Ubah Kata Handal Jadi Hebat, Nama Whoosh Kini Sesuai KBBI

Whoosh KCJB resmi beroperasi 2 Oktober 2023

Ubah Kata Handal Jadi Hebat, Nama Whoosh Kini Sesuai KBBI

Follow Popbela untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow Whatsapp Channel & Google News

Huru-hara dari kepanjangan nama Whoosh yang dicanangkan sebagai Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB), akhirnya mengalami perubahan. Sebagai informasi, awalnya Whoosh adalah singkatan dari 'Waktu Hemat, Operasi Optimal, Sistem Handal'. 

Perubahan kata 'handal' menjadi 'hebat'

Ubah Kata Handal Jadi Hebat, Nama Whoosh Kini Sesuai KBBI

Namun, dalam peresmian bersama Presiden Jokowi, Whoosh sekarang adalah singkatan dari 'Waktu Hemat, Operasi Optimal, Sistem Hebat'. Perubahan kata 'handal' menjadi 'hebat', karena banyak pihak yang berkomentar mengenai kata yang tidak sesuai KBBI, di mana seharusnya 'andal' bukan 'handal'. 

“W-H-O-O-S-H, dibaca ‘wus’. Ini diinspirasi dari suara yang melesat dari kereta berkecepatan tinggi ini, dan singkatan dari Waktu Hemat, Operasi Optimal, Sistem Hebat,” pungkas Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), pada Senin (2/10/2023).

Perubahan nama dianggap masih wajar

Di sisi lain, Eva Chairunisa selaku GM Corporate Secretary PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC), mengungkapkan alasan kata 'handal' diganti dengan 'hebat' adalah improvisasi. Mengingat, kepanjangan 'handal' sebelumnya belum ditetapkan secara resmi, sehingga dianggap lumrah jika ada perubahan. 

Diketahui sebelumnya, nama Whoosh dipilih melalui sayembara yang dilakukan tim penilai. Tim tersebut, diketuai oleh Triawan Munaf pada bulan Juli 2023, yang mana diikuti oleh 10 agensi.

Dari 10 agensi, dipilih 3 finalis karya terbaik, yang selanjutnya dinilai untuk penentuan satu karya yang terbaik. Pemilihan 'Whoosh' berasal dari suara lesatan kendaraan cepat yang sering diucapkan di kalangan masyarakat. 

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here