Tak ada yang lebih membanggakan ketika kita tahu kalau Film Indonesia mendapat penghargaan di kancah internasional. Terlebih lagi, Sineas Indonesia seperti Mouly Surya, Kamila Andini mendapat apresiasi di Toronto Internasional Film Festival (TIFF) 2017. Bahkan salah satu film Indonesia lainnya juga kabarnya akan masuk seleksi Academy Awards 2018, Bela!

Penasaran film apa saja yang berhasil mendapat perhatian kancah internasional? Ini daftarnya.

1. “Marlina the Murderer in Four Acts”

Bikin Bangga! Film Karya Sineas Indonesia ini Dapat Apresiasi Kelas Internasionalwww.youtube.com
 
Film yang diapresiasi dalam TIFF 2017 ini adalah film garapan Mouly Surya yang mengisahkan tentang seorang perempuan Sumba yang menuntut dendam atas perbuatan kejahatan yang dilakukan sekelompok laki-laki di daerahnya. Film karya Mouly Surya ini diputar di Scotiabank Theatre sebanyak empat kali.

2.  “The Seen and the Unseen”

Bikin Bangga! Film Karya Sineas Indonesia ini Dapat Apresiasi Kelas Internasionalblog.womenandhollywood.com
 
Film yang juga mendapat perhatian dari TIFF 2017 ini hasil karya sineas Indonesia, bernama Kamila Andini. Latar cerita yang amat kental dengan budaya Bali ini mengisahkan seorang anak perempuan yang berduka setelah kehilangan saudara kembarnya dengan menggunakan medium tari tradisional. Film ini diputar di Elgin and Winter Garden Theater sebanyak lima kali.

3. “Turah”

Bikin Bangga! Film Karya Sineas Indonesia ini Dapat Apresiasi Kelas Internasionalmubi.com
 
Meski animo penonton terhadap film Turah terbilang rendah, nyatanya film yang disutradarai oleh Wicaksono Wisnu Legowo ini justru diikut sertakan dalam seleksi film kategori Best Foreign Language Film atau film berbahasa asing terbaik di Academy Awards 2018!
 
Terbukti kan kalau Sineas Indonesia memiliki kualitas yang tinggi. Jadi sudahkah kamu mencintai film karya anak bangsa, Bela?
 

BACA JUGA: Alasan Kenapa Bule Senang Bicara Tentang Cuaca