Apa nasihat atau saran asmara yang paling kamu ingat untuk hubunganmu dan pasangan? "Jangan mengekang pasangan", "Beri ruang pribadi dalam hubungan", "Biar waktu yang menyembuhkan luka hatimu", dan sebagainya. Nasihat-nasihat seperti ini sangat membantu ketika kamu sedang galau, sedang bingung dalam mengambil keputusan, atau butuh panduan dalam menjaga hubungan.

Namun perlu kamu ingat kalau nggak semua nasihat asmara cocok dengan keadaanmu, atau bahkan dengan prinsipmu. Makanya, terkadang ada yang salah mengambil langkah karena mendengar nasihat yang kurang tepat untuknya. Lalu, nasihat apa yang cocok untukmu? Jangan bingung, kamu bisa mengetahuinya dari zodiakmu. Melansir dari Elite Daily, ini nasihat hubungan asmara yang cocok untukmu berdasarkan kata zodiak.

1. Aries: Tahu saat yang tepat untuk mengalah atau melepaskan sesuatu

Bingung Urusan Cinta? Ini Nasihat untukmu Berdasarkan Kata ZodiakPexels.com/Gustavo Fring

Aries yang penuh ambisi dan semangat nggak akan pernah mundur dari tantangan. Namun ketika berhadapan dengan pasangan, Aries harus dapat memilih masalah yang memang harus diselesaikan dan dapat membawa pengaruh buruk pada hubungan. Sebab, nggak semua kesalah-pahaman dalam hubungan harus dibesarkan dan diperdebatkan karena sikap itu justru akan membuat hubungan nggak sehat.

Selain itu, Aries cenderung ingin selalu memenangkan perdebatan karena kepribadiannya yang kompetitif. Jadi, sulit bagi Aries untuk menyerah, namun menjadi pasangan yang baik artinya menerima kalau kamu nggak selamanya selalu benar dan harus mengalah.

2. Taurus: Coba hal baru

Bingung Urusan Cinta? Ini Nasihat untukmu Berdasarkan Kata ZodiakPexels.com/Andrea Piacquadio

Sebagai zodiak yang menyukai kestabilan dan kenyamanan, Taurus bukanlah seseorang yang senang mencoba sesuatu yang baru, atau meningkatkan sesuatu yang kelihatannya baik-baik saja. Sayangnya, hal yang terasa nyaman bagi Taurus belum tentu terasa sama untuk pasangannya. Coba keluar dari zona nyaman demi kelanggengan dan kelancaran hubungan asmara. Meski terasa menakutkan, mencoba hal baru dapat membawa 'udara segar' dalam asmara kalian. Mungkin mencoba destinasi baru untuk kencan selanjutnya?

3. Gemini: Ada untuk pasangan

Bingung Urusan Cinta? Ini Nasihat untukmu Berdasarkan Kata ZodiakPexels.com/Juan Pablo Serrano Arenas

Terkenal dengan kepribadiannya yang mudah bergaul, Gemini senang terlibat dan terhubung dengan siapa saja tanpa mengenal batas waktu. Artinya, zodiak ini akan selalu terganggu setiap saat. Gemini akan sering terlihat sedang melihat akun media sosialnya, aktif di grup chat, menonton video TikTok, di waktu yang sama. Sikap ini terkadang membuat pasangannya merasa terabaikan. Jika ingin hubungan berjalan dengan baik, coba berlatih meninggalkan smartphone sesaat dan berikan perhatian untuk pasangan tanpa terganggu notifikasi apa pun.

4. Cancer: Percaya pada pasanganmu

Bingung Urusan Cinta? Ini Nasihat untukmu Berdasarkan Kata ZodiakPexels.com/Derick Santos

Di balik kulit cangkangnya yang keras, Cancer merupakan sosok yang sensitif yang mudah tersinggung dan terluka. Zodiak berlambang Kepiting ini nggak akan pernah melupakan sakit hati yang ia rasakan. Karena sifatnya tersebut, ia sulit mempercayai pasangannya dan itu menjadi tantangan yang ia temui setiap menjalin hubungan. Cancer nggak mau memberikan seluruh cintanya dan membuka hatinya pada pasangan sampai ia yakin kalau pasangannya mencintainya secara tulus.

5. Leo: Berbagi spotlight bersama pasangan

Bingung Urusan Cinta? Ini Nasihat untukmu Berdasarkan Kata ZodiakPexels.com/Pixabay

Sudah bukan rahasia kalau Leo senang menjadi pusat perhatian. Namun dalam hubungan, zodiak berlambang Singa ini harus menyadari kalau nggak selamanya dirinya menerima perhatian tersebut. Sebagai zodiak berjiwa pemimpin dari lahir, memimpin memang sudah menjadi tanggung jawab yang ia emban dengan senang hati. Bahkan jika pasangannya membiarkan Leo memimpin jalan hubungan, zodiak ini harus memastikan kalau pasangannya juga terlibat dalam setiap pengambilan keputusan dan selalu menanyakan pendapatnya.

6. Virgo: Menerima keunikan pasangan

Bingung Urusan Cinta? Ini Nasihat untukmu Berdasarkan Kata ZodiakPexels.com/Guiverg

Virgo yang ambisius selalu menetapkan standar tinggi, dan terkadang merefleksikan ekspektasi pribadinya pada pasangannya. Mereka yang lahir berzodiak Virgo senang membantu orang yang ia sayang. Namun, ia harusnya mengingat adanya perbedaan antara 'menyemangati' dan 'memperbaiki'. Nggak ada yang salah menjadi pendukung dan penyemangat seseorang, tetapi Virgo harus mulai belajar menerima pasangannya apa adanya, bukan mengharapkannya mencapai potensi maksimalnya.

7. Libra: Mau terbuka dalam hubungan

Bingung Urusan Cinta? Ini Nasihat untukmu Berdasarkan Kata ZodiakPexels.com/Freestocks.org

Sebagai pecinta keharmonisan dan kesatuan, Libra akan melakukan apa pun untuk menghindari konflik dengan pasangannya. Namun karena selalu berusaha untuk memuaskan keinginan pasangan, ia sendiri jadi lupa dengan kebutuhan dan perasaannya sendiri. Untuk menghindari hubungan yang nggak seimbang ini, Libra dapat mencoba menegaskan dirinya ketika nggak setuju atau berbeda pendapat dengan pasangannya. Ingat kalau konflik nggak selalu buruk. Sesekali berbeda pendapat dan pertengkaran kecil dapat menyehatkan hubungan, lho!

8. Scorpio: Lihat dari sisi positifnya

Bingung Urusan Cinta? Ini Nasihat untukmu Berdasarkan Kata ZodiakPexels.com/Angel Balderas Nieves

Scorpio yang moody-an ini memiliki kencenderungan untuk selalu melihat sesuatu dari sisi negatif, dan sikapnya ini dapat menjadi penyebab berakhirnya hubungan asmaranya. Coba, deh, daripada selalu menyimpan kekesalan, mulai untuk melihat segala sesuatu dari sisi positifnya. Benar, mungkin kejadian yang kurang menyenangkan akan membuatmu emosional. Namun, Scorpio nggak akan tahu potensi suatu hubungan jika nggak mencoba membuka diri terhadap kemungkinan tersebut.

9. Sagitarius: Berpikir sebelum berkata

Bingung Urusan Cinta? Ini Nasihat untukmu Berdasarkan Kata ZodiakPexels.com/Anna Shvets

Salah satu kelebihan Sagitarius adalah kejujurannya. Namun, sikap jujur ini juga bisa jadi kelemahannya, karena Sagitarius jarang dapat menyaring kata-katanya sebelum mengucapkannya. Jadi, ia akan mengatakan kejujuran itu apa adanya tanpa mempermanis atau memperhalusnya, dan nggak pernah memikirkan konsekuensi setelah mengatakan hal itu. Benar kalau pasangan yang baik harus jujur dan terbuka. Namun, sadari kalau ada perbedaan tipis antara kejujuran dan ketidakbijaksanaan, dan Sagitarius jangan sampai melanggar batasan tersebut.

10. Capricorn: Berusaha menerima kejadian di luar dugaan

Bingung Urusan Cinta? Ini Nasihat untukmu Berdasarkan Kata ZodiakPexels.com/Jonathan Borba

Hidup nggak selalu berjalan sesuai rencana. Namun bagi Capricorn, rencana yang gagal adalah sebuah mimpi buruk. Ketika suatu hal berjalan nggak sesuai keinginan, Capricorn akan kesulitan beradaptasi dengan perubahan yang terjadi dan itu dapat memberikan dampak besar pada hubungan asmaranya. Zodiak Capricorn selalu fokus pada rencana sehingga lupa untuk menikmati momen yang ada. Bagi mereka, belajar untuk melepaskan kendali akan menghilangkan stres berlebih dalam hubungan.

11. Aquarius: Berlatih rasa empati

Bingung Urusan Cinta? Ini Nasihat untukmu Berdasarkan Kata ZodiakPexels.com/Cottonbro

Aquarius terkenal dengan kepribadiannya yang nggak terlalu peka pada perasaan, dan itu karena mereka terlalu banyak menggunakan logika sehingga kurang dapat memahami perasaan pasangannya. Meski cerdas, Aquarius dapat lupa untuk memerhatikan pasangannya. Jadi ketika pasangannya mengekspresikan dirinya, zodiak ini memilih mencari penjelasan yang logis ketimbang menawarkan dukungan. Jadi, nasihat untuk Aquarius adalah mencoba belajar mendengarkan dan berempati.

12. Pisces: Lihat pasangan sebagaimana dirinya

Bingung Urusan Cinta? Ini Nasihat untukmu Berdasarkan Kata ZodiakPexels.com/Andrea Piacquadio

Zodiak Pisces pada dasarnya romantis dan selalu melihat dunia dari kacamata keindahannya, terutama saat melihat pasangannya. Namun, mencoba menganggap pasanganmu sebagai sosok yang ideal nggak akan mengubah apa pun. Pisces yang selalu membuat bayangan pasangan romantis dalam imajinasinya hanya akan merasa kecewa saat menyadari kalau semua itu angan semata. Mereka akan sedih saat mengingat realita  yang ada. Jadi, coba untuk melihat dan mencintai pasangan sebagaimana dirinya di hadapanmu sekarang, bukan seperti yang ada dalam kepalamu. Hal itu akan membantumu dalam menjalani hubungan dengan lebih baik.

Itulah nasihat hubungan asmara yang cocok denganmu berdasarkan kata zodiak. Karena berdasarkan zodiak, tentunya nasihat ini akan sesuai dengan kepribadianmu dan situasi kisah cintamu. Coba untuk mengingat nasihat ini ketika akan atau sedang menjalani hubungan, dan kamu akan dapat menjalin asmara bersama pasangan dengan lebih langgeng.    

Baca Juga: Terbukti, Inilah Nasihat Percintaan Terbaik untukmu yang Masih Galau

Baca Juga: 3 Zodiak Ini Terbukti Paling Perhatian Sebagai Seorang Pasangan

Baca Juga: Ini yang Saya Rasakan Ketika Kencan dengan 12 Zodiak