Bela, tidak terasa sebentar lagi kita akan bertemu dengan bulan yang penuh keberkahan. Untuk itu kita perlu menyambutnya dengan cara mempersiapkan diri sebagai wujud rasa syukur kita dipertemukan dengan bulan suci ini. Bagaimana memaksimalkannya? Tentunya dengan melakukan ibadah-ibadah unggulan yang akan membuat kita menjadi manusia yang unggul dan berkah. Berikut ini adalah amalan-amalan unggulan yang bisa kita lakukan di bulan Ramadan.

Bulan Ramadan Tiba, Yuk Lakukan Amalan Unggulan ini!

Inilah amalan utama di bulan suci ini. Allah Swt berfirman:

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian agar kamu bertakwa” (QS. Al Baqarah: 183). Kita tak hanya diwajibkan berpuasa, namun harus menjaga agar puasa itu berkualitas. Sehingga tak hanya rasa lapar dan haus saja yang kita dapatkan, namun keberkahan dari puasa itu mampu kita raih.

Bulan Ramadan Tiba, Yuk Lakukan Amalan Unggulan ini!
 
Barangsiapa melakukan qiyam Ramadan karena iman dan mencari pahala, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni.” (HR. Bukhari no. 37 dan Muslim no. 759). Yang dimaksud qiyam Ramadan adalah salat tarawih sebagaimana yang dituturkan oleh An Nawawi. Hadits ini memberitahukan bahwa salat tarawih bisa menggugurkan dosa dengan syarat karena iman, yaitu membenarkan pahala yang dijanjikan oleh Allah dan mencari pahala dari Allah, bukan karena riya’ atau alasan lainnya.
 
Bulan Ramadan Tiba, Yuk Lakukan Amalan Unggulan ini!
 
Bulan Ramadan sering disebut bulan al-Qur’an karena pada bulan inilah Allah menurunkan al Qur’an. Allah SWT berfirman: “Bulan Ramadan adalah bulan bulan diturunkannya al Qur’an. al Quran adalah petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil)” (QS. Al Baqarah: 185)

Jika kita ingin memaksimalkan bulan suci ramadan ini, tentunya kita tak boleh melewatkan Lailatul Qadar atau sering disebut malam seribu bulan. Inilah malam spesial sekaligus bonus bagi kita untuk meraih banyak keberkahan.
 
Bulan Ramadan Tiba, Yuk Lakukan Amalan Unggulan ini!
 
Salah satu pintu yang dibuka oleh Allah untuk meraih keuntungan besar dari bulan Ramadan adalah melalui sedekah. Islam sering menganjurkan umatnya untuk banyak bersedekah. Sebagaimana Sabda Rasulullah: “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah orang yang paling dermawan. Dan beliau lebih dermawan lagi di bulan Ramadhan saat beliau bertemu Jibril. Jibril menemuinya setiap malam untuk mengajarkan al Qur’an. Dan kedermawanan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melebihi angin yang berhembus.” (HR. Bukhari).

Hadits tersebut menunjukkan betapa dahsyatnya sedekah, terlebih lagi jika dilakukan di bulan ramadan. Untuk itu maksimalkan bulan penuh berkah ini dengan kedermawanan kita seperti yang telah dicontohkan Rasulullah Saw.

Bulan Ramadan Tiba, Yuk Lakukan Amalan Unggulan ini!
 
Sepuluh malam terakhir Ramadan sangat istimewa, di malam itu Nabi Muhammad Salallahu ‘Alaihi Wassalam menghabiskan waktunya untuk beribadah. Di antara malam-malamnya digunakan untuk beri’tiqaf mendapatkan malam Lailatul Qadar. Rasulullah bersabda: “Nabi salallahu ‘alaihi wassalam beri’tikaf pada sepuluh hari yang akhir dari Ramadhan, hingga wafatnya kemudian istri-istri beliau pun beri’tikaf setelah kepergian beliau" (HR. Bukhari 2026 dan Muslim 1172)
 
Bela, Itulah amalan-amalan unggulan yang bisa kita lakukan untuk memaksimalkan ibadah di bulan Ramadan. Semoga kita dapat mengerjakan semua amalan ibadah tersebut dengan niat ikhlas dan mengharap ridho hanya dari Allah Swt. Amin.

 

BACA JUGA: 8 Momen Lucu Masa Kecil yang Dirindukan Saat Bulan Puasa

Bulan Ramadan Tiba, Yuk Lakukan Amalan Unggulan ini!Info lebih lengkapnya, kamu bisa cek di sini