Untuk mendapatkan riasan wajah yang flawless, penggunaan foundation tentunya tidak boleh dilewatkan. Saat foundation diaplikasikan, rasanya wajah langsung mulus dan cerah seketika. Tapi, kok setelah beberapa jam kenapa warnanya menggelap atau bahkan jadi sedikit berwarna abu-abu atau oranye yah? Jadi belang dengan warna leher deh.

Fyi, hal ini dinamakan oksidasi. Oksidasi ini biasanya disebabkan oleh reaksi yang terjadi antara minyak yang ada pada wajah dengan pigmen dari foundation yang kamu pakai. Selain itu cuaca atau udara dari luar juga ikut menyebabkan foundation mengalami oksidasi. Lalu, bagaimana yah caranya agar hal tersebut tidak terjadi? Baca tipsnya di bawah ini!!

1. Gunakan rangkaian skincare yang tepat

7 Tips agar Foundation Tidak Oksidasi, Simak Yuk!jasminetalksbeauty.com

Untuk mendapatkan kompleksi riasan yang sempurna, kulit wajah yang sehat dan terhidrasi adalah kuncinya. Oleh karena itu penting untuk memakai produk perawatan wajah yang tepat agar kulit dapat menerima produk makeup dengan baik. Jangan lupa juga gunakan pelembap sebelum mengaplikasikan foundation

2. Aplikasikan primer terlebih dahulu

7 Tips agar Foundation Tidak Oksidasi, Simak Yuk!millicentlambert.com

Minyak wajah yang tercampur dengan foundation yang menempel tidak hanya akan membuat makeup mudah luntur tapi juga akan menyebabkan hasil riasan yang kurang enak dilihat. Untuk itulah kamu membutuhkan primer. Primer berfungsi sebagai pembatas antara kulit dan foundation dan dapat mengontrol kadar minyak pada wajah.

3. Gunakan tisu sebelum dan sesudah menggunakan foundation

7 Tips agar Foundation Tidak Oksidasi, Simak Yuk!popsugar.com

Teknik blotting ketika memakai foundation penting dilakukan agar oksidasi tidak terjadi.  Langkah yang perlu kamu lakukan hanya menepuk-nepukkan tisu pada wajah sebelum dan sesudah menggunakan foundation. Hal ini berguna untuk menyerap kelebihan minyak dan foundation pada wajah.

4. Kocok foundation sebelum digunakan

7 Tips agar Foundation Tidak Oksidasi, Simak Yuk!londonbeautyinsider.com

Jika kamu menggunakan foundation yang berbentuk cair, pastikan kamu mengocoknya terlebih dahulu. Pigmen yang menumpuk pada bagian bawah botol foundation dapat membuat aplikasinya  menjadi kurang rata. Hal ini akan berujung pada foundation yang teroksidasi.

5. Kunci foundation dengan translucent powder

7 Tips agar Foundation Tidak Oksidasi, Simak Yuk!amazon.com

Setting makeup juga nggak kalah penting untuk dilakukan. Ini berguna untuk mengunci foundation agar tidak mudah luntur dan menyerap kelebihan minyak yang dapat menyebabkan oksidasi. Tipsnya, gunakanlah translucent powder dan aplikasikan pada seluruh wajah.

6. Pastikan pH kulitmu seimbang

7 Tips agar Foundation Tidak Oksidasi, Simak Yuk!nutrimight.com

Kadar pH kulit wajah yang terlalu rendah atau tinggi bisa jadi penyebab foundation-mu teroksidasi. Biasanya jika pH kulitmu berada dalam kadar asam, maka foundation-mu akan cenderung mengalami oksidasi. Untuk mendapatkan pH kulit yang normal, yaitu 5,5,  kamu bisa memulai dengan rajin mengonsumsi buah dan sayuran. Kamu juga bisa lho mencoba menggunakan cuka apel sebagai toner yang dapat menetralkan kadar pH di wajah.

7. Gunakan foundation dengan shade yang lebih terang

7 Tips agar Foundation Tidak Oksidasi, Simak Yuk!beautyheaven.com

Cara lain yang bisa kamu lakukan adalah dengan memilih foundation dengan shade yang lebih terang. Jadi, ketika oksidasi terjadi, warnanya yang menggelap bisa menyesuaikan tone kulit wajah. Jika foundation tersebut masih terlihat putih di wajahmu, kamu bisa menetralkannya dengan menggunakan warna bedak yang lebih gelap dan mengaplikasikan bronzer

Itu tadi tips yang bisa kamu coba untuk mencegah terjadinya oksidasi pada foundation. Segera dicoba yuk!

BACA JUGA: 5 Tips Memilih Foundation untuk Kulit Sawo Matang​