Sahabat memang menerima segala kekuranganmu, namun jangan karena penerimaan itu kamu lantas bebas melakukan segala hal sesuai keinginanmu. Jangan menciptakan persahabatan yang rentan hancur, bangunlah persahabatan yang sehat tanpa adanya tindakan semena-mena dari salah satu pihak.

Berikut ini adalah tips menjaga persahabatan sehat dan kuat.

Mudah marah

Persahabatanmu Bisa Hancur Kalau Kamu Lakukan Hal Ini

Beberapa orang memang memiliki karunia menjadi sensitif atau gampang tersinggung, kamu yang mudah tersinggung harus meredam kuat-kuat perasaan sensitifmu itu, bahkan belajarlah untuk menghilangkan sifat jelek satu ini. Jangan mengikuti perasaanmu yang cenderung sensitif saat bersama sahabatmu. Buatlah dia nyaman bersamamu tanpa kamu perlu mengubah dirimu yang sebenarnya.

Mengungkit kesalahan

Persahabatanmu Bisa Hancur Kalau Kamu Lakukan Hal Ini

Semua orang tidak lepas dari kesalahan, termasuk kamu ataupun sahabatmu, oleh karena itu jangan suka mengungkit kesalahan yang sudah berlalu. Apalagi jika sahabatmu adalah tipe perasa yang mudah tersentuh, tidak menutup kemungkinan dia akan tersinggung jika kamu mengungkit-ungkit kesalahan yang sudah berlalu.

Egois

Persahabatanmu Bisa Hancur Kalau Kamu Lakukan Hal Ini

Bergurau boleh saja apalagi dengan sahabat yang mengenalmu luar dalam. Namun, milikilah pengendalian diri saat sedang bercanda, jangan sampai kamu lupa kendali dan mengeluarkan kata-kata yang cenderung menyakiti atau menjurus pada kekurangan fisik sahabatmu. Berguraulah menggunakan kata-kata yang enak didengar yang membuat persahabatan kalian langgeng.

 

photo credit: Big Little Lies/Pacific Standards/www.imdb.com

BACA JUGA: Lakukan 5 Tips ini Ketika Sahabatmu Lebih Memilih Sahabat Baru