Siapa yang nggak senang menyambut datangnya bulan ramadan? Selain mengistirahatkan perut dengan pola makan yang baru, kamu juga bisa sekaliguss membersihkan hati dan pikiran dari hal negatif. Menjalankannya selama sebulan penuh bahkan dipercaya memiliki banyak manfaat bagi tubuh.

Saat berpuasa, kamu harus menahan nafsu makan minum sejak subuh hingga petang menjelang. Meski lemas, puasa bukan menjadi alasan untuk berhenti berolahraga. Tubuh kamu tetap perlu melakukan latihan ringan untuk tetap sehat dan bugar. Agar tak mengganggu ibadah, kamu bisa melakukan tips ini.      

Tetap Produktif Berolahraga Saat Puasa dengan 6 Tips Ini
 

Saat berpuasa, pola makan dan asupan energi yang masuk kedalam tubuh menjadi lebih sedikit. Kamu nggak perlu membuat target untuk menurunkan berat badan atau membentuk otot yang dapat menguras banyak energi. Bukannya menjadi sehat dan bugar, kamu justru akan kelelahan dan dehidrasi bila terus memaksakannya.         

Tetap Produktif Berolahraga Saat Puasa dengan 6 Tips Ini
 

Untuk mendapatkan manfaat berolahraga saat puasa, kamu perlu membuat rencana yang mudah dan realistis. Kamu bisa menghindari latihan berat dan mulai mengalihkan pada olahraga ringan seperti kardio. Kamu juga bisa mulai memikirkan waktu yang tepat untuk melakukan olahraga seperti pada malam hari setelah shalat tarawih.         

Tetap Produktif Berolahraga Saat Puasa dengan 6 Tips Ini
 

Lemas menjadi hal yang wajar kamu rasakan saat sedang berpuasa. Tubuh kamu nggak memiliki energi yang cukup banyak untuk tetap menjalankan latihan berat. Daripada memaksakan diri, ada baiknya bila kamu mengurangi intensitas olahraga yang kamu lakukan. Jangan sampai olahraga justru membuat kamu jatuh sakit dan batal puasa ya, Bela!      

Tetap Produktif Berolahraga Saat Puasa dengan 6 Tips Ini
 

Waktu berbuka puasa menjadi godaan terbesar untuk memilih makanan berlemak atau mengandung banyak karbohidrat. Sebagai solusinya, kamu bisa melakukan variasi latihan untuk menjaga tubuh tetap ideal. Kamu bisa melakukan kardio untuk membakar kalori makanan yang kamu konsumsi dan latihan angkat beban untuk mengubah protein menjadi otot. Cara ini juga bisa membuat olahraga kamu nggak membosankan loh!    

Tetap Produktif Berolahraga Saat Puasa dengan 6 Tips Ini
 

Godaan terbesar yang harus kamu hadapi saat berpuasa adalah meninggalkan aktivitas harian dengan bermalas-malasan. Meski malas dan capek, bukan berarti kamu boleh meninggalkan waktu latihan seenaknya Bela. Tetap lakukan secara konsisten dengan cara yang lebih ringan dan menyenangkan. Percaya deh, produktif justru membuat waktu puasa kamu nggak kerasa!           

Tetap Produktif Berolahraga Saat Puasa dengan 6 Tips Ini
 

Olahraga nggak harus kamu lakukan setelah makan sahur saat tubuh masih memiliki energi yang cukup. Kamu bisa bebas menentukan waktu olahraga terbaik bagi kondisi tubuh. Kamu bisa saja jogging di sore hari sambil menunggu waktu berbuka atau melakukan sit up ringan sebelum tidur. Ingat, hanya kamu yang tahu kapan tubuh ingin mulai beraktivitas.

BACA JUGA: Inilah 3 Penyebab Olahraga Nggak Membuatmu Cepat Kurus