Namanya dua orang yang punya ego masing-masing tentu nggak selalu bisa satu pikiran. Tak jarang hubunganmu dengan pasangan menjadi hambar maupun renggang, sehingga menjadi hal yang wajar jika kamu sesekali bertengkar.

Namun, yang perlu kamu ingat adalah jangan sembarangan dan terlalu sering meminta pendapat dari orang lain tentang masalahmu dengan pasangan. Lebih banyak ruginya, berikut adalah lima alasan mengapa kamu nggak boleh keseringan minta pendapat orang lain soal hubunganmu. Keep reading, Bela! 

1. Hubungan kalian itu dibangun berdua, orang lain tak pernah benar-benar mengerti rasanya jadi kalian.

5 Alasan Nggak Boleh Sering Minta Saran Hubungan dari Orang LainPexels.com/Charlotte May

Bertukar pikiran memang bisa jadi jalan untuk mencari solusi terbaik untuk permasalahan yang tengah dialami. Namun, jika masalahnya menyangkut hubungan asmara, tentu yang bisa mencari solusi adalah kamu dan pasanganmu saja.

Hanya kamu dan pasangan yang benar-benar tahu awal kisah dan masalah apa yang tengah kalian hadapi. Meminta solusi orang lain justru bisa membuatmu salah mengambil tindakan.

Perlu kamu ingat bahwa setiap orang punya jalan memecahkan masalah yang berbeda-beda. Saat orang lain bisa memecahkan masalah hubungannya dengan jalan tertentu, bukan berarti kamu juga bisa menyelesaikannya dengan cara yang sama. 

2. Kalau orang lain hanya mendengarkan kisah versimu saja, jelas saja orang tersebut terkesan mendukungmu.

5 Alasan Nggak Boleh Sering Minta Saran Hubungan dari Orang LainPexels.com/Ivan Samkov

Tak bisa dipungkiri kadang orang yang kita ajak untuk berbagi cerita hanya memberikan pendapat yang sifatnya mendukung lawan bicara. Bisa saja mereka tidak enak dan sungkan untuk menyalahkan tindakan yang kamu ambil. Belum lagi jika mereka hanya mendengar cerita dari pihakmu saja tanpa mendengarkan cerita pasanganmu juga.

Tentu pendapat yang mereka berikan tidak akan valid bukan? Oleh karena itu, lebih baik kamu berusaha menyelesaikan permasalahan asmaramu berdua saja dengan pasanganmu, ya!  

3. Minta saran ke sembarang orang justru bisa bikin masalahmu bertambah panjang.

5 Alasan Nggak Boleh Sering Minta Saran Hubungan dari Orang LainPexels.com/Yaroslav Shuraev

Di dunia ini isinya nggak cuma orang baik dan memiliki empati. Tak jarang, orang tampak peduli padamu hanya, karena penasaran dan ingin mencari tahu kehidupanmu untuk dijadikan sumber gosip semata.

Menceritakan permasalahan dalam hubungan kepada orang lain berpotensi untuk membuatmu kecewa di kemudian hari. Bukannya dapat solusi, masalahmu justru bisa bertambah panjang dan gak menemukan jalan keluar. 

4. Kamu bisa kehilangan kesempatan untuk belajar dari masalah dan tidak berhasil memetik hikmah.

5 Alasan Nggak Boleh Sering Minta Saran Hubungan dari Orang LainPexels.com/Andrea Piacquadio

Adanya masalah sesungguhnya bisa jadi sumbermu untuk belajar. Sering diabaikan, banyak orang yang memilih menghindari masalah dibanding langsung menyelesaikannya. Jika kamu keseringan mencari solusi dengan meminta pendapat orang lain seputar hubunganmu dan pasangan, bisa saja hikmah dari masalah yang kamu hadapi tidak akan benar-benar terasa. 

Kamu harus ingat bahwa setiap masalah diberikan kepadamu karena kamu mampu melaluinya. Alih-alih cari pendapat sana-sini, ada baiknya kamu introspeksi dan mencari jalan keluar sendiri dengan kepala dingin. 

5. Keseringan minta saran bisa bikin orang lain merasa dirimu adalah beban dan toxic untuk hidupnya.

5 Alasan Nggak Boleh Sering Minta Saran Hubungan dari Orang Laincatholiccem.com

Siapa yang nggak bosan kalau terlalu sering dijadikan tempat curhat masalah hubunganmu dan pasangan? Tanpa kamu sadari kebiasaanmu curhat bisa membuatmu tampak menjadi beban dan toksik untuk hidup orang lain.

Kamu harus tahu bahwa masalahmu dan pasangan itu bukanlah konsumsi publik. Sesekali berbagi cerita mungkin masih dianggap sah-sah saja, tetapi jika tiap ada masalah kamu terus-terusan minta pendapat orang itu namanya kamu sudah kelewatan. 

Nah, itulah lima alasan kamu tak boleh keseringan minta saran orang soal hubungan. Belajar untuk mengatasi permasalahan secara dewasa, ya! Jika kamu bisa selesaikan sendiri, tak usah ajak-ajak orang lain. 

 

Disclaimer: Artikel ini sudah terbit di laman IDN Times dengan judul "5 Alasan Gak Boleh Sering Minta Saran Orang tentang Hubungan"

Baca Juga: Bikin Bahagia! Ini dia 10 Ciri Hubungan yang Matang

Baca Juga: 9 Tanda Cemburu Berlebihan yang Nggak Sehat dalam Hubungan

Baca Juga: 8 Ciri-ciri Teman Posesif yang Kadang Kamu Nggak Sadari