Produk riasan mata, seperti eyeliner dan maskara, cenderung memiliki formula waterproof atau tahan air sehingga sangat sulit dibersihkan. Nggak jarang, proses membersihkannya membuat mata iritasi dan terasa perih. Bikin jadi malas dan rasanya ingin langsung istirahat saja!

Namun, kalau nggak dibersihkan, hal tersebut dapat memicu penuaan dini pada mata. Hmm, dilema ya, Bela? Coba ikuti 5 langkah ampuh di bawah ini untuk mnghapus makeup mata yang membandel!

1. Bersihkan riasan mata sebelum mencuci wajah

Bersih Tuntas, Ini 5 Langkah Ampuh Menghapus Makeup Mata Waterproofhealthymundo
 

Produk pencuci wajah nggak sepenuhnya bisa mengangkat makeup dari wajah, terutama dari bagian mata dan hidung. Karena itu, Pakar kulit asal Amerika, Jeanine Downie menyarankan untuk nggak bergantung pada pencuci wajah saat ingin membersihkan semua riasan di wajah, apalagi riasan mata yang cenderung waterproof.

2. Gunakan eye makeup remover berbahan dasar minyak.

Bersih Tuntas, Ini 5 Langkah Ampuh Menghapus Makeup Mata Waterprooflazada
 

Kalau bisa, pilih eye makeup remover dengan formula berbahan dasar minyak. Namun, pastikan produk itu nggak meninggalkan sisa minyak di wajahnya. Eye makeup remover yang bagus adalah mampu memecah riasan mata dan bersih secara tuntas saat dibilas atau dilap dengan kapas. Kamu bisa menggunakan jenis minyak yang digunakan di dapur, seperti grape oil dan sebagainya, namun hasilnya mungkin nggak se-efektif eye makeup remover.

3. Gunakan kapas yang terbuat dari bahan alami

Bersih Tuntas, Ini 5 Langkah Ampuh Menghapus Makeup Mata Waterproofliving disrobed
 

Ingat bahwa kulit mata itu sensitif sehingga kamu harus menggunakan bahan yang aman dan lembut. Karena itu, pastikan kamu menggunakan kapas berbahan alami untuk mengangkat riasan mata. Kelembutan permukaannya nggak akan membuat iritasi mata. Untuk bagian yang sulit dijangkau, gunakan Q-tips yang juga terbuat dari bahan alami.

4. Hindari penggunaan cleansing cloths sehari-hari

Bersih Tuntas, Ini 5 Langkah Ampuh Menghapus Makeup Mata Waterproofwalmart
 

Produk seperti cleansing cloths memang terlihat lebih efisien dan efektif. Namun, ini juga nggak aman untuk membersihkan makeup, terutama di bagian yang sensitif seperti mata. "Cleansing cloths mengandung preservatif yang membuat ini tetap aman untuk dipakai setiap hari, seperti alkohol. Namun kandungan itu nggak selalu baik untuk kulitmu," ujar Rachel Nazarian, M.D., dari Schweiger  Dermatology Group.

5. Tekan kapas dan gerakkan ke arah bawah

Bersih Tuntas, Ini 5 Langkah Ampuh Menghapus Makeup Mata WaterproofL'Oreal Paris
 

Setelah membasahi kapas dengan eye makeup remover, tekan secara lembut di area mata selama beberapa detik. Ini dapat membantu membersihkan riasan tanpa harus menggosok mata. Saat ingin memijat mata dengan produk pembersih,  lakukan dengan gerakan memutar dan lap ke arah bawah.

Setelah berkreasi dengan riasan mata, jangan lupa untuk membersihkannya, ya, Bela. Dengan langkah-langkah di atas, membersihkan maskara waterproof atau eyeliner yang water resistant akan terasa lebih mudah. Coba, yuk!

BACA JUGA: Tips Memakai Eyeliner Sesuai Bentuk Mata