Eksistensinya di bidang seni dan entertainment di Indonesia memang tak bisa dipungkiri. Sejak usia 13 tahun, dirinya sudah terjun ke dunia akting saat masih duduk di bangku Sekolah Menengah. Lahir pada tanggal 8 Juni 1989, perempuan bernama lengkap Ayushita Widyartoeti Nugraha ini pernah tergabung dalam grup musik Bukan Bintang Biasa bersama Raffi Ahmad, Chelsea Olivia, Laudya Cynthia Bella dan Dimas Beck.

Bukan hanya akting, Ayushita juga piawai berkarier dalam bidang musik, modeling, hingga menjadi MC atau pembawa acara. Kiprah Ayushita di dunia entertainment bukan hanya ia jalani sebagai mata pencaharian saja, namun juga sebagai passion dan bagian kehidupannya sehari-hari. Film layar lebar terbarunya, Berangkat!, tayang di bioskop sejak 3 Agustus 2017, dimana ia berakting bersama Tarra Budiman, Ringgo Agus Rahman, Tanta Ginting, Igor Saykoji, Annisa Pagih dan lainnya.

Profesionalitas Ayushita tak hanya membuahkan hasil di bidang entertainment semata. Berkat karakternya, Ayushita juga menjadi sosok yang kuat di kalangan generasi muda Indonesia. Selama bulan Agustus ini, Popbela menobatkan Ayu, sapaan akrabnya, menjadi sosok POP Creator yang menginspirasi. Popbela juga berbincang santai bersamanya membahas berbagai hal dalam kehidupan, mulai dari kiat menjaga stamina hingga pesannya untuk sesama generasi muda Indonesia.

Bicara Tentang Generasi Muda Indonesia Bersama Ayushita Nugraha

Hi, Ayu. Coba sebutkan tiga kata yang paling tepat mendefinisikan dirimu.

Hmm, apa ya? Sepertinya yang paling tepat mendefinisikan diriku adalah kata impulsif, jenaka dan berani.

Kamu sudah terjun ke dunia akting sejak usia muda. Bagaimana caramu mendalami peran dan karakter yang berbeda-beda dalam setiap film?

Yang paling menentukan akting aku dalam setiap film adalah skenario dan sutradaranya. Tentunya berbeda karakter, berbeda pula treatment-nya. Terkadang, bahkan jika dibimbing oleh sutradara yang sama, caraku mendalami peran tersebut juga berbeda, kok.

Dengan kegiatan akting yang sibuk belakangan ini, pernah terpikir untuk kembali ke dunia tarik suara, nggak?

Tentunya pernah, tapi belum tahu kapan waktu persisnya. Tapi, bulan Agustus ini aku akan perform bareng grup musik Potret di panggung We The Fest 2017. Jangan lupa nonton, ya!

Bicara Tentang Generasi Muda Indonesia Bersama Ayushita Nugraha

Wah, can't wait! Bagaimana dengan dunia media sosial? Dengan jumlah followers Instagram mencapai 1 juta, kamu juga menjadi salah satu influencer media sosial dengan suara yang didengar oleh generasi muda Indonesia. Punya tips dan trik khusus menata foto dan jadwal post Instagram?

Me as an influencer? Really? Hahaha, aku tersanjung kalau memang dianggap demikian. Kadang memang ada timeline post yang harus dipatuhi sesuai jadwal dari klien, dan seringkali aku diprotes oleh fans kalau sudah lama nggak aktif di media sosial. Sebenarnya buatku, tak ada timeline yang terlalu spesifik, kok. Tapi terkadang saat aku sedang liburan ke lokasi yang bagus, mood-ku untuk mengunggah foto jadi lebih sering dan lebih baik.

Dengan kegiatan super padat seperti sekarang, pernah terpikir untuk cuti dari dunia entertaiment?

