Kurang konsentrasi dan fokus saat bekerja kadang sering kita alami, Bela. Hal ini harus segera diatasi agar produktivitas kerjamu tidak menurun dan terbebas dari teguran atasan. Berikut ini adalah hal-hal kecil yang dapat dilakukan untuk meningkatkan konsentrasi dan fokus:

Lakukan Hal Ini Agar Bekerja Menjadi Lebih Fokus
 
Olahraga ringan sebelum berangkat kerja selain dapat menjaga kesehatan, juga bermanfaat dalam melatih fokus dan konsentrasi. Keringat yang kita keluarkan saat berolahraga akan membuat otak mengeluarkan hormon endorfin. Hormon endorfin ini mempunyai khasiat mengurangi stres dan menimbulkan perasaan bahagia. Olahraga pagi ini tidak perlu terlalu lama, cukup 12 sampai 30 menit, olahraga yang dapat dilakukan misalnya lari keliling komplek perumahan atau senam aerobik di rumah.
 
Lakukan Hal Ini Agar Bekerja Menjadi Lebih Fokus
 
Jangan terlalu berlebihan ketika sarapan pagi karena keadaan perut terlalu kenyang akan membuat rasa mengantuk dan menyebabkan malas beraktivitas. Maka dari itu sarapan pagi berlebihan perlu dihindari. Pilihlah menu makanan sehat agar nutrisi terpenuhi dan banyak minum air mineral.
 
Lakukan Hal Ini Agar Bekerja Menjadi Lebih Fokus
 
Hentikan sejenak aktivitas di sosial media karena aktivitas sosial media akan membuat kita lebih fokus pada konten di sosial media dibandingkan pekerjaan. Aktivitas sosial media dapat dilakukan pada jam istirahat siang atau setelah pulang kerja. Cara yang dapat dilakukan untuk stop sosial media selama bekerja ini misalnya dengan menonaktifkan notifikasi sosial media pada smartphone selama jam kerja.
 
Lakukan Hal Ini Agar Bekerja Menjadi Lebih Fokus
 
Kopi adalah minuman yang mengandung banyak kafein. Kafein ini berguna untuk menghilangkan rasa kantuk dan mempercepat detak jantung. Dengan meminum kopi maka semangat bekerja akan meningkat.  
 
Lakukan Hal Ini Agar Bekerja Menjadi Lebih Fokus
 
Setiap perusahaan mempunyai jatah cuti bagi karyawannya. Jatah cuti dapat diambil jika terdapat kepentingan-kepentingan yang harus dikerjakan atau bisa juga dipakai untuk berlibur bersama keluarga atau pasangan. Ambillah jatah cuti dan selesaikan masalah atau kepentingan mendesakmu. Di samping itu cuti juga bisa dimanfaatkan untuk berlibur bersama pasangan atau keluarga. Setelah mengambil cuti maka pikiran akan menjadi lebih fresh dan lebih fokus dalam bekerja.
 
Langkah mana yang akan kamu ambil Bela?

 

BACA JUGA: 7 Perusahaan Ini Mengapresiasi Karyawannya dengan Cara Unik

Lakukan Hal Ini Agar Bekerja Menjadi Lebih FokusInfo lebih lengkapnya, kamu bisa cek di sini