10 Badai Topan Paling Mematikan yang Pernah Terjadi

Tewaskan ratusan orang dan picu kerusakan infrastruktur

10 Badai Topan Paling Mematikan yang Pernah Terjadi

Follow Popbela untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow Whatsapp Channel & Google News

Angin topan merupakan bencana alam yang cukup berbahaya. Kekuatan anginnya yang dahsyat mampu memporakporandakan yang ada di dekatnya. Kehadiran angin topan mirip dengan angin kencang. Bedanya, angin topan memiliki daya pusaran angin yang sangat kencang hingga mencapai 120 km sampai 250 km per jam.

10 peristiwa angin topan di bawah ini tercatat sebagai tragedi paling mematikan di dunia. Bukan hanya menghancurkan rumah dan bangunan di sekitarnya, tragedi ini juga telah memakan korban jiwa.

10. Topan Amy

10 Badai Topan Paling Mematikan yang Pernah Terjadi

Topan Amy merupakan topan terbesar Nomor 10 yang pernah terjadi pada 27 April-7 Mei 1971. Kecepatan topan ini mencapai kecepatan 172 mph atau setara dengan 276,8 kph.

Badai angin ini menyerang kawasan Namonuito Atoll di negara federasi Mikronesia. Setidaknya, sekitar 2.250 rumah hancur akibat keganasan topan tersebut. Sedangkan 500 orang tewas dan kerugian materil mencapai US$30 juta dalam tragedi tersebut.

9. Topan Ida

Hurikan Ida pertama kali terjadi pada 18-31 Agustus 1954. Tak tanggung, angin ini mampu menerjang sampai kecepatan 173 mph per jam atau setara dengan 278 kph, jelas laman ThoughtCo.

Badai ini masuk ke dalam hurikan kategori 4 dan mampu menghancurkan atap dan mencabut tiang-tiang listrik. Saking derasnya, badai ini mampu mendorong gelombang air, mampu menyapu rumah dan serta merobek perahu dan tongkang dari tambatannya. Mengerikan!

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here