Aku sudah pernah cuti, atau semi-vakum dari dunia entertainment, selama 4 tahun saat menyelesaikan kuliah. Karena jadwal kuliahku saat itu sudah terlambat dua tahun dari perkiraan, akupun 'menghukum' diri sendiri untuk fokus menyelesaikan program studi S1 sehingga banyak sekali mengurangi pekerjaan di luar kuliah. Jujur, rasanya lumayan menyiksa, karena aku sudah terbiasa sibuk syuting dan lainnya. Bahkan saat libur panjang Idul Fitri yang lalu, aku terus bertanya-tanya, 'Kapan ya mulai sibuk lagi?' Sepertinya aku memang tipe orang yang nggak bisa diam, hahaha!

The busier, the merrier, ya! Lalu bagaimana cara kamu menjaga stamina, dong?

Kalau sedang berada di lokasi syuting, memang agak sulit menjaga stamina, karena ritme kerja mengikuti jadwal yang sudah ada. Untungnya, aku tipe orang yang bisa tidur di mana saja dan kapan saja, nggak harus di tempat tidur, sehingga bisa mengimbangi istirahat kalau sedang kurang tidur. Aku juga berusaha untuk jaga pola makan agar tetap sehat, walaupun harus diakui saat syuting jadi kurang mengkonsumsi sayur dan buah-buahan. To counter that, aku usahakan untuk banyak sekali minum air putih.

Bicara Tentang Generasi Muda Indonesia Bersama Ayushita Nugraha

Bagaimana dengan pesan dan harapan Ayu untuk generasi muda Indonesia saat ini? Ada nggak hal yang ingin kamu ubah menjadi lebih baik di kalangan generasi muda kita?

Pesanku untuk sesama generasi muda: be smart and be positive. Berpikirlah yang lebih positif, terutama dalam hal media sosial, daripada buang-buang energi untuk memberikan komentar buruk atau menjadi haters di medsos. Kemudian, coba lebih hargai waktumu dan appreciate your time with your loved ones. Aku sedih kalau melihat banyak anak muda yang menghabiskan terlalu banyak waktu di media sosial, sampai melupakan orang-orang yang sedang berada di sekelilingnya terutama keluarga. I mean, sometimes I do that too -- updating my social media when I'm with my friends and family -- tapi jangan sampai lupa bahwa orang-orang yang penting di hidup kita justru orang yang berada di sekitar kita, bukan melulu mereka yang ada di dunia maya.

Boleh share destinasi travel favorit seorang Ayushita?

Favoritku adalah Jepang, karena hampir sempurna dari berbagai sisi, mulai dari makanan, keamanan, fashion hingga transportasi. Aku juga suka sekali berlibur ke Paris dan Melbourne.

Menurutmu, sebagai generasi muda Indonesia, pentingkah kita mempromosikan destinasi wisata Indonesia ke mancanegara?

Penting, tapi tentunya dengan cara yang benar. Kadang aku melihat destinasi wisata Indonesia yang dipromosikan ke turis lokal maupun internasional justru disalahgunakan, dalam artian tidak dilestarikan dan dijaga dengan baik. Malah, ada beberapa lokasi wisata di Indonesia yang jadi kotor dan tak terawat karena tingkah para turis yang kurang bertanggung jawab. Paling sebal, saat melihat tipe wisatawan yang datang ke suatu lokasi di Indonesia semata-mata hanya untuk eksis di media sosial tanpa menjaga keindahan dan tak peduli terhadap ekosistem yang ada. Adalah tugas kita sebagai generasi muda Indonesia untuk selalu mengingatkan sesama untuk menghargai dan menjaga Tanah Air kita.

Setuju banget! Last but not least, bagaimana pengalamanmu terjun di dunia entertainment Indonesia, dan apa yang harus dimiliki oleh pembaca Popbela yang ingin mengikuti jejakmu terjun ke dunia entertainment?

Buatku dunia entertainment adalah kegiatan yang menyenangkan tapi memiliki dramanya tersendiri. Of course, aku yakin semua pekerjaan memiliki rintangannya masing-masing, so I'm okay with that. Untuk para pembaca Popbela yang ingin berkarier di bidang entertainment, pesanku adalah penting banget untuk selalu percaya diri, harus konsisten alias jangan mudah menyerah, cobalah untuk sabar dan kuatkan mentalmu!

Baca Juga: Dari Annabelle Sampai Rafathar, Inilah Deretan Film yang Tayang Bulan Agustus 2017