Memasuki pertengahan bulan Oktober seolah menyadarkan bahwa tinggal 2 bulan lagi menjelang tahun baru. Nggak terasa bukan? Hal ini tentu membuat kamu terkejut karena menyadari waktu sempat berlalu dan merasa kamu jalan di tempat. Daripada mengeluh soal hal ini, ada baiknya kamu jalankan sisa tahun 2017 dengan maksimal. Lima poin di bawah ini bisa membantumu.

1. Evaluasi dan refleksikan diri

5 Poin yang Bisa Membantumu Lebih Siap Hadapi Akhir Tahununsplash.com
 

Jangan terlalu panik menghadapi tahun 2017 yang sebentar lagi selesai. Berdiam diri sebentar dan pikirkan apa saja yang telah kamu capai sejauh ini. Ide bagus kalau kamu menuliskan di agendamu. Ini memang akan memerlukan waktu yang lama, tapi nikmati saja. Kalau tahun ini kamu jalani dengan banyak menghadapi tantangan, maka pengalaman yang lebih akan kamu dapat. Hindari untuk menumbuhkan rasa menyesal terlalu dalam, karena belum sempat ini dan itu. Kamu hanya perlu bersyukur bahwa ada suatu pencapaian yang diraih.

2. Selesaikan resolusi dengan maksimal

5 Poin yang Bisa Membantumu Lebih Siap Hadapi Akhir Tahununsplash.com
 

Buka kembali halaman di mana kamu menuliskan target untuk tahun ini di buku agenda. Membuat terkejut, kaget, dan sekaligus ingin tertawa. Jika ada beberapa hal yang sekiranya bisa kamu wujudkan di sisa tahun 2017, maka lakukanlah. Hindari untuk merenung terlalu lama. Jangan sampai target atau resolusi untuk tahun ini terbuang percuma dan kamu membuat daftar yang sama untuk tahun depan. Kamu juga nggak ingin berada dalam resolusi dan target yang sama, kan? Manfaatkan dua bulan terakhir ini untuk menghasilkan pengalaman yang berharga.

3. Jangan lupa jalan-jalan

5 Poin yang Bisa Membantumu Lebih Siap Hadapi Akhir Tahununsplash.com
 

Terlalu sibuk dengan urusan pekerjaan, pendidikan, atau oraganisai membuatmu melakukan hal yang asal-asalan untuk menyegarkan pikiran. Walaupun tahun ini banyak sekali akhir pekan yang panjang, tapi kamu memilih untuk berada di tempat yang itu-itu saja. Gunakan dengan baik hari libur maupun akhir pekan yang tersisa untuk mengunjungi tempat baru di sekitar. Kalau jatah cuti masih ada, gunakan untuk mengambil libur yang agak panjang. Ingin memanfaatkan libur natal dan tahun baru bukan ide yang buruk, namun persiapkan mulai dari izin cuti, tujuan perjalanan, hingga keuangan.

4. Mulai ambil tantangan baru

5 Poin yang Bisa Membantumu Lebih Siap Hadapi Akhir Tahununsplash.com
 

Di samping menyelesaikan beberapa hal penting di tahun ini, kamu pun nggak harus menunggu tahun depan untuk memulai hal baru. Kalau kamu bisa mengatur waktu, nggak ada salahnya untuk segera dimulai. Hal baru ini bisa apa saja, mulai dengan keahlian baru hingga melakukan kegiatan menyenangkan. Misalnya, ingin mulai rutin berolahraga atau mengasah kemampuan fotografi. Selalu tantang diri sendiri selagi masih muda. Asalkan itu positif, nggak akan membawa dampak yang merugikan buat kamu. Singkirkan ketakutan atau kekhawatiran kalau kamu ingin perubahan yang positif.

5. Rencanakan 2018 mau seperti apa

5 Poin yang Bisa Membantumu Lebih Siap Hadapi Akhir Tahununsplash.com
 

Jangan ragu untuk menyusun target tahun depan lebih awal, walaupun terlihat masih cukup lama. Supaya kamu mengerti apa yang sedang benar-benar kamu butuhkan. Dalam menyusunnya pun kamu nggak terpengaruh oleh orang lain. Jangan sampai hal ini terlupakan karena terlena dengan libur natal dan tahun baru.  Kalau resolusi tahunan seperti nggak berlaku, buatlah target yang menjadikan kamu lebih baik dan bermanfaat. Kamu pastinya sudah punya gambaran ingin seperti apa dan melakukan apa di tahun depan, kan?

Sudah siap menyambut 2018?

BACA JUGA : Semakin Dewasa Kamu Harus Berani Meninggalkan 5 Kebiasaan Ini