Dunia hiburan memang sangat menjanjikan. Penghasilan yang besar, terkenal, hingga jadwalnya yang padat, menanti siapa pun yang sudah terjun di dalamnya. Nyatanya, ketenaran yang didapatkan saat menjadi selebritas, tidak membuat beberapa dari mereka puas.

Ketidakpuasan muncul karena ingin melakukan yang lebih, salah satunya untuk melakukan perubahan di Indonesia, menjadi alasan sepuluh artis senior ini untuk memilih tekuni dunia politik. Siapa saja artis senior wanita yang terjun ke dunia politik? Berikut ini rangkumannya yang sudah Popbela.com buatkan untuk kamu.

1. Desy Ratnasari

Puas di Dunia Hiburan, 10 Artis Senior Perempuan Ini Pilih Tekuni PolitikInstagram.com/Desyratnasarifans

Aktif di dunia hiburan semenjak tahun 1988, Desy Ratnasari berubah haluan dan memilih untuk terjun ke dunia politik di tahun 2014. Ia terpilih menjadi anggota DPR RI periode tahun 2014-2019 dari daerah pemilihan Sukabumi. Alasan Desy terjun ke panggung politik adalah ingin membangun Sukabumi dengan merangkul masyarakatnya melalui UKM.

2. Okky Asokawati

Puas di Dunia Hiburan, 10 Artis Senior Perempuan Ini Pilih Tekuni PolitikInstagram.com/okkyasokawati

Terjun ke dunia politik tidak membuat Okky Asokawati kapok. Model senior ini justru ketagihan dengan perannya di sana dan bahkan telah menjadi anggota DPR RI daerah pemilihan Jakarta II selama dua periode. Ia terjun ke dunia politik untuk mewakili suara perempuan, khususnya di bidang kesehatan sesuai dengan fraksi tempatnya saat ini.

3. Rachel Maryam Sayidina

Puas di Dunia Hiburan, 10 Artis Senior Perempuan Ini Pilih Tekuni PolitikInstagram.com/rachelmaryams

Nama Rachel Maryam Sayidina mulai melambung setelah ia membintangi film Andai Ia Tahu. Di tahun 2009 Rachel terpilih menjadi anggota DPR RI. Selama dua periode ia menjadi anggota DPR RI nggak membuatnya kapok. Justru ia ingin mengajak banyak anak muda untuk mulai berpolitik sedini mungkin.

4. Rieke Diah Pitaloka

Puas di Dunia Hiburan, 10 Artis Senior Perempuan Ini Pilih Tekuni PolitikInstagram.com/riekediahp

Karier Rieke Diah Pitaloka di dunia politik bisa dibilang sangat cemerlang. Selama dua periode dirinya terpilih menjadi anggota DPR RI dan bahkan ia sempat mencalonkan diri menjadi calon wakil gubernur Jawa Barat. Selama menjadi anggota DPR RI, bidang yang sangat ia perhatikan adalah kesehatan dan kesejahteraan masyarakat.

5. Venna Melinda

Puas di Dunia Hiburan, 10 Artis Senior Perempuan Ini Pilih Tekuni PolitikInstagram.com/vennamelindareal

Putri Indonesia tahun 1994 ini akhirnya memilih menjadi politikus di tahun 2009 setelah dirinya aktif di dunia hiburan sejak tahun 1988. Salah satu hal yang Venna perjuangkan saat menjadi anggota legislatif adalah pendidikan yang layak untuk anak-anak dari masyarakat miskin.

6. Inggrid Kansil

Puas di Dunia Hiburan, 10 Artis Senior Perempuan Ini Pilih Tekuni PolitikInstagram.com/Inggrid_kansil

Pembawa acara dan artis sinetron, Inggrid Kansil, juga pernah terjun ke dunia politik dan terpilih menjadi anggota legislatif periode 2009-2014. Alasan Inggrid saat itu terjun ke dunia politik adalah karena kepeduliannya terhadap lingkungan di sekitarnya.

7. Arzeti Bilbina

Puas di Dunia Hiburan, 10 Artis Senior Perempuan Ini Pilih Tekuni PolitikInstagram.com/arzetibi

Model senior satu ini mengawali karirnya di dunia politik di tahun 2009. Dirinya terpilih menjadi anggota legislatif. Menurut Arzeti Bilbina, terjunnya ia ke dunia politik adalah sebagai bentuk kontribusi terhadap masyarakat yang bisa ia lakukan.

8. Melly Manuhutu

Puas di Dunia Hiburan, 10 Artis Senior Perempuan Ini Pilih Tekuni PolitikInstagram.com/organikmellymanuhutu

Penyanyi yang aktif di era tahun 1990-an ini sempat mencalonkan dirinya sebagai anggota legislatif di tahun 2014. Melly yang kini sangat serius dengan bahan makanan organik memiliki misi khusus saat ia terpilih menjadi anggota legislatif. Misinya adalah ia ingin memperjuangkan hak petani. Meski tidak terpilih, Melly kini masih aktif mengkampanyekan hidup sehat dengan makan makanan organik.

9. Marissa Haque

Puas di Dunia Hiburan, 10 Artis Senior Perempuan Ini Pilih Tekuni PolitikInstagram.com/marissahaque

Memulai karir di tahun 1981 sebagai aktris, istri dari Ikang Fawzi ini kini lebih dikenal sebagai politikus. Dirinya sempat menjadi anggota legislatif periode 2004-2009 daerah pemilihan Bandung. Namun, Marissa akhirnya mengundurkan diri pada tahun 2006 karena dirinya mencalonkan diri sebagai wakil gubernur Banten.

10. Nurul Arifin

Puas di Dunia Hiburan, 10 Artis Senior Perempuan Ini Pilih Tekuni PolitikDok. Internet

Aktif menjadi aktris di tahun 1984, ternyata membuat Nurul Arifin tertarik untuk terjun ke dunia politik. Nurul terpilih menjadi anggota legislatif di tahun 2004-2009 dan 2009-2014. Saat ini nama Nurul Arifin tercatat sebagai calon walikota Bandung periode 2018-2023. Entah ini hanya isu belaka atau memang benar, tunggu saja kelanjutannya.

BACA JUGA: 10 Pengusaha Wanita yang Sukses Membangun Bisnis Startup di Indonesia​