Mencari pekerjaan memang susah, mulai dari melamar secara mandiri hingga mengikuti job fair. Itu pun harus bersaing dengan banyak orang. Apalagi ketika Ramadan tiba, tentu rasanya kamu akan lebih susah untuk mendapatkan panggilan wawancara. Untuk itu, tips ini bisa membantu kamu yang ingin melamar kerja saat Ramadan

Mencari Kerja Saat Ramadan? Kamu Wajib Perhatikan 5 Hal Ini
 
Melamar dan mencari pekerjaan saat Ramadan memang agak berisko untuk diabaikan. Tapi, kamu jangan patah semangat dulu. Kalau memang masih ada waktu melamar, lakukanlah. Tidak ada salahnya untuk memasukkan lamaran sebelum jam makan siang. Perekrut pun bisa saja langsung memeriksa dokumen lamaran. Selain itu, konsentrasi mereka juga masih segar dan belum ditumpuk dengan permasalahan yang lebih baru lagi.
 
Mencari Kerja Saat Ramadan? Kamu Wajib Perhatikan 5 Hal Ini
 
Harus diakui bahwa rasa malas lebih cepat datang saat bulan puasa. Untuk itu, ada baiknya kamu mengubah desain CV, resume, dan portofolio agar lebih ringkas dan menarik. Hindari untuk membuat terlalu panjang, karena membosankan dan kurang menarik untuk dibaca. Kamu juga bisa menuangkan sisi kreatifmu dalam membuat dokumen lamaran kerja tersebut. Hindari untuk membiarkan kesalahan kecil tapi mengganggu yang ada dalam dokumen.
 
Mencari Kerja Saat Ramadan? Kamu Wajib Perhatikan 5 Hal Ini
 
Di dalam hati pasti ada rasa ragu untuk memasukkan lamaran kerja pada bulan Ramadan. Jangan ragu, lakukan saja kalau kamu yakin. Hindari untuk berpikir yang macam-macam. Persiapkan saja diri dan dokumen dengan baik. Sebab, kamu wajib terus mencoba karena pekerjaan tidak akan menghampirimu begitu saja. Perekrut pun pastinya sudah memperkirakan apabila perusahaannya membuka lowongan kerja saat Ramadan. Jadi, kamu pun jangan khawatir.
 
Mencari Kerja Saat Ramadan? Kamu Wajib Perhatikan 5 Hal Ini
 
Walaupun sedang bulan Ramadan, perekrut tetap melakukan tugasnya. Ia tidak segan untuk mengecek beberapa media sosial calon karyawan yang melamar. Atau bahkan mencari namamu melalui mesin pencari. Untuk itu, hindari untuk melakukan hal-hal yang kurang baik. Ada baiknya juga kamu menghapus konten yang mengandung persoalan sensitif dan foto pribadi yang terlalu vulgar. Sebab, perusahaan diam-diam bisa mengakses profil media sosialmu, walaupun telah kamu privat. Jangan lupa, perbaiki juga Linkedin.
 
Mencari Kerja Saat Ramadan? Kamu Wajib Perhatikan 5 Hal Ini
 
Mencari relasi sepertinya lebih mudah daripada harus berusaha menjalin hubungan baik dengan mereka. Kesibukan dan pekerjaan yang dinamis membuatmu mudah untuk dekat dengan orang-orang yang inspiratif. Mereka tidak akan mengenalimu kalau kamu hanya sekedar angin lalu. Tidak ada salahnya untuk saling bertukar ide dan ikut kumpul. Mereka juga tidak segan untuk memberitahu kalau ada beberapa lowongan di kantornya.

 

BACA JUGA : Pilih Mana, Bekerja Sesuai Passion Atau Gaji yang Tinggi?