Berdasarkan tes psikologi Myers-Briggs Type Indicator (MBTI), kepribadian seseorang dibagi ke dalam 16 tipe yang berbeda. Salah satunya adalah tipe kepribadian ISFP! Yap, tipe kepribadian ini merupakan kombinasi dari Introverted, Sensing, Feeling, dan Perceiving. 

Seorang ISFP biasanya dikenal sebagai sosok yang lembut dan perasa. Meski tampak tertutup, nyatanya karakter yang mereka miliki cenderung unik dan beda dari yang lain, lho. 

Penasaran seperti apa mereka sesungguhnya? Popbela punya bocorannya untukmu, nih. Simak selengkapnya, ya.

Kelebihan ISFP

1. Charming alias memesona banget

Bikin Penasaran! Ini Kelebihan dan Kekurangan Tipe Kepribadian ISFP https://www.pexels.com/@olly

Seseorang dengan tipe kepribadian ini memang identik dengan sikapnya yang hangat dan santai. Dalam menjalani hidup, mereka cenderung apa adanya. Sehingga, nggak mengherankan apabila banyak orang yang tertarik dan terpesona karenanya!

2. Peka

Bikin Penasaran! Ini Kelebihan dan Kekurangan Tipe Kepribadian ISFP https://www.pexels.com/@mentalhealthamerica

Kelebihan lain yang dimiliki oleh seorang ISFP adalah sensitif terhadap perasaan orang lain. Tipe kepribadian ini cenderung mudah mengerti dan paham akan apa yang orang terdekatnya rasakan. Meski tampak tertutup, meraka nggak pernah mengalami kesulitan yang berarti dalam membangun sebuah hubungan.

3. Artristik

Bikin Penasaran! Ini Kelebihan dan Kekurangan Tipe Kepribadian ISFP https://www.pexels.com/@cottonbro

Ternyata, darah seni benar-benar mengalir di dalam seorang ISFP, lho. Mereka dapat menunjukkan kreativitasnya dengan sangat memukau dan nggak diduga-duga. Pada dasarnya, tipe kepribadian ini memang pemuja keindahan sejati. Segala hal dapat menjadi lebih indah apabila dikerjakan dengan tangan mereka, deh.

4. Punya rasa ingin tahu yang besar

Bikin Penasaran! Ini Kelebihan dan Kekurangan Tipe Kepribadian ISFP https://www.pexels.com/@sam-lion

Selain itu, tipe kepribadian yang satu ini juga punya rasa ingin tahu yang besar. Mereka nggak akan mudah puas dan menerima segala hal begitu saja, lho. Menurut seorang ISFP, mencari tahu apa yang membuatnya penasaran itu benar-benar melegakan!

Kelemahan ISFP

1. Mudah stres

Bikin Penasaran! Ini Kelebihan dan Kekurangan Tipe Kepribadian ISFP https://www.pexels.com/@cottonbro

Faktanya, seseorang yang kerap dijuluki sebagai si petualang ini sangat mudah mengalami stres ketika situasi berubah menjadi tak terkendali, lho. Mereka cenderung penuh emosi dan bergejolak. Meski begitu, segala hal selalu mampu mereka tutup rapi dalam diri. Sehingga, nggak banyak orang tahu bahwa mereka juga pernah melalui hari-hari buruk.

2. Sangat kompetitif

Bikin Penasaran! Ini Kelebihan dan Kekurangan Tipe Kepribadian ISFP https://www.pexels.com/@amina-filkins

Percayalah, mereka tak akan suka ketika tahu bahwa mereka kalah. Jiwa kompetitif yang ada dalam diri seorang ISFP benar-benar telah melekat sempurna, deh. Bahkan, hal-hal kecil saja dapat menjadi kompetisi yang begitu intens untuknya. Terkadang, seseorang dengan tipe kepribadian ini hanya perlu bersantai sejenak dan menikmati hari. Terlalu keras pada diri sendiri akan membawa dampak buruk untukmu, lho.

3. Tidak dapat diprediksi

Bikin Penasaran! Ini Kelebihan dan Kekurangan Tipe Kepribadian ISFP https://www.pexels.com/@shvetsa

Seorang ISFP tak pernah menyukai komitmen dan rencana jangka panjang. Pada dasarnya, mereka berusaha menghindari perencanaan untuk masa depan. Segala tindakan dan perilakunya selalu spontan. Akibatnya, ketegangan dalam hubungan cukup sering terjadi, deh.

4. Sangat mandiri

Bikin Penasaran! Ini Kelebihan dan Kekurangan Tipe Kepribadian ISFP https://www.pexels.com/@vlada-karpovich

Selain itu, tipe kepribadian ini juga cenderung terlalu mandiri dalam kehidupan, lho. Padahal, nggak segala hal dapat selalu dilakukan seorang diri, bukan? Selain itu, mereka selalu percaya bahwa kebebasan berekspresi merupakan yang utama. Sehingga, apa pun yang mengganggu itu dapat benar-benar mengancam dan membuatnya terluka.

Pasangan alami seorang ISFP

Bikin Penasaran! Ini Kelebihan dan Kekurangan Tipe Kepribadian ISFP https://www.pexels.com/@vlada-karpovich

Terlepas dari rasa cinta itu sendiri, nggak ada salahnya, kok, apabila kamu mempertimbangkan tipe kepribadian sebagai salah satu alasan dalam memilih pasangan. Seorang ISFP memiliki pasangan alami, yaitu orang-orang dengan tipe kepribadian ESFJ atau ENFJ. Siapa tahu dapat semakin membuat hubungan kamu langgeng!

Pekerjaan yang cocok untuk seorang ISFP

Bikin Penasaran! Ini Kelebihan dan Kekurangan Tipe Kepribadian ISFP https://www.pexels.com/@artempodrez

Berdasarkan ciri kepribadian dan karakter seorang ISFP, ada beberapa pekerjaan yang akan sangat cocok untukmu, nih. Selain menyenangkan, tentu saja dapat membuatmu lebih cepat bertumbuh!

  1. Aktor
  2. Desainer
  3. Guru
  4. Konselor
  5. Psikolog
  6. Seniman

Tokoh terkenal dengan tipe kepribadian ISFP

Bikin Penasaran! Ini Kelebihan dan Kekurangan Tipe Kepribadian ISFP Cosmopolitan.com

Ternyata, orang-orang hebat di bawah ini juga memiliki tipe kepribadian yang sama sepertimu, lho. Wah, nggak nyangka, ya!

  1. Marilyn Monrue
  2. Paul McCartney
  3. Wolfgang Amadeus Mozart
  4. Marie Antoinette
  5. Elizabeth Taylor
  6. Auguste Rodin

Wah, ternyata itu dia kelebihan dan kekurangan dari tipe kepribadian ISFP, ya! Apakah kamu termasuk juga, Bela?

Baca Juga: 4 Kepribadian MBTI Ini Tak Mau Buru-buru Tetapkan Status Hubungan

Baca Juga: 5 Kepribadian MBTI yang Paling Tulus Menyayangimu

Baca Juga: INTJ, Tipe Kepribadian MBTI yang Independen