Ketika perasaan sedih dan galau menghampiri, mendengarkan lagu akan selalu menjadi obat yang mujarab untuk segera pulih dan bangkit kembali. Apalagi, kalau lagu-lagu yang menemani hari-harimu yang kelabu sangatlah cocok dan tepat dengan apa yang sedang kamu alami saat ini. Meski akan membuatmu menangis lebih kencang, setidaknya kamu akan lega dan menjadi lebih baik setelahnya. Nggak percaya? Coba dengarkan kumpulan lagu sedih Indonesia pilihan Popbela di bawah ini yang wajib kamu dengarkan untuk mengobati luka hati. Yuk simak selengkapnya.

1. Rahmania Astrini – Tak Lagi Sama

https://www.youtube.com/embed/eUV7hh2TfiU

Lagu sedih Indonesia yang satu ini memang yang paling juara. Meski kemunculannya terbilang baru, video musik yang diunggah oleh sang penyanyi di kanal YouTube tersebut, sudah ditonton oleh lebih dari sejuta orang, lho. Nah, tunggu apa lagi? Buat kamu yang sekarang ditinggalkan ketika lagi sayang-sayangnya, Tak Lagi Sama bakal jadi lagu yang cocok banget!

2. Banda Neira – Sampai Jadi Debu

https://www.youtube.com/embed/isPWOKVBwAM

Meski disebut indie, Banda Neira selalu punya ide-ide brilian dalam bermusik. Hal ini dibuktikan oleh mereka di dalam setiap lagu-lagunya yang selalu mampu menghipnotis para pendengar dan penikmatnya. Melodi yang mendayu-dayu melantun begitu indahnya dan begitu sarat akan kesedihan ini memang patut diacungi jempol. 

3. Rossa – Aku Bukan Untukmu

https://www.youtube.com/embed/OK-DNdo5VWE

Apa sih rasanya menyesal karena telah melepaskan orang yang menyayangimu begitu saja? Lewat lagu sedih yang satu ini, Rossa akan bercerita soal arti kehilangan yang sesungguhnya. 

4. Rizky Febian – Cukup Tau

https://www.youtube.com/embed/QZ2vOpxvC-A

Setiap lagu yang dilantunkan oleh laki-laki yang satu ini selalu menjadi hits dan nggak pernah ketinggalan untuk didengarkan oleh seluruh penikmatnya. Lagu sedih yang dibawakan oleh Rizky Febian ini berkisah tentang betapa pedihnya cinta yang bertepuk sebelah tangan, Bela. Nah, kalau sudah begini kamu bisa apa? Mau marah juga rasanya percuma kan, jadi, ya sudah lah cukup tau saja dan moving on adalah pilihan yang tepat.

5. Raisa – Usai di Sini

https://www.youtube.com/embed/nqHFCV_3PxU

Lagu sedih Indonesia lainnya yaitu lagunya Raisa yang satu ini. Dalam setiap hubungan, tentunya ada pasang dan juga surut. Terkadang, ketika sudah dalam keadaan terdesak karena jalinan cinta yang selama ini dijalani sudah nggak sama seperti dahulu kala, kata putus bisa saja terlintas dalam pikiran. Seperti kata Raisa dalam lagu sedihnya yang satu ini, "Lebih baik kita usai di sini, sebelum cerita indah tergantikan pahitnya sakit hati. Bukannya aku mudah menyerah".

6. Isyana – Lembaran Buku

https://www.youtube.com/embed/ViXOhkSgVAw

Berusaha tegar dalam situasi sulit memang nggak pernah mudah. Dalam lagu Lembaran Buku, Isyana bakal mengajarimu untuk selalu tegak berdiri dan selalu berani meski nggak ada lagi kebahagiaan dari sang pujaan hati yang mengisi hari-hari. Coba dengarkan lagu sedih yang satu ini, untuk tahu kisahnya lebih lanjut ya!

7. Naif - Jikalau

https://www.youtube.com/embed/ejqN_gw_Dg8

Di dalam setiap baitnya, lagu Jikalau seakan berusaha meyakinkan orang yang disayanginya untuk tetap berada di sisinya meski harus dibuat menunggu. Lagu sedih yang dibawakan oleh Naif ini, juga bakal membuatmu semakin dilema harus memilih antara dia yang baru saja datang menghampiri dan sempurna atau dia yang begitu mencintaimu dengan tulus dan rela berbuat apa saja untukmu. Hmmm, bingung? Sudahlah, dengarkan saja dulu lagu yang satu ini.

8. Nadine Amizah - Sorai

https://www.youtube.com/embed/PF_VokiUndk

Dalam dan begitu menyentuh adalah kata-kata yang pas untuk dapat menggambarkan lirik dari lagu Sorai kepunyaan Nadine Amizah yang satu ini. Nadine mengajakmu untuk percaya bahwa cinta nggak harus memiliki, meski harus sedih dan terluka, paling tidak kamu tetap bisa bergembira karena pernah dipertemukan.

9. Glenn Fredly – Akhir Cerita Cinta

https://www.youtube.com/embed/REW8Ag9V4CI

Lagu sedih yang satu ini akan selalu sukses untuk membuatmu menitikkan air mata setiap kali mendengarnya. Pedihnya hati ketika harus berpisah dengan orang yang disayangi akan sulit untuk dihindari. Tapi, Glenn Fredly bakal mengajari kamu untuk mencoba melawan waktu agar bisa melupakan segala kesedihan dan kenangan tentang si dia lewat tembangnya yang berjudul Akhir Cerita Cinta. So, nggak perlu khawatir deh bakal tenggelam dalam kesedihan.

10. Geisha – Lumpuhkanlah Ingatanku

https://www.youtube.com/embed/PQtYfVkvMr4

Menjadi lagu sedih Indonesia paling populer pada masanya, Lumpuhkanlah Ingatanku seakan timeless di dunia permusikan. Nggak hanya bercerita tentang kesedihan, lagu yang satu ini juga menceritakan tentang kehancuran hati seseorang yang begitu inginnya melupakan kenangan indahnya dengan sang pujaan hati. Penasaran? Coba langsung dengarkan saja, deh.

11. Maudy Ayunda - Untuk Apa

https://www.youtube.com/embed/D8nFvZEI6Ec

Nggak perlu deh janji-janji manis yang nggak pernah ada buktinya. Terlalu banyak berkata-kata terkadang membuat siapa saja jengah mendengarnya, nggak terkecuali Maudy Ayunda di dalam lagu yang satu ini. Berkisah tentang kegundahan hati seseorang, lagu sedih yang satu ini juga nggak kalah suksesnya dalam menyayat hati setiap orang yang mendengarkannya, lho.

Nah itulah kumpulan lagu sedih Indonesia pilihan Popbela yang bakal menemani hari-harimu yang kelabu dan dijamin bakal sukses membuatmu semakin menangis tersedu-sedu.

Baca Juga: 13 Lagu Sedih Korea yang Siap Menemani Kegalauan Hati