarta-Bandung. Kereta cepat itu akhirnya memiliki nama resmi yang telah disepakati oleh pemerintah pada Kamis (21/09), yakni WHOOSH.

Pemilihan nama itu bukan tanpa alasan. Selain menggambarkan kereta yang melaju cepat, WHOOSH juga diharapkan menjadi nama yang mudah diingat oleh masyarakat Indonesia maupun internasional. Simak arti dan proses pemilihan nama kereta cepat Jakarta-Bandung tersebut di sini.

Gambarkan kecepatan

Perkenalkan "Whoosh", Nama Resmi Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) akan melintasi empat stasiun dari Halim, Jakarta Timur hingga Tegalluar, Bandung dengan kecepatan hingga 350 km/jam. Karena tingginya kecepatan kereta tersebut, pemerintah sepakat untuk menamai KCJB dengan nama WHOOSH. Nama ini terpilih saat konferensi pers Kandidat Nama dan Logo Kereta Cepat Indonesia yang diadakan Kamis (21/09) kemarin.

"Saya sendiri terkejut dapat kata WHOOSH, saya terperangah. Oh, bagus juga ya," ujar Budi Karya Sumadi selaku Menteri Perhubungan.

Sebuah akronim

Mendengar kata WHOOSH pertama kali, orang-orang pasti akan langsung terngiang dengan efek suara ketika sesuatu bergerak cepat. Namun, WHOOSH sebagai nama KCJB bukan hanya menggambarkan suatu kecepatan, melainkan sebagai akronim juga.

WHOOSH merupakan akronim dari Waktu Hemat, Operasi Optimal, Sistem Handal. Namun selain oleh masyarakat Indonesia, akronim ini juga diharapkan bisa diingat oleh masyarakat internasional karena istilah ini bisa diartikan dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris sekaligus.

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here