Aksi Kartini Medis, Edukasi Kesehatan di Pelosok Indonesia

TikTok sorot upaya tenaga kesehatan di Papua

Aksi Kartini Medis, Edukasi Kesehatan di Pelosok Indonesia

Follow Popbela untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow Whatsapp Channel & Google News

TikTok sebagai ruang kreatif yang inklusif, terus menjadi platform bagi para kreator. Termasuk, para kreator perempuan untuk saling terhubung, menginspirasi, dan memberikan semangat positif kepada komunitas perempuan di Indonesia dalam berbagai sektor. 

TikTok soroti tenaga medis perempuan di Papua

Aksi Kartini Medis, Edukasi Kesehatan di Pelosok Indonesia

Di antaranya, para kreator perempuan yang berada di bidang kesehatan. Berangkat dari situasi tersebut, dalam rangka memperingati Hari Kartini setiap 21 April, TikTok menyorot dua kreator perempuan, dr.Amira, SpOG dan Wike Afrilia Patungka, pada Jumat (19/04/2024).

TikTok menengok bagaimana upaya keduanya, meningkatkan literasi kesehatan perempuan Indonesia melalui profesi, edukasi, dan advokasi mereka di bidang kesehatan. Dalam diskusi virtual bersama media, kedua kreator ini berbagi pengalaman mereka melayani para perempuan di Papua. Termasuk, mengatasi tantangan kesehatan yang ada di wilayah tersebut.

Edukasi kesehatan melalui platform TikTok

Bila mengetahui sosok dr.Amira, SpOG, dikenal publik sebagai dokter spesialis Obstetri dan Ginekologi di Fakfak, Papua Barat. Ia aktif membagikan konten edukatif mengenai kesehatan reproduksi, dan kehamilan di TikTok guna memberikan edukasi kepada masyarakat, terutama perempuan, terkait dengan kesehatan seksual. 

Menurut dr. Amira, platform digital seperti TikTok membantu tenaga kesehatan seperti dirinya untuk menyampaikan edukasi kesehatan untuk bagi para perempuan di Indonesia.

"Dokter itu punya beberapa tugas, antara lain preventif dan promotif. TikTok memberikan kesempatan besar untuk menjadi wadah bagi tugas tersebut dimana dokter bisa mengamalkan ilmunya lewat TikTok. Banyak pasien di daerah yang mungkin akses internetnya kurang baik, tetapi hal pertama yang mereka coba buka ketika mendapatkan akses tersebut salah satunya adalah TikTok untuk mendapatkan informasi. Hal ini menunjukan bagaimana TikTok telah menjadi platform informasi yang dapat diakses dan mengedukasi banyak masyarakat di Indonesia," pungkas dr. Amira, dalam diskusi virtual bersama media, pada Jumat (19/04/2024).

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here