Bela, pernah merasa kalau deskripsi zodiakmu nggak cocok denganmu? Sebagian orang mengalami hal seperti ini, dan kemudian berpikir kalau zodiak hanya bualan semata. Meski itu kembali pada keyakinan masing-masing, namun sebenarnya, deskripsi zodiak yang dibaca boleh jadi berasal dari satu zodiak. Karena sebenarnya, kamu dapat memiliki tiga zodiak berbeda tergantung dari sun sign, moon sign, dan rising sign. Wah, apa arti dan perbedaan dari sun sign, moon sign, dan rising sign?

Melansir dari Bustle, seseorang dapat memiliki lebih dari satu zodiak dari tanggal lahirnya, dan masing-masing zodiak itu memiliki deskripsi yang menggambarkan kepribadianmu, serta mengatur bagian kepribadian berbeda dalam dirimu. Namun, kombinasi ketiga zodiak (sun sign, moon sign, dan rising sign) yang dapat memberikan gambaran umum tentang diri sendiri sebenarnya. Sebelum mencari tahu zodiak-zodiakmu, ada baiknya mengenali arti dan perbedaan sun sign, moon sign, dan rising sign ini.

Sun sign

Bukan Satu, Ternyata Kamu Bisa Punya Tiga Zodiak! Ini PenjelasannyaPexels.com/Maggie Zhan

Sun sign merupakan zodiak yang paling populer karena itulah zodiak tanggal kelahiranmu. Misalnya kamu terlahir di tanggal 26 Desember, maka zodiakmu adalah Capricorn. Deskripsi zodiak yang sering kamu baca di Popbela pun sering berdasarkan pada sun sign. Jadi, kemungkinan besar semua ramalan astrologi yang kamu baca itu berdasarkan sun sign-mu.

Sama seperti Matahari yang merupakan pusat tata surya, sun sign merepresentasikan pusat dirimu atau dirimu yang sebenarnya. Matahari dalam bagan kelahiran adalah bintang yang melambangkan kekuatan hidup vital, semangat, kecerdasan, dan identitas seseorang. Zodiak sun sign mengungkapkan gambaran atau skenario besar hidupmu, termasuk ego dan perasaan terdalam di dirimu. Sun sign menunjukkan hal yang menjadi motiviasi diri dan mencerminkan hal-hal yang memengaruhi passion-mu.

Menurut para astrolog, zodiak sun sign umumnya melambangkan caramu mengekspresikan atau menunjukkan dirimu sendiri pada dunia, dan berkaitan dengan identitasmu yang unik. Bahkan, dapat memengaruhi sisi kreativitas dalam dirimu.

Moon sign

Bukan Satu, Ternyata Kamu Bisa Punya Tiga Zodiak! Ini PenjelasannyaPexels.com/Alexandro David

Jika sun sign merupakan zodiak yang mempresentasikan pusat atau inti dirimu, ada moon sign yang berhubungan dengan emosi yang bersembunyi di balik permukaan kepribadianmu. Sifatnya menyerupai bulan, bintang yang mengendalikan malam dan terkadang bersembunyi di balik gelapnya malam. Untuk mengetahui moon sign, kamu memerlukan data kalender tahun kelahiranmu secara lengkap serta waktu dan zona waktu kelahiranmu. Kamu bisa berkonsultasi dengan astrolog atau bahkan menghitungnya dengan penghitung moon sign online.

Bulan selalu terhubung dengan emosi. Dalam bagan kelahiran, Bulan mempresentasikan energi keibuan, gairah atau keinginanmu, perasaanmu, dan kenanganmu yang semuanya disimpan dalam diri dan nggak ditunjukkan pada dunia luar. Selain itu, zodiak moon sign turut mengendalikan kepribadianmu yang terdalam, yang hanya kamu tunjukkan pada orang-orang terdekat. Biasanya kepribadian terdalam ini muncul ketika kamu sedang stres, atau ketika moon sign-mu lebih unggul ketimbang sun sign. Jadi secara garis besar, moon sign mengungkapkan cara kamu memproses emosi dan bekerja secara intuisif.

Energi bulan juga dapat berbeda tergantung elemen yang memengaruhinya. Misalnya, energi bulan dengan elemen air umumnya lebih empati dan membutuhkan kepastian perasaan, sedangkan elemen bumi umumnya menemukan kenyamanan dalam kondisi keuangan yang aman. Di sisi lain, elemen api dan angin merasa bahagia saat merasa terbebas dari tanggung jawab serta dapat mampu menjadi dirinya sendiri.

Menurut para astrolog, zodiak moon sign melambangkan tubuh fisik, jiwa, refleksi perasaan, dan jiwa kepemilikan. Sebagai bintang yang memiliki siklus cepat melalui fase cahaya, moon sign ini berkorespondensi dengan berbagai fase hidup, terutama pada awal kehidupan. Moon sign juga melambangkan masa lalu, rumah, dan zona nyaman.

Rising sign

Bukan Satu, Ternyata Kamu Bisa Punya Tiga Zodiak! Ini PenjelasannyaPexels.com/Hassan OUAJBIR

Rising sign dikenal pula sebagai ascendant-mu dan menguasai atau mengatur 'rumah pertama' dalam bagan zodiak atau posisi di mana baganmu bermula. Rising sign bukan berbentuk matahari atau bulan, pun bukan bintang. Melainkan, rising sign adalah titik di mana langit bertemu dengan bumi, horison, garis ufuk di mana matahari terbit setiap harinya. Untuk mengetahu zodiak rising sign, kamu perlu tahu waktu kelahiranmu yang akurat (tanggal, bulan, tahun, dan jam) dan tempat kelahiranmu.

Jika matahari mencerminkan pusat dirimu, bulan mencerminkan dirimu yang terdalam, zodiak rising sign mempresentasikan luar dirimu. Menurut para astrolog, rising sign menunjukkan 'topeng' yang kamu kenakan saat pertama kali bertemu seseorang untuk melindungi inner-self. Zodiak rising sign juga memberikan informasi self-awareness dan cara kamu beradaptasi dengan lingkungan baru. Zodiak ini mengatur bagian dari dirimu yang pertama kali ditunjukkan pada dunia, dan biasanya berfungsi bersamaan dengan sun sign untuk membentuk dirimu yang kamu perlihatkan pada semesta. Dalam kalimat sederhana, risign sign melambangkan tubuh, penampilan dan personanya.

Perbedaan utama antara rising sign dan sun sign adalah zodiak sun sign mempresentasikan inti terdalam dari kepribadianmu seperti ego dan nilai, da mengatur aspek gambara besar dari hidupmu. Sedangkan rising sign mengendalikan aspek luar dari kepribadiamu, seperti caramu tampil di hadapan orang lain, caramu bereaksi terhadap sesuai, caramu terhubung dengan orang lain, dan sikapmu secara keseluruhan.

Karena rising sign mengatur bagian diri yang ditunjukkan pada dunia, terkadang orang-orang menilai karakteristikmu berdasarkan zodiak itu ketimbang sun sign maupun moon sign.

Jadi, sekarang sudah tahu, 'kan kalau kamu bisa saja memiliki lebih dari satu zodiak yang berbeda. Misalnya, kamu bisa saja memiliki sun sign Libra, moon sign Pisces, dan rising sign berupa Aquarius. Ketiga zodiak itu kemudian membentuk gambaran dirimu yang benar dan sebenarnya. Jika kurang puas membaca deskripsi zodiakmu yang sekarang, nggak ada salahnya untuk mencari tahu tiga zodiak sun sign, moon sign, dan rising sign agar mendapatkan informasi yang lebih akurat. Kamu bisa mencoba mencari tahu dengan berkonsultasi pada astrolog atau menggunakan penghitung astrologi otomatis. Selamat mencari tahu!

Baca Juga: Ophiuchus Jadi Zodiak Ke-13, Hoax atau Fakta?