Karena pemerintah telah menekankan bahwa social distancing adalah cara terbaik untuk mencegah penyebaran virus corona, dalam beberapa waktu ke depan, mungkin kamu akan menghabiskan waktu lebih banyak di rumah. 

Menjaga jarak dengan orang lain di sekitar adalah cara yang efektif untuk melindungi diri kamu dan orang lain agar nggak terjangkit COVID-19, tetapi, mengisolasi diri dalam situasi dan kondisi yang penuh tekanan justru dapat mengancam kesehatanmu baik secara mental maupun emosional, lho. 

Untuk itu, Popbela punya beberapa tips mengenai hal yang dapat kamu lakukan agar tetap merasa terhubung dengan orang-orang terdekat sekaligus untuk mengusir perasaan kesepian selama wabah corona.  Simak cara ampuh mengatasi kesepian selama wabah virus corona ini dan jangan lupa untuk dicoba ya.

1. Melakukan olahraga rutin melalui kelas virtual bersama teman-teman lewat video call.

4 Cara Ampuh Mengatasi Kesepian Selama Wabah Corona Virushttps://www.pexels.com/@alexy-almond

Meski beberapa studio kebugaran tutup, beberapa di antara mereka tetap buka dan menawarkan kelas olahraga yang dapat diakses secara online bagi semua orang untuk tetap sehat dan mendapatkan keringat setiap hari di rumah. Mulai dari yoga, zumba, pilates, boxing, maupun aerobik pada umumnya, kamu dapat memilih salah satu untuk dapat dipraktikkan langsung. 

Kemudian, agar tetap merasa terhubung dengan teman-teman yang kamu sayangi, kamu dapat mengajak mereka mengikuti kelas yang sama dan melakukan obrolan video atau panggilan telepon. Wah, selain mengasyikkan, kegiatan yang satu ini juga dapat mengusir kesepian ya! Bagaimana, masih ragu untuk mencoba cara yang satu ini?

2. Memulai klub buku kesukaan sekaligus memperluas jaringan pertemanan di dunia maya.

4 Cara Ampuh Mengatasi Kesepian Selama Wabah Corona Virushttps://www.pexels.com/@fotios-photos

Kalau kamu memiliki kegemaran membaca buku, pasti akan terasa kurang lengkap apabila nggak ada teman bertukar pikiran yang dapat menstimulasi untuk lebih menggunakan akal sehat lewat obrolan ringan. Yap, masa social distancing ini dapat kamu manfaatkan untuk memulai klub buku virtual sekaligus memperluas jaringan pertemanan yang kamu punya di dunia maya.

Goodreads adalah platform yang tepat dan memungkinkan bagi kamu untuk membuat grup online di mana kamu dapat melakukan diskusi hangat mengenai buku-buku tertentu yang memang ingin dibahas. Untuk jenis klub lainnya, mungkin kamu dapat mempertimbangkan platform sosial media lainnya seperti facebook, twitter, atau instagram. Mudah sekali, bukan? Nggak ada lagi deh perasaan sendiri ketika harus mengisolasi diri di rumah!

3. Netflix and chill

4 Cara Ampuh Mengatasi Kesepian Selama Wabah Corona Viruspexels.com/Andrea Piacquadio

Yap, netflix and chill. Seperti kata kebanyakan orang menonton film kesukaan kamu dan bersantai sehari suntuk di kamar bakal menjadi kegiatan yang menyenangkan sekaligus menghibur. 

Kamu juga bisa berbagi pengalaman menonton film yang sama dengan teman-teman kamu di ujung sana lewat fitur Chrome Netflix Party dan menyingkronkan pemutaran film yang sedang ditonton. Dengan begitu, kamu dapat dengan mudah berkomentar tentang berbagai moment paling berkesan selama menonton serta membagikan beberapa emoji dan reaksi lainnya. Wah, meski nggak lagi dekat bersama teman-teman, kamu tetap dapat merasakan keseruan yang sama ya! 

Supaya nggak stres, sebaiknya, sih, pilih film yang mengundang tawa saja, ya. Hindari film-film yang bercerita seputar pandemi, seperti "Contagion" dan "Outbreak" kalau kamu nggak mau makin kepikiran.

4. Mencoba resep baru dan ikut kelas masak online.

4 Cara Ampuh Mengatasi Kesepian Selama Wabah Corona Virushttps://www.pexels.com/@bluerhinomedia

Mencoba berbagai resep makanan atau mengikuti kelas memasak secara online di kanal youtube juga dapat menjadi alternatif kegiatan yang dapat kamu lakukan akan terhindar dari kesepian selama social distancing loh. Berkunjunglah ke beberapa akun instagram milik Antoni Porowski atau umieats untuk mendapatkan inspirasi kuliner. Tenang dan nggak perlu terburu-buru, Bela. Kamu punya banyak waktu untuk mempersiapkan makanan yang lezat saat makan siang nanti. Perut yang kenyang dan lidah yang telah dimanjakan dapat membuat mood mu lebih baik dalam menjalani hari selama terpisah jauh dari orang-orang terdekat. 

Nah, itulah keempat cara yang dapat kamu lakukan untuk mengusir rasa kesepian yang kerap menghampiri selama masa social distancing guna memerangi penyebaran wabah virus corona saat ini. Buat dirimu merasa nyaman selama di rumah dengan berkegiatan seru agar pikiran tetap jernih dan sehat ya. Ingat, mengisolasi diri nggak akan menyelamatkan diri kamu sendiri, tapi juga orang lain yang kamu cintai. So, better stay at home, Bela.

Baca Juga: Fakta Terbaru Perkembangan Epidemi Corona di Indonesia 

Baca Juga: Benarkah Sudah Ada Vaksin untuk Virus Corona? 

Baca Juga: Keluarga dan Teman Remehkan Wabah Corona? Ini Cara Beritahu Mereka