Kamu pasti sering mendengar istilah Mercury in Retrogade atau Mercury Retrogade. Sebenarnya apa, sih, artinya? Retrogade diambil dari bahasa Latin “retrogadus” yang jika diterjemahkan secara harfiah berarti “langkah ke belakang”.

Mercury Retrogade merupakan ilusi optik yang membuat seakan-akan planet Merkurius bergerak mundur jika dilihat dari bumi. Para pakar astrologi percaya bahwa gerakan tersebut bisa mempengaruhi teknologi dan komunikasi, bahkan bisa mempengaruhi mood kamu.

Bagi para ahli astrologi, Merkurius dikenal sebagai planet yang mengatur ekspresi, komunikasi, dan perjalanan. Mereka berpendapat, gerakan retrogade tersebut bisa memberikan dampak negatif bagi dunia astrologi.

Pada tahun 2020 ini, Mercury Retrogade akan terjadi dalam tiga periode. Periode pertama pada 17 Februari – 10 Maret 2020, periode kedua pada 18 Juni – 12 Juli 2020, dan pada 14 Oktober – 3 November 2020.

Dalam periode ini, komunikasi bisa berantakan, rencana perjalanan kamu bisa terhambat, dan kehidupan kencan pun bisa menjadi lebih rumit. Namun jangan khawatir, karena hal tersebut juga bisa menjadi kesempatan bagi kamu untuk merevisi, menilai, dan memikirkan kembali segala sesuatu.

Lalu apa saja, nih, dampak Mercury Retrogade pada kehidupan kamu berdasarkan zodiak? Popbela kasih bocorannya, nih.

1. Aries

Apa Itu Mercury Retrogade dan Pengaruhnya Pada Percintaan 12 ZodiakPixabay.com/Mircea Lancu

Kamu memang punya kecenderungan untuk bicara apa adanya dan akhir-akhir ini kamu memilih untuk diam, karena enggan dihakimi. Tapi ini saatnya kamu untuk bicara, terutama jika kamu memiliki sebuah perasaan terpendam pada seseorang.

2. Taurus

Mungkin kamu punya teman yang tiba-tiba menjadi lebih dekat dari sekadar teman. Tapi hati-hati jika kamu mau mengubah status teman menjadi pacar, karena hal tersebut bisa membuat hubungan kamu dan dia menjadi rumit. Sesuatu yang tentunya tak mau kamu rasakan.

3. Gemini

Walaupun kamu sudah menjalin hubungan asmara dengan seseorang, kamu merasa cemas untuk membawa ke level selanjutnya, misalnya dengan memamerkan kemesraan di media sosial. Kabar baiknya, kamu tidak perlu terburu-buru membuat hubungan kamu publik, asalkan dia tahu betapa sayangnya kamu padanya.

4. Cancer

Apa Itu Mercury Retrogade dan Pengaruhnya Pada Percintaan 12 ZodiakUnsplash.com/Jonathan Borba

Kamu mungkin menemukan seorang gebetan, tapi ragu untuk memulai duluan. Tapi nggak ada salahnya, kok, karena siapa tahu kamu punya chemistry yang sama. Coba saja ajak dia makan siang atau hang out di kafe secara santai untuk lebih mengenal pribadinya.

5. Leo

Semua orang tahu kamu senang pamer, terutama ketika kamu pertama kali bertemu atau pergi kencan dengan seseorang. Saat kencan, nggak ada salahnya kamu patungan untuk membayar makan atau gantian membayar, supaya kantong kamu nggak cepat bolong.

6. Virgo

Cobalah untuk lebih terbuka kepada si pacar mengenai mimpi dan keinginanmu seputar hubungan yang kalian jalani. Jangan membiarkan diri kamu merasa harus menjalani semua seperti apa adanya. Ini merupakan saatnya kamu untuk bicara. Meski komunikasi sangat sulit dilakukan di periode Retrogade ini, kamu tetap bisa menggunakan keahlian bicara kamu dengan baik, kok.

7. Libra

Apa Itu Mercury Retrogade dan Pengaruhnya Pada Percintaan 12 Zodiakhttps://www.pexels.com/@sugacoatit

Kamu merupakan tipe romantis yang nggak takut untuk memberikan segalanya. Namun mungkin selama ini sudah terlalu berlebihan? Kini saatnya untuk kamu memberikan batasan, agar si pacar tidak menjadi sangat bergantung padamu.

8. Scorpio

Seorang gebetan yang sebenarnya sudah mulai kamu lupakan, sepertinya mulai menghantuimu lagi. Kamu merasa frustrasi, karena masih punya rasa penasaran untuk menjalin hubungan dengannya. Tapi sebaiknya jangan memberikan respons, lebih baik kamu move on dan mencari yang lain.

9. Sagitarius

Kamu mungkin merasa hampir menyerah dalam hal percintaan dan merasa ingin sendiri dulu. Tidak mengapa, karena periode Retrogade ini bisa kamu gunakan untuk menyembuhkan hati dari luka masa lalu dan lebih fokus pada dirimu sendiri ketimbang memikirkan orang lain.

10. Capricorn

Apa Itu Mercury Retrogade dan Pengaruhnya Pada Percintaan 12 Zodiakhttps://www.pexels.com/@vijarindo

Sepertinya kamu sedang menebar pesona untuk menemukan kekasih baru. Namun sayangnya, kamu masih belum bisa menemukan orang yang pas di hati. Jangan menyerah, karena kamu bisa meminta teman dekatmu untuk menjadi mak comblang. Siapa tahu temanmu punya kandidat yang cocok untukmu.

11. Aquarius

Meskipun tidak disarankan untuk memulai hubungan dalam periode ini, zodiak Aquarius justru akan terjun ke dalam hubungan yang cukup serius. Kamu mungkin menemukan banyak kecocokan dengannya. Hal terpenting adalah tetap pikir baik-baik sebelum kamu mengambil komitmen untuk lebih serius.

12. Pisces

Sepertinya ada orang lama yang kembali singgah di hatimu. Jika dulu kamu dan dia sempat menjalani kencan kasual, sepertinya kali ini kamu akan menemukan hal-hal baru dari dirinya. Mungkin hubungan ini hanya sesaat, tapi nikmati saja.

Baca Juga: Loyal dan Penuh Aksi Nyata, Inilah 4 Zodiak yang Patut Kamu Kencani