Setiap orang punya karier impiannya masing-masing. Namun, sering kali kamu membicarakan karier orang lain dengan teman. Ada saja yang menurutmu nggak sesuai. Menurutmu harus begini dan begitu karena berbagai macam alasan. Sebaiknya kamu menghentikan kebiasaan ini dan simak alasannya.

1. Nggak ada gunanya

 
Masih banyak hal yang harus kamu lakukan agar keinginanmu tercapai. Ada baiknya untuk membuang kegiatan yang kurang perlu, seperti mengurusi perjalanan karier temanmu. Kegiatan ini nggak ada pengaruhnya dengan kamu. Bisa jadi ini hanya menimbulkan sikap yang negatif seperti kurang bersyukur dan rasa iri. Buat apa membicarakan yang nggak ada sangkut pautnya dengan kamu? Rutinitas harian bisa-bisa nggak lancar gara-gara hal ini.

2. Hal yang mengecewakan

 
Kalau kamu pernah merasakan, dibandingkan dengan orang lain yang dianggap lebih bukanlah hal yang menyenangkan. Apapun faktornya. Ini bisa membuat diri sendiri merasa kecewa, jengkel, hingga putus asa. Oleh karena itu, ada baiknya untuk nggak membandingkan teman sendiri dengan siapapun. Karena, rasa yang diterima itu membuat nggak nyaman. Kalau memang mau memberi dukungan, masih ada banyak cara yang bisa dilakukan.

3. Sangat membuang waktu

 
Pekerjaan adalah hal yang sensitif. Berapa banyak waktu yang akan kamu habiskan untuk membahas hal yang cukup sensitif dan tanpa tujuan ini. Kamu bisa melakukannya selama berhari-hari. Kalau kamu melakukannya bisa jadi ini tanda bahwa kamu mengalami kemunduran dan kurang bisa menerima keadaan. Kalau sedang berkumpul dengan teman lama maupun orang baru ada baiknya untuk membahas hal yang membuat semangat dan kreatif. Kamu juga bisa membentuk diri yang lebih baik dengan kebiasaan positif.

4. Bukan ukuran kesuksesan

 
Dalam hal membandingkan, kamu memang bisa merasa lebih sukses atau sebaliknya. Tapi, ini hanya asumsimu saja. Orang lain tentu punya tolak ukur yang berbeda. Kalau kamu sudah mengetahui, ada baiknya lekas dihentikan karena nggak akan ada habisnya. Kalau kamu lantas memaksakan mereka supaya cocok dengan ini dan itu rasanya bukan tindakan yang bijak. Karena setiap orang punya cara tersendiri untuk mewujudkan kesuksesannya. Kamu juga nggak bisa memaksa orang untuk ikut definisi sukses seperti yang kamu kehendaki.

5. Nggak seperti apa yang terlihat

 
Semakin dewasa, kamu pasti memahami bahwa ada usaha untuk mewujudkan kalau punya pekerjaan. Dan, itu bukan hal yang sepele. Memang mencapai tujuan setiap orang punya jalan yang berbeda-beda. Ada yang cukup mudah, ada yang butuh usaha sangat keras. Pencapaian seseorang nggak bisa dilihat dengan kasat mata usahanya. Dan, kamu nggak mungkin mengawasi satu per satu usaha yang dilakukannya. Cukup dengan memintanya berbagi pengalaman, kalau mereka bersedia.

Jadi, kamu sudah nggak mau lagi kan membandingkan profesi dan karier?

BACA JUGA : Ini 3 Alasan Kenapa Kamu Tidak Boleh Meremehkan Karier Orang Lain