Para pecinta kuliner mungkin sudah nggak asing dengan YouTuber Farida Nurhan. Perempuan yang akrab disapa Omay ini kerap me-review berbagai makanan dengan gayanya yang lucu dan begitu riang. Namun, siapa sangka jika ternyata Farida memiliki kisah sedih yang tak banyak diketahui orang lain.

Perempuan yang pernah menjadi Tenaga Kerja Wanita (TKW) ini ternyata pernah hamil di luar nikah. Tak hanya itu, ia juga harus mengalami kesulitan ekonomi saat berumah tangga di usia muda. Hal itu diceritakan Farida dalam video yang diunggah di kanal YouTube insertlive pada 5 Januari 2021 lalu. Seperti apa kisahnya? Berikut ulasannya!

1. Hamil di usia 17 tahun

Hamil di Luar Nikah, 5 Kisah Pilu YouTuber Farida Nurhan di Masa LaluInstagram.com/farida.nurhan

Awalnya, Farida menceritakan masa kecilnya yang serba pas-pasan. Orangtuanya ingin sekali Farida menjadi seorang perawat. Namun, keinginan itu tak dapat terwujud lantaran Farida hamil di luar nikah saat dirinya duduk di bangku SMA. 

"Saat SMA, di suatu jalan aku nggak bisa melanjutkan sekolah karena aku mengandung anakku. Mau nggak mau, karena kandunganku sudah besar, akhirnya aku menikah dan aku berhenti dari sekolah.”

2. Merasa mendapat karma

Hamil di Luar Nikah, 5 Kisah Pilu YouTuber Farida Nurhan di Masa LaluInstagram.com/farida.nurhan

Di saat anak-anak seusianya sedang menikmati masa-masa bermain, Farida harus menerima kenyataan bahwa dirinya sudah menjadi seorang ibu. Tentunya ini bukanlah hal yang mudah untuk dilewati. Namun, saat itu ia menerima takdir tersebut dengan ikhlas dan sabar. Sebab, ia merasa ini adalah karma dari kesalahan-kesalahan yang pernah ia lakukan sebelumnya.

“Setelah aku melahirkan, aku itu sudah merasa di tahap my life is going on. At that moment setelah bayiku lahir, semua kesalahan yang pernah aku lakukan dalam hidupku, baik itu sengaja maupun nggak, aku merasa aku sedang menerima karmanya. Dan aku tidak sedih, tidak marah, tidak berontak. Aku ikhlas kok saat aku harus benar-benar melewati masa-masa itu, aku nggak marah sama sekali."

3. Tak kuat mendengar omongan tetangga

Hamil di Luar Nikah, 5 Kisah Pilu YouTuber Farida Nurhan di Masa LaluInstagram.com/farida.nurhan

Setelah menikah, Farida memutuskan untuk pergi dari rumah orangtuanya. Hal tersebut dilakukan karena ia tak kuat mendengar omongan tetangga soal dirinya hamil sebelum menikah. Beruntung, Farida memiliki mertua yang begitu baik kepadanya.

“Saat aku menikah, aku langsung pulang ke rumah mertuaku walaupun nggak disuruh, karena kalau tinggal di rumah mamaku kayaknya aku nggak kuat dengan omongan tetangga. Mertua aku baik, semua keluarganya baik, sampai sekarang aku tidak akan pernah lupa kebaikan mereka.”

4. Pernah dua hari tidak makan saat menyusui

Hamil di Luar Nikah, 5 Kisah Pilu YouTuber Farida Nurhan di Masa LaluInstagram.com/farida.nurhan

Setelah anaknya lahir, Farida juga mengalami masa-masa sulit. Berumah tangga tanpa persiapan, ia pun harus merasakan hidup kekurangan.

“Pada saat itu aku umur 17 tahun, masih waktunya senang-senang. Aku masih ingat, aku cuma punya satu daster yang aku pakai saat aku mengandung anakku. Setelah aku melahirkan, daster itu aku pakai lagi untuk menyusui karena aku nggak punya baju lain.”

Bahkan, ia sampai tak makan dua hari saat menyusui bayinya. Sedihnya, saat kejadian tersebut, suaminya mengaku ikut temannya untuk bekerja dan tak pulang.

“Aku pernah tidak makan selama 2 hari saat aku menyusui anakku. Tapi, itu alhamdulillah air susuku lancar.”

5. Tak rasakan manisnya pernikahan

Hamil di Luar Nikah, 5 Kisah Pilu YouTuber Farida Nurhan di Masa LaluInstagram.com/farida.nurhan

Menikah di usia belia membuat rumah tangga Farida tak berjalan secara harmonis. Ia bahkan jarang bertemu dengan suaminya karena sering pergi dari rumah. Farida mengungkapkan mungkin ini terjadi, karena mereka terpaksa menikah gara-gara sudah hamil duluan.

“Kalau ditanya gimana rasanya nikah, aku nggak tahu gimana rasanya menikah karena aku tinggal dengan mertua dan keluarga mertuaku, tidak tinggal dengan suamiku. Jadi suamiku tinggal di situ, tapi kalau malam dia datang jam 12, nanti dia bangun tidur pergi lagi. Mungkin aku bukan perempuan yang diinginkan, bukan calon istri yang diinginkan. Tapi, kita harus menikah karena aku hamil.”

Sampai saat ini, Farida Nurhan mengaku belum ada keinginan untuk menikah lagi. Ia sudah merasa nyaman menjadi seorang single parent dan bahagia menikmati hidupnya bersama anak dan cucunya.

Baca Juga: Hamil di Luar Nikah, Rumah Tangga 7 Artis Ini Berujung Cerai

Baca Juga: 7 Artis yang Pernah Dituduh Hamil di Luar Nikah

Baca Juga: Tokcer! 9 Artis Ini Menikah dan Langsung Hamil di Tahun 2021