Orangtua merupakan sosok yang paling menyayangi kita. Merekalah yang merawat, mendidik, dan membesarkan kita hingga saat ini. Namun sebagai seorang anak, kita pasti pernah melakukan kesalahan yang menyakiti hati orangtua, baik itu disengaja maupun nggak sengaja. Meski demikian, kasih sayang orangtua yang teramat besar kepada anaknya membuat mereka selalu memaklumi kesalahan yang kita lakukan.

Namun, kita juga harus mengerti apa yang dirasakan oleh orangtua. Jika kita terlanjur melakukan kesalahan, ada baiknya kita segera meminta maaf kepada mereka. Meski mengakui kesalahan dan meminta maaf itu nggak mudah, tapi ini merupakan salah satu bentuk bakti kita pada orangtua. Yuk, simak inilah 7 cara minta maaf kepada orangtua.

1. Lebih banyak mendengar daripada bicara

7 Cara Minta Maaf kepada Orangtua agar Mudah DimaafkanUnsplash.com/Tim Gouw

Orangtua dapat lebih mudah memaafkan jika mereka merasa didengarkan dan dipahami anaknya. Ketika kamu melakukan kesalahan, wajar saja jika orangtuamu emosi dan memarahimu. Sebaiknya kamu diam dan mendengarkan saja apa yang dikatakan orangtua saat itu. Tunjukkan ekspresi yang sungguh-sungguh agar orangtuamu tahu telah didengarkan dan nggak diacuhkan.  

2. Gunakan nada bicara yang lembut dan sopan

Cara minta maaf kepada orangtua dengan tulus ialah gunakan nada bicara yang lembut dan sopan. Pasalnya, kalimat yang sama bisa memiliki makna berbeda jika diucapkan dengan nada yang berbeda pula. Maka dari itu, kamu harus memerhatikan nada bicaramu di hadapan orangtua. Mungkin kamu ingin membela diri, tapi kamu juga perlu menjaga emosi dan tetap sopan supaya nggak semakin menyakiti hati orangtuamu. 

3. Akui kesalahanmu

7 Cara Minta Maaf kepada Orangtua agar Mudah DimaafkanUnsplash.com/Rosie Fraser

Setiap orang pasti memiliki ego masing-masing, apalagi seorang anak pada orangtuanya. Namun, jika kamu ingin meminta maaf dengan tulus, cobalah berbesar hati untuk mengakui kesalahanmu. Kesampingkan dulu gengsi dan rasa malu yang ada dalam dirimu, kemudian akui kesalahan yang telah kamu lakukan. Orangtua akan senang melihat kedewasaanmu untuk mengakui kesalahan sehingga akan memaafkanmu lebih cepat.  

4. Tunjukkan ekspresi penyesalan

Cara minta maaf kepada orangtua yang terbaik ialah dengan menyampaikan rasa bersalah yang tulus. Jika kamu nggak tulus saat meminta maaf, orangtuamu pasti akan mengetahuinya. Tunjukkan ekspresi penyesalan yang mendalam ketika meminta maaf. Dengan begitu, artinya kamu sudah merenungkan kesalahanmu dan mengerti mengapa tindakan yang kamu lakukan itu salah.  

5. Pahami perasaan orangtuamu

7 Cara Minta Maaf kepada Orangtua agar Mudah DimaafkanUnsplash.com/Jasper Graetsch

Ini mungkin bagian tersulit dari meminta maaf. Sebagai seorang anak, pasti kita ikut merasa sakit ketika mengingat bahwa tindakan kita telah melukai orangtua. Akan tetapi, dengan memahami perasaan mereka, kita akan menyadari kekeliruan yang sudah kita lakukan dan akan melakukan banyak cara demi mendapatkan maaf dari mereka. Selain itu, orangtua akan merasa lebih baik ketika perasaannya dipahami olehmu.

6. Jangan menyalahkan siapa pun

Satu hal yang perlu kamu ingat saat meminta maaf ialah kamu nggak boleh menimpakan kesalahan pada orang lain. Meskipun kesalahan yang kamu lakukan mungkin ada kaitannya dengan orang lain, sebaiknya kamu jangan menyalahkan siapa pun. Dengan begini, artinya kamu telah dewasa dan tulus mengakui kesalahanmu. 

7. Tunjukkan bahwa kamu telah berubah

7 Cara Minta Maaf kepada Orangtua agar Mudah DimaafkanUnsplash.com/Omar Lopez

Cara minta maaf kepada orangtua selanjutnya ialah buktikan kalau kamu sudah berubah. Selain meminta maaf, kamu perlu menunjukkan bahwa kamu telah belajar dari kesalahanmu dan mau berubah. Cari cara untuk menunjukkan kepada orangtua bahwa kamu akan menebus kesalahan tersebut. Apalah arti meminta maaf jika nggak dibarengi dengan kemauan untuk berubah, bukan?

Itulah 7 cara minta maaf kepada orangtua. Semoga dengan begini, kamu akan mendapatkan maaf dari orangtuamu dengan mudah, ya!

Baca Juga: Semakin Menua, Lakukan 5 Hal Ini pada Orangtua Sebelum Kamu Menyesal