Bunga matahari atau dikenal dengan nama Latin Helianthus Annuus L adalah salah satu bunga yang tergolong dalam keluarga Asteraceae (kenikir). Bunga matahari merupakan tumbuhan yang khas, berwarna kuning terang, dan memiliki kepala bunga yang besar. Bunga matahari memiliki bunga majemuk yang tersusun atas bunga-bunga kecil.  

Menariknya, bunga matahari juga mempunyai perilaku yang khas, yaitu selalu menghadap ke arah matahari atau heliotropisme. Selain jadi bunga hias, bunga matahari juga memiliki banyak manfaat, mulai dari penghasil minyak hingga penghasil kuaci. Inilah yang membuat banyak orang senang dengan bunga matahari. 

Selain cantik dan menyimpan beberapa manfaat, bunga matahari juga memiliki arti dan filosofinya sendiri, lho. Nah, Popbela akan membeberkan tentang 5 arti dan filosofi bunga matahari yang membuat orang semakin menyukainya.

1. Kesetiaan dan kepatuhan

5 Arti dan Filosofi Bunga MatahariPixabay.com/Michael Gaida

Tahukah kamu, mengapa bunga ini dinamakan bunga matahari? Seperti diketahui, bunga ini selalu mengikuti ke mana arah cahaya matahari bergulir. Mulai dari terbit hingga terbenam, bunga ini akan terus menatap ke arah matahari bergerak. Perilaku khas inilah yang membuat bunga matahari memiliki arti sebagai lambang kesetiaan dan kepatuhan.  

2. Kegembiraan dan keceriaan

5 Arti dan Filosofi Bunga MatahariPixabay.com/1195798

Diameter besar yang dimiliki bunga ini seakan menggambarkan matahari yang bersinar cerah. Kelopaknya yang berwarna kuning juga melambangkan kehidupan yang penuh kebahagiaan dan keceriaan. Nggak heran kalau bunga matahari dapat memikat hati semua orang untuk melihatnya dalam waktu lama. Orang yang menyukai bunga matahari seringkali dianggap sebagai pribadi yang selalu gembira dan ceria dalam menjalani kehidupan. 

3. Semangat dan optimis

5 Arti dan Filosofi Bunga MatahariPixabay.com/Rudy and Peter Skitterians

Bunga matahari sering dijadikan sebagai simbol semangat dan optimisme. Warna kuning yang menyala seakan berhasil membangkitkan kehidupan seseorang supaya lebih ceria, kreatif, dan bersemangat. Bunga berdiameter besar ini juga dipercaya mampu memberikan energi positif pada siapa saja yang melihatnya. Arti bunga matahari ini diibaratkan layaknya matahari yang selalu menerangi dan menghangatkan kehidupan.  

4. Persatuan

5 Arti dan Filosofi Bunga MatahariPixabay.com/Nicky Pe

Ketika kamu melihat bunga matahari, tentu kamu sudah langsung melihat kalau bunga ini memiliki ciri yang berbeda dengan yang lainnya. Yup, bunga matahari merupakan bunga majemuk yang tersusun dari ratusan bahkan ribuan bunga-bunga kecil. Artinya, bunga ini memiliki makna kebersamaan dan persatuan.  

5. Persahabatan

5 Arti dan Filosofi Bunga MatahariPixabay.com/Cor Gaasbeek

Meskipun memiliki warna yang cerah, tapi bunga matahari bukanlah bunga yang menggambarkan kesan romantis. Simbol kesetiaan yang ada pada bunga matahari lebih dekat pada persahabatan atau persaudaraan. Dengan kata lain, arti bunga matahari merujuk pada keceriaan dan kesetiaan kepada saudara atau sahabat, bukan kekasih. 

Itulah 5 arti dan filosofi bunga matahari. Jadi, jika sahabatmu berulang tahun, nggak ada salahnya nih kamu memberikan hadiah berupa bunga matahari, Bela. 

Baca Juga: Arti Bunga Mawar Berdasarkan Warnanya