Banyak diantara kita pasti pernah mengalami kuku rapuh dan rambut yang mudah rontok? Mungkin kalau hal ini hanya terjadi sekali dua kali bukan masalah yang besar untuk kita. Namun, bagaimana jika hal itu sering terjadi? Kuku rapuh dan rambut rontok ternyata disebabkan kurangnya vitamin atau nutrisi tertentu oleh tubuh kita. Nah, disini Popbela akan membagikan resep kombinasi jus yang ampuh untuk mengatasi kuku mudah patah serta rambut rontok. Keep reading, Bela!

1. Kombinasi pisang, bayam, dan lemon

Atasi Kuku Rapuh dan Rambut Rontok dengan Kombinasi Jus Inisehatfresh.com
 

Bayam memiliki banyak nutrisi yang mampu memenuhi kebutuhan pada tubuh, sedangkan di dalam pisang terdapat  kandungan zat besi dan vitamin untuk pertumbuhan rambut dan kuku kita. Campurkan 350 ml air, 3 buah pisang, seikat bayam, serta ekstrak lemon. Setelah itu blender hingga halus.

2. Kombinasi mentimun, daun selada, lemon, dan madu

Atasi Kuku Rapuh dan Rambut Rontok dengan Kombinasi Jus Iniinfokuberita.com
 

Selain untuk memperkuat lapisan kuku dan mencegah rambut rontok, kombinasi jus ini juga dapat membuat tubuh kita lebih segar dan sehat. Mentimun berfungsi sebagai detokfisikasi, sedangkan daun selada kaya akan vitamin E untuk memperkuat dan mempercantik lapisan kuku yang tipis serta menutrisi akar rambut. Caranya, sediakan beberapa helai daun selada, satu buat mentimun, dan tambahkan sedikit ekstrak lemon. Lalu tambahkan 1 sendok teh madu serta air. Kemudian blender hingga halus.

3. Kombinasi jahe, apel, dan madu

Atasi Kuku Rapuh dan Rambut Rontok dengan Kombinasi Jus Iniwww.thelovelykitchen.org
 
Kombinasi ini adalah yang terbaik dari jus yang lain. Jahe mengandung senyawa antiinflamasi yang sangat ampuh dan kaya akan vitamin untuk menyuburkan rambut serta mencegah terjadinya kuku patah. Kemudian, apel ini mengandung banyak antioksidan yang mampu melancarkan metabolisme sehingga nutrisi dan vitamin sampai pada kuku dan rambut. Cara mengombinasikannya, campurkan satu potong jahe, dua buah apel, serta satu sendok makan madu. Setelah itu campurkan air sedikit demi sedikit hingga merata.

4. Kombinasi brokoli dan kembang kol

Atasi Kuku Rapuh dan Rambut Rontok dengan Kombinasi Jus Iniamabell.blogspot.co.id
 

Kembang kol memiliki kandungan vitamin B yang dapat membantu proses detoksifikasi serta menutrisi kulit kepala sehingga lebih sehat dan nggak menyebabkan rambut rontok. Selain itu, brokoli banyak mengandung protein yang sangat berguna untuk kesehatan kuku. Cara membuatnya, campurkan beberapa potong brokoli, dan beberapa potong kembang kol. Kemudian tambahkan madu sesuai selera dan air. Setelah itu blender hingga halus.

Nah, mudah kan, Bela? Kombinasi jus ini jadi alternatif yang lebih baik daripada kamu harus mengonsumsi obat-obatan yang dapat merusak kesehatan ginjal kamu.

Selamat mencoba!

Penulis : Aditya Octaviana

BACA JUGA: 5 Bahan Alami untuk Mengatasi Rambut Rontok, Dijamin Ampuh